Meta Description Terbaik SEO, Klik Di Sini!
Blog Tips Keren

Meta Description Terbaik SEO, Klik Di Sini!

Meta description adalah paragraf pendek teks yang ditempatkan di HTML laman web yang menjelaskan kontennya. Kemudian akan muncul di bawah URL halaman Anda dalam hasil pencarian. Ini juga dikenal sebagai snippet. Meta description terbaik SEO adalah bagian terpenting dari pengoptimalan mesin telusur yang akan meningkatkan kunjungan situs web Anda. Pada halaman hasil mesin pencari, setiap hasil terdiri dari setidaknya tiga bagian utama:

  • Judul halaman yang terkait
  • URL yang muncul di bawahnya berwarna hijau
  • Satu atau dua baris teks yang menggambarkan apa yang ada di halaman

Tujuan meta description untuk laman Anda agar seseorang mencari di Google untuk mengeklik tautan Anda. Dengan kata lain, deskripsi meta ada untuk menghasilkan klik tayang dari mesin pencari. Manfaat dari meta description ini tidak dapat dirasakan secara langsung, tetapi dalam jangka panjang. Tetapi ada manfaat tidak langsung: Google menggunakan rasio klik tayang (RKT) sebagai cara untuk mengetahui apakah Anda adalah merupakan hasil pencarian yang baik atau tidak. Apabila Anda lebih suka membuat skripnya, maka tag meta description di HTML seperti ini:

<meta name=”description” content = “Your meta description”> dan Anda dapat melihatnya di html untuk situs web di bawah ini:

meta description terbaik SEO
meta description terbaik SEO

Jika Anda menggunakan hosting untuk WordPress, akan tersedia plug-in SEO seperti Yoast. Anda tidak akan berhubungan dengan html, hanya mengisikan deskripsi di kolom yang telah tersedia.

Ketika Anda menambahkan meta description ke semua halaman Anda, akan memudahkan Google untuk memutuskan apa yang akan ditampilkan di bagian deskripsi SERP untuk halaman web Anda. Penting untuk diperhatikan bahwa Google tidak menarik dari meta description yang Anda berikan 100%. Dalam beberapa kasus, itu akan menarik dari teks di halaman web Anda sebagai gantinya. Meskipun demikian, memberikan meta description Anda sendiri masih merupakan bagian berharga dari pengoptimalan situs untuk mesin pencari.

Mengapa Meta Description Penting

Ketika memanfaatkan meta description terbaik SEO, sasaran akhir Anda bukanlah peringkat, melainkan jumlah klik. Inti dari mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari adalah mendorong lebih banyak klik ke situs web Anda, dan meta description memberi Anda kesempatan untuk membujuk penelusur agar mengeklik situs web Anda dibandingkan dengan pesaing.

Meta description yang baik dapat meningkatkan rasio klik-tayang (RKT) Anda. Dan meskipun Google tidak mengakui sepenuhnya bahwa RKT adalah faktor peringkat dalam hasil pencarian, sebagian besar pakar SEO yakin bahwa RKPT mempengaruhi peringkat. Maka meta description yang kuat dapat secara langsung meningkatkan lalu lintas dan secara tidak langsung meningkatkan peringkat Anda.Selain itu, dengan membuatnya terkait erat dengan topik laman, dapat menarik calon pengunjung dan dapat meningkatkan konversi secara signifikan.

Karakteristik Meta Description Terbaik SEO

meta description terbaik SEO
meta description terbaik SEO

Anda tidak memiliki banyak ruang untuk dituliskan ke dalam meta description, jadi Anda harus memiliki catatan penting. Berikut adalah beberapa aturan untuk menulis meta description terbaik SEO yang akan meningkatkan web Anda di SERP.

Setiap halaman memiliki meta description yang unik

Jangan menulis satu deskripsi meta untuk situs web Anda dan hanya salin dan tempelkan di setiap halaman. Meskipun cara itu lebih mudah, tetapi membuang-buang peluang untuk menjual apa yang ada di masing-masing halaman ke orang-orang yang mencari informasi yang sebenarnya disediakan. Berkomitmenlah dengan menulis deskripsi unik untuk setiap halaman di situs web Anda berdasarkan konten yang ada di dalamnya dan kata kunci utama yang ditargetkan laman.

Tidak lebih dari 160 karakter

Pada akhir 2017, Google meningkatkan jumlah karakter yang ditampilkannya untuk meta description di SERP dari sekitar 160 hingga 320. Kemudian, pada Mei 2018, Google mempersingkatnya kembali menjadi 160. Itulah jumlah maksimum karakter yang harus Anda gunakan, atau bagian dari deskripsi Anda pasti akan terputus. Untuk setiap halaman, pertimbangkan pesan terpenting yang harus Anda sampaikan agar orang mengklik ke halaman. Jika Anda hanya membutuhkan 100 karakter, maka jangan ragu memperpanjangnya untuk memanfaatkannya lebih optimal.

Harus berisi keyword yang difokuskan

Cara selanjutnya untuk membuat meta description terbaik untuk SEO dengan mencantumkan keyword yang dituju. Keyword pencarian mencocokkan teks dalam deskripsi meta, Google cenderung akan menggunakan deskripsi meta tersebut. Kemudian menyorotnya dalam bentuk huruf tebal di hasil pencarian sehingga tautan Anda akan muncul di halaman pertama atau bahkan teratas.

Keyword harus terlihat natural

Meskipun Anda tidak dapat memprediksi keberhasilan setiap istilah spesifik di situs web, Anda dapat meningkatkannya dengan keyword yang ada di dalam deskripsi meta di SERP. Tetapi pastikan Anda menggunakannya secara alami, jangan memaksanya. Terkadang kata kunci bisa membingungkan mesin pencari Google.

Berisi ajakan mengunjungi web

Jangan membuang waktu dengan membuat meta description hanya berbentuk penjelasan. Coba rangkailah dengan kalimat ajakan, untuk membuat pengunjung tertarik mengklik website Anda. Buatlah dengan isi yang membuat penasaran, sehingga pembaca akan merasa rugi jika tidak mengklik website Anda.

Meta description terbaik SEO mewakili halaman secara akurat

Pastikan deskripsi meta Anda secara akurat menggambarkan apa yang akan dilihat pengunjung saat mereka mengklik. Mendapatkan klik karena Anda melebih-lebihkan atau salah mengartikan apa yang ada di laman tetap tidak akan berhasil. Justru akan berisiko kehilangan kepercayaan pengunjung dan kemungkinan akan memperoleh tingkat SEO yang buruk. Jadi pastikan bahwa laman web Anda dapat memenuhi klaim apa pun yang Anda buat dalam deskripsi meta.

Tambahkan tanggal pembaruan terakhir (jika ada)

Pengguna selalu mencari informasi terbaru sehingga jika berlaku tambahkan di halaman Anda kapan terakhir diperbarui. Ini akan membuat cuplikan Anda lebih relevan dan menarik untuk diklik.

Berikan alasan kepada pengguna untuk mengunjungi situs web Anda (tambahkan fitur dan manfaat produk)

Jika Anda menjual produk, selain fitur produk, Anda juga dapat menyertakan manfaat mengapa pengguna harus membeli dari toko Anda seperti pengiriman gratis, pengembalian barang, jaminan uang kembali, jaminan seumur hidup, dll.

Gunakan skema untuk menyempurnakan tampilan cuplikan Anda

Meskipun penggunaan skema tidak mengubah konten meta description, tetapi membantu meningkatkan tampilan keseluruhan cuplikan Anda dan menjadikannya kandidat untuk muncul sebagai cuplikan terbaik di Google.

Bagaimana Mengubah Meta Description?

Meta Description Terbaik SEO
Meta Description di Yoast WordPress

Ini tergantung pada platform yang Anda gunakan. Jika menggunakan WordPress, Anda dapat menggunakan plugin khusus untuk optimalisasi SEO (seperti Yoast) yang menyediakan area khusus untuk menulis dan melakukan pengaturan pada meta description. Jika Anda bukan pengguna WordPress carilah kotak meta description yang tersedia di pos atau pengaturan halaman.

Sebelum Anda mulai membuat perubahan apa pun, analisis laporan kinerja di Google Search Console dan ukur CTR Anda dan posisi peringkat sebelum dan sesudah melakukan perubahan. Atau untuk langkah mudahnya, Anda bisa hubungi tim pakar SEO IDwebhost untuk mengetahui lebih banyak ide tentang cara meningkatkan SEO di situs web Anda.

Alya Nisania

Alya Nisania demikian nama lengkap writer yang memiliki panggilan Alya ini. Meskipun kesehariannya dia menjadi karyawan swasta, tetapi Alya tidak bisa meninggalkan hobi menulis yang menjadi passionnya.