Menu Preferences cPanel: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaannya

20 Mar 2022
Menu Preferences cPanel: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaannya campaign-unlimited

Saat ini ada beragam jenis kontrol panel yang bisa Anda gunakan seperti cPanel, Plesk, Direct Admin, Webuzo, VestaCP, dan lain sebagainya. Di antara sekian banyak kontrol panel, kali ini IDwebhost akan membahas yang paling populer yaitu cPanel. Pada umumnya dari hosting sudah menyediakan cPanel karena sangat mudah digunakan. Control panel dari cPanel ini memiliki fitur-fitur yang lengkap untuk segala kebutuhan website seperti File Management, Database Management, Domain Management, Email Management, Security Management, Menu Preferences.

Saat Anda membeli hosting pada penyedia layanan web hosting maka Anda akan diberikan beberapa fitur yang berguna untuk mengelola website. Salah satu yang paling umum adalah kontrol panel, yang nantinya bisa Anda gunakan dalam berbagai macam keperluan. Seperti konfigurasi domain, hosting, dan lain sebagainya.

Karena banyak fitur dan menu-menu yang tersedia di cPanel membuat pengguna baru bingung dengan fungsi dari menu tersebut. Nah pada kesempatan kali ini IDwebhost akan berfokus pada menu Preferences pada cPanel yang didalamnya terdapat fitur-fitur seperti Password & Security, Change Language, User Manager.

Sahabat IDwebhost tentunya sudah tidak asing dengan control panel yang satu ini, karena memang saat membeli hosting murah di IDwebhost akan langsung otomatis mendapatkan cPanel. Sebelum kita masuk pada pembahasan tentang menu Preferences pada cPanel ini ada baiknya kita bahas terlebih dahulu pengertian cPanel.

Apa itu cPanel?

Saat Anda ingin membuat, mengelola, mengatur segala kebutuhan website Anda maka yang perlu tools yang akan memudahkan manajemen website. cPanel adalah control panel website yang berbasis Linux yang paling populer hingga saat ini. Karena dari tampilan yang sederhana dan mudah digunakan maka kebanyakan pemilik website lebih suka menggunakan control panel yang satu ini.

Baca Juga: Distribusi Linux Untuk Pengguna Windows

Selain tampilan antarmuka yang sangat mudah digunakan, ada berbagai fitur yang cukup lengkap untuk menunjang seluruh optimasi website Anda.

Dari kemudahan dan kepopulerannya inilah banyak penyedia hosting yang menyediakan cPanel sebagai teknologi bisa digunakan secara gratis untuk pelanggannya. Jika Anda baru saja membeli domain dan hosting murah di IDwebhost dan mendapatkan teknologi canggih dari cPanel, tak perlu waktu lama untuk memahami fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Cara Kerja Control Panel Hosting

Lantas bagaimana cara kerja cPanel ini? Karena cPanel adalah tool untuk mempermudah seluruh aktivitas pengelolaan website. Dengan tool ini, Anda tak perlu repot memikirkan koding. Bayangkan saja jika tidak ada control panel ini maka user akan kesulitan mengatur dan mengelola website karena harus melakukanya dengan command task yang rumit.

Ini artinya Anda tidak perlu lagi butuh skil pemrograman yang dalam ketika membuat website. Dengan dengan adanya control panel ini maka user tinggal klik, instal, isi form, save. Sangat mudah.

Apa itu menu Preferences pada cPanel

Apa itu Menu Preferences pada cPanel?

Opsi menu Preferences cPanel adalah tool yang berfungsi untuk melakukan pengaturan dasar. Didalamnya terdapat beberapa menu yang nantinya bisa Anda gunakan untuk mengatur password, keamanan, mengubah bahasa, mengubah tema tampilan pada cPanel, membuat kontak (contact person) pada website, dan juga bisa mengatur siapa saja user yang dapat mengakses cPanel tersebut. Nah untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

Password & Security

1. Menu Preferences Password & Security

Pada bagian menu Password & Security berfungsi untuk mengelola password akun web hosting Anda agar bisa login ke cPanel dan FTP. Menu “Change Password” dipakai untuk mengganti password cPanel Anda. Untuk mengganti password ini disarankan untuk membuat sekuat mungkin dengan kombinasi yang baik.

Hal ini dilakukan karena jika tidak hati-hati maka seluruh file dari website Anda akan bisa dimanipulasi, dihapus, hingga dicuri orang yang tidak bertanggung jawab jika tidak memaksimalkan password akun Anda.

Cara Mengganti Atau Atur Ulang Password & Security

  1. Pilih menu Preferences, klik pada tombol Password & Security.
  2. Kemudian akan diarahkan ke halaman form yang harus di isi untuk mengubah password.
  3. Old password = di isi password lama.
  4. New password = password baru yang diinginkan.
  5. New password (again) = konfirmasi password baru Anda.
  6. Jika sudah klik tombol Change your password now! Tunggu notifikasi password telah berhasil diubah.

Change Language

2. Menu Preferences Change Language

Fungsi ini memungkinkan Anda untuk mengubah bahasa yang ditampilkan di antarmuka cPanel Anda. Jika Anda membutuhkan bahasa baru, hubungi penyedia cPanel Anda agar mereka dapat menginstalnya.

Cara Mengganti Bahasa cPanel

  1. Pilih menu Preferences, klik Change Language.
  2. Pada halaman Change Language yang terbuka Anda tinggal pilih bahasa yang di inginkan.
  3. Klik tombol Change, selesai bahasa sudah diganti.

Change Style

3. Menu Preferences Change Style

Fungsi menu Change Style ini adalah untuk mengubah tampilan tema pada cPanel Anda. Dengan adanya antarmuka ini maka pengguna dapat memilih gaya tema yang tersedia dan menyesuaikan tampilan antarmuka cPanel sesuai keinginan Anda. Ada beberapa tema yang bisa Anda gunakan selain tema default cPanel.

Cara Mengganti Tampilan Tema cPanel

  1. Bagian Preferences, klik tombol Change Style.
  2. Pilih tema sesuai keinginan. Klik tombol Apply.
  3. Tunggu sistem menyelesaikan penerapan tema.
  4. Selesai tampilan cPanel sudah berubah.

User Manager

4. Menu Preferences User Manager

Fitur User Manager dapat Anda gunakan untuk mengelola akun pengguna dari cPanel Anda. Dengan menu ini Anda dapat menambahkan atau menghapus user yang dapat mengakses website, email, FTP, dan Disk Web. Sistem juga dapat menyinkronkan kata sandi dari setiap layanan sub-akun yang diizinkan.

Cara Menambahkan Pengguna dengan User Manager cPanel

  1. Pilih menu Preferences, klik pada User Manager.
  2. Untuk menambahkan user klik Add User.
  3. Pada bagian Basic Information isi detail username, password, email, dan lain-lain.
  4. Jika sudah klik tombol Create

Contact Information

5. Menu Preferences Contact Information

Fungsi dari Contact Information yaitu untuk sebagai informasi kontak dari website Anda. Dengan menuliskan informasi tentang Anda maka akan lebih mudah bagi orang yang ingin menghubungi Anda.

Cara Update Informasi Kontak di cPanel

  1. Pada bagian Preferences. Klik ikon Update Contact Information.
  2. Kemudian pada halaman Contact Information Anda dapat mengisi alamat email aktif untuk mempermudah. sistem memberikan notifikasi.
  3. Setelah itu silakan atur Contact Preference.
  4. Klik tombol Save, akun baru berhasil ditambahkan.

Baca juga: Kupas Tuntas Kualitas Layanan Web Hosting IDwebhost

cPanel membuat pengelolaan website jadi lebih mudah. Karena tools dapat digunakan untuk mengelola semua kebutuhan website Anda yang mencangkup domain dan hosting juga. Maka yang perlu diperhatikan adalah aspek keamanan.

cPanel adalah sebuah platform yang digunakan untuk mempermudah seluruh kegiatan pengelolaan website. Jika tidak berhati-hati saat terjadi kesalahan misalnya menghapus file, maka website bisa jadi akan mengalami error. Diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam mengelola website dengan control panel.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi pengenalan berbagai fungsi yang ada di menu Preferences cPanel. Semoga artikel ini bisa membantu Sahabat IDwebhost yang sedang bingung tentang fungsi-fungsi yang ada di menu preferences cPanel.

Untuk Anda yang ingin merasakan kemudahan mengelola website menggunakan cPanel, layanan hosting IDwebhost menggunakan cPanel sebagai control panel bawaan untuk para penggunanya. Jadikan website Anda makin jos dengan hosting terbaik IDwebhost.

Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013