Cara Menyembunyikan Judul Postingan Di WordPress
Blog Tips Keren Cara Menyembunyikan Judul Postingan Di WordPress

Cara Menyembunyikan Judul Postingan Di WordPress

WordPress, siapa yang tak tahu dengan nama yang satu ini. Sebuah platform website dengan pengguna terbesar di dunia. Tercatat ada sekitar 26 juta website di seluruh dunia yang berjalan menggunakan sistem WordPress. Dengan kata lain, WordPress menguasai pangsa pasar website sebesar 60%. Suatu hal yang sangat fantastis tentu saja.

Tentu bukan tanpa alasan mengapa WordPress amat populer. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, WordPress menawarkan berbagai kemudahan untuk pengguna yang sedang menggeluti aktivitas blogging. Dan seperti halnya content management system lain, WordPress sangat powerful dan mudah digunakan.

Bahkan dalam deskripsinya, WordPress mencantumkan slogan ‘famous 5 minutes install”. Kalimat ini seolah menjadi penegasan WordPress bahwa untuk bisa segera menggunakannya, pengguna tak perlu repot. Instruksinya pun sudah sangat jelas.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh WordPress adalah kemudahan untuk membuat postingan. Tak butuh waktu lama, dan postingan Anda sudah siap untuk dibaca para pengunjung website. Namun, ada kalanya Anda ingin menyembunyikan judul postingan. Banyak sebab untuk melakukan hal ini. Dan, yang menggunakan WordPress, Anda bisa melakukan hal ini.

Sahabat IDwebhost, artikel kali ini akan membahas tentang cara menyembunyikan judul postingan di WordPress. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Mengapa Harus Menyembunyikan Judul ?

Menyembunyikan Judul Postingan

Tidak setiap halaman di website Anda membutuhkan judul tertampil. Walaupun judul selalu diharapkan ada di setiap postingan website, tetapi adanya judul halaman kadang merusak estetika. Kadang kurang pas saja.

Misalnya, memiliki judul “Home” di halaman beranda adalah hal yang sangat tidak perlu. Begitu juga dengan halaman “About” atau “Services”. Pada umumnya, halaman seperti itu sudah dapat menerangkan siapa dirinya, tanpa harus Anda menjelaskanya dengan judul.

Namun, menyembunyikan judul dari halaman atau postingan tidak semudah menghapus gambar atau paragraf dalam teks. Judul, tidak bisa tidak memang memiliki dampak pada SEO, dan terkait cara mesin pencari membaca strukur halaman Anda. Sebelum menyembunyikan semua judul postingan Anda, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

Pertimbangan SEO

Mesin pencari, seperti Google, menggunakan bot yang disebut dengan crawler yang mengunjungi website dan mengindeks halaman yang ada di dalamnya. Ketika mengindeks website Anda, crawler akan membaca elemen, seperti judul, teks halaman, dan struktur halaman untuk mencari tahu tentang apa halaman tersebut.

Proses ini membantu mesin pencari menampilkan halaman yang relevan kepada orang-orang yang mencari kata kunci tertentu. Dan website yang menerapkan praktik SEO dengan baik akan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

Judul halaman ditentukan oleh tag judul HTML, atau jika tidak ada, menggunakan H1. Jika semua elemen ini tak ada, mesin pencari hanya akan mengambil judul pertama yang ditemukan secara acak dan menjadikannya judul. Ini bisa jadi sangat buruk bagi mesin pencari. Hal ini bisa memberikan dampak yang negative pada SEO Anda.

Baca Juga : Apa Itu SEO Signals? 

Perbedaan Tag Judul dengan Heading H1

Menyembunyikan Judul Postingan

Baik tag judul dan heading H1, sama-sama mempengaruhi cara mesin pencari memahami konten yang ada di website Anda. Dan keduanya cukup identik, sebenarnya. Lantas, apa yang membedakan?

Tag judul adalah elemen <title> HTML. Ini adalah bagian dari kode yang menjadi dasar dari website Anda, dan umumnya tidak terlihat oleh manusia. Hanya peramban yang bisa membacanya.

Di sisi lain, heading H1 dapat terlihat langsung oleh pengunjung. Tajuk digunakan untuk menyusun bagian dan memecah konten, sehingga mudah dibaca. Dan H1 berperan sebagai judul untuk memperkenalkan konten. Sebagian besar tema WordPress sudah mengambil judul postingan halaman dan memasukkan judul H1 serta mengatur title tag di belakangn layar.

Mesin pencari akan memprioritaskan tag <title>HTML daripada H1. Jika tidak ada title tag, maka akan digunakan H1 sebagai gantinya. Tidak banyak memang bedanya, tetapi cukup penting untuk diketahui.

Cara Menyembunyikan Judul Postingan di WordPress

Sebelum memulai cara menyembunyikan judul postingan di WordPress, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah, Anda membutuhkan akses ke  dashboard admin WordPress milik Anda.

Opsi 1 – Cara Menyembunyikan Judul Blog

Sahabat, kini WordPress mengizinkan penggunanya untuk menerbitkan postingan dan halaman tanpa harus memberikan judul. Bagaimana caranya?

Anda hanya perlu menghapus judul pada postingan maupun halaman yang sudah terlanjur diterbitkan. Silakan edit terlebih dulu postingan yang ingin Anda hapus judulnya. Jangan khawatir website akan eror, karena hal ini tidak memberikan pengaruh di permalink.

Opsi 2 – Menyembunyikan Judul Postingan Menggunakan Plugin

Memilih plugin WordPress yang tepat untuk website bukanlah pekerjaan yang mudah. Kadangkala banyaknya informasi yang beredar tentang sebuah plugin membuat orang-orang harus meluangkan banyak waktunya untuk mendapatkan plugin yang mereka inginkan.

Kabar baiknya adalah, terdapat sebuah plugin untuk menyembunyikan judul halaman maupun postinga. Plugin tersebut bernama Hide Title. Berikut adalah cara mudah instalasi plugin Hide Title di WordPress:

Langkah 1 – Instal Plugin Hide Title. Kemudian, jangan lupa untuk mengaktifkannya dengan menekan tombol Activate.

Langkah 2 – Selanjutny, Anda bisa melakukan edit postingan atau halaman yang ingin Anda sembunyikan judulnya. Pada bagian bawah editor postingan, silakan centang checkbox Hide Title.

Langkah 3 – Jika sudah, jangan lupa untuk memperbarui postingan dengan menekan tombol update.

Dan Anda telah berhasil menyembunyikan halaman postingan. Menggunakan plugin, ini adalah langkah yang mudah untuk dilakukan siapa saja.

Opsi 3 – Menggunakan CSS Untuk Menyembunyikan Semua Judul Halaman atau Postingan

Menyembunyikan Judul Postingan

Jika Anda belum puas menggunakan kedua cara mudah diatas, Anda bisa bisa menggunakan opsi terakhir untuk menyembunyikan judul postingan di WordPress. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan CSS. Berbekal CSS, Anda bisa menyembunyikan judul postingan blog secara keseluruhan.

Menyembunyikan halaman judul tentu saja berpotensi untuk mengurangi performa SEO Anda. Google dan mesin pencari lainnya tidak menyukai hal ini. Berikut adalah cara menyembunyikan judul postingan di WordPress menggunakan CSS.

Langkah 1 – Akses halaman atau postingan via browser kemudian klik kanan pada judul, dan pilih Inspect. Judul tersebut akan otomatis terpilih dan menampilkan class pada CSS untuk judul.

Langkah 2 – Kemudian, silakan pilih menu Appearance > Editor yang ada di dashboard WordPress Anda.

Langkah 3 – Klik style.css, kemudian tambahkan kode berikut ini di baris paling bawah.

.entry-titel {

display: none;

}

Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan dengan klik tombol Update File.

Penutup

Meyembunyikan judul postingan di WordPress bukanlah hal yang sulit. Setidaknya, terdapat tiga cara untuk melakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Mau punya website cepat, aman dan dapat diandalkan? Tunggu apalagi buat website Anda menggunakan domain dan hosting murah IDwebhost.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.