Jangan Bingung, Ini Dia Mesin Pencari Selain Google
Blog Tips Keren Jangan Bingung, Ini Dia Mesin Pencari Selain Google

Jangan Bingung, Ini Dia Mesin Pencari Selain Google

Ternyata memang benar adanya mesin pencari selain google. Selama ini yang kita tahu bahwa satu-satunya mesin pencari di internet hanyalah google. Sekarang ini internet sudah mengalami kemajuan pesat karena sudah menyediakan banyak platform yang dapat membantu mempermudah dalam pencarian berbagai informasi ataupun data. Sebenarnya, ada 25 mesin pencari selain google yang memang bersaing dalam memperebutkan market share secara global. Tentunya setiap mesin pencari memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sejak dibentuk tahun 1998, Google menjadi satu-satunya platform mesin pencari yang utama karena sudah digunakan sekitar 78% pengguna internet yang ada didunia jika dibandingkan dengan 4 mesin pencari lain dengan jumlah pencarian sebanyak 4,5 milyar pada tahun 2012 lalu. Namun, dengan keamanan data yang secara sukarela diberikan kepada Google yang ternyata terekam lalu tersebar ke pengguna iklan, ini yang mejadikan banyak masyarakat yang ingin mencoba mesin pencari selain google.

Berikut ini ada beberapa daftar mesin pencari yang bisa Anda pakai selain google

Mesin Pencari Selain Google, Yahoo! Search

Salah satu mesin pencari yang menjadi pesaing google di awal tahun 2000an. Kabarnya, Yahoo! Search dibuat pada tahun 1995. Tidak hanya sebagai mesin pencari saja, karena Yahoo! Juga memiliki layanan lain yang dapat digunakan dalam rangka mendapatkan berbagai informasi dan data seperti Yahoo! Mail, News, Finance, Sports dan juga Answers. Pada masa sekarang, demi memberikan hasil yang lebih maksimal dan relevan, Yahoo sudah bekerja sama dengan Bing dan juga Microsoft. Bahkan kesamaan Yahoo! Dan juga Bing terdapat pada fiturnya yaitu background mesin pencari yang terus berganti.

Mesin Pencari Selain Google, DuckDuckGo

mesin pencari selain google

Merupakan salah satu dari beberapa mesin pencari yang lain dari Google yang dipercaya paling aman dan juga sederhana, sehingga mudah untuk digunakan. Tagline yang diusung oleh DuckDuckGo adalah “Privacy, Simplified” sehingga dapat menjamin privasi data yang diberikan ketika melakukan pencarian, oleh karena itu jejak pencarian yang dilakukan sudah terjamin tidak terdeteksi oleh beberapa oknum pengiklan. Sehingga setiap kata kunci yang akan dicari akan terus menampilkan hal yang sudah tentu populer dan juga umum.

Mesin Pencari Selain Google, Bing

Merupakan salah satu mesin pencari yang mirip dengan google, yang tentunya menyediakan bentuk informasi yang dapat ditemukan dalam satu page yang terdiri dari gambar, video, dan juga berita yang berkaitan dengan kata kunci yang sedang di cari. Bing ini juga punya tampilan page awal yang sama miripnya dengan Yahoo! Search yaitu tampilan background tidak statis. Keuntungan menggunakan Bing adalah Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai menu yang dapat digunakan untuk mengakses beberapa program Microsoft contohnya MSN, Microsoft outlook dan berbagai program Microsoft lainnya yang berada di halaman paling awal.

Yandex

mesin pencari selain google

Salah satu mesin pencari buatan dari Negara Rusia yang dibuat pada tahun 1997. Yandex juga menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan sebagai pengganti dari google, karena komitmen dari awal adalah untuk membantu konsumen dalam menjalankan bisnis online dan offline agar dapat yang lebih baik. Ajaibnya tidak digunakan sebagai mesin pencari, tetapi juga menampilkan berbagai macam layanan seperti terdapat gambar, email, video, penerjemah, sampai terdapat AppMetrica yang bisa disetarakan dengan Google Analytics.

Baidu

Merupakan salah satu mesin pencari yang sering dikenal dengan “Google-nya China”. Hal tersebut bisa terjadi karena pada tahun 2018, Baidu sudah menguasai lebih dari setengah jumlah market share yang ada di China. Tidak hanya baidu, para pengguna internet yang berada di Negara Tirai Bambu juga menjadikan BliBli sebagai aplikasi yang digunakan untuk mengakses video pengganti dari Youtube. Yang lebih menguntungkan lagi, Baidu juga dapat digunakan untuk belajar bahasa mandarin, karena terdapat layanan di mesin pencarian baidu yang menggunakan aksara Han atau Hanzi.

Swisscows

Merupakan salah satu mesin pencari yang berkomitmen untuk selalu menjaga setiap keamanan data dan juga privasi dari penggunanya. Selain itu, swisscows juga dilengkapi dengan alat sensor konten yang sangat ketat sehingga aman jika dgunakan untuk keluarga. Mirip dengan google, mesin pencari satu ini juga menampilkan beberapa hasil pencarian yang bisa ditracking berdasarkan informasi umum, video, music, penerjemah dan juga gambar. Bertempat di Swiss, ternyata mesin pencari ini juga sekaligus menawarkan Swisscows Digest yang dikenal sebagai mesin yang dapat mengekstrak beberapan informasi dari artikel atau tulisan dan juga otomatis membaginya menjadi beberapa kata kunci dan juga paragraph yang penting. Sehingga, fitur tersebut akan sangat membantu jika digunakan untuk menganalisis dari sebuah isi konten.

DogPile

Salah satu mesin pencari yang menduduki peringkat ke 38.215 pada Oktober 2019. Meski demikian, DogPile masih bisa diandalkan sebagai pengganti dari google. Karena Dogpile merupakan gabungan dari beberapa mesin pencari yang sudah ada, seperti, Yahoo!. Google, MSN dan Yandex. Walaupun mempunyai tampilan yang terlihat agak kuno, tetapi DogPile dapat menampilkan beberapa hasil pencarian yang jumlahnya 50% lebih banyak jika dibandingkan dengan mesin pencarian yang lain.

Gibiru

Sama halnya dengan DuckDuckGo, Gibiru juga merupakan salah satu mesin pencari yang berkomitme untuk selalu menjaga keamanan data yang Anda miliki. Tentunya pada komitmen ini sudah ditandai dengan beberapa informasi yang ditampilkan pada website utama dari Gibiru. Jika dibandingkan dengan Google, justru akan berbanding terbalik karena Gibiru hanya akan mendapatkan komisi ketika para pengguna melakukan pembelian di suatu website yang dicari melalui Gibiru. Dan kabarnya Gibiru tidak melakukan jual beli data hanya untuk mendapatkan keuntungan.

StartPage

mesin pencari selain google

Mesin pencari ini selalu berkeyakinan bahwa data pribadi pengguna sudah seharunya disimpan sendiri, tidak disimpan dalam Big Data. Sehingga StartPage akan menjamin bahwa mereka tidak akan mengambil data yang diberikan di mesin pencarian mereka. Ternyata, StartPage membeli fitur pencarian yang dimiliki oleh Google dan juga meggunakan fasilitas tersebut yang digunakan untuk meghilangkan personalized ads yang biasanya digunakan oleh Google. Hasilnya adalah StartPage sebagai salah satu mesin pencari yang begitu mengedepankan pengguna agar selalu melakukan pencarian tanpa harus takut terdeteksi. Slogan yang diusung oleh StartPage adalah “We want yo to dance like nobody’s watching and search like nobody’s watching”.

Ask

Ask.com dan Ask.fm adalah dua website yang berbeda. Perbedannya terletak, jika Ask.com dgunakan sebagai mesin pencari, sedangkan Ask.fm digunakan sebagai media sosial. Hasil pencarian yang bisa dilakukan melalui Ask.com adalah informasi umum atau dapat juga video. Tetapi yang sangat disayangkan adalah halaman awal dari ask.com selalu memenuhi tampilan awal dengan iklan-iklan online yang justru menganggu pengguna.

Nah, dari daftar mesin pencari diatas manakah yang menjadi jagoan Anda? Tentunya setiap mesin pencari mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga Anda juga dapat menggunakan mesin pencari tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena dengan begitu Anda juga akan dapat memaksimalkan beberapa pengalaman pencarian yang ada di internet.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDwebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.