Menu Metrics cPanel: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan
Blog Cpanel Menu Metrics cPanel: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan

Menu Metrics cPanel: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan

Hallo apakabar sahabat IDwebhost semoga sehat penuh kesuksesan, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang menu Metrics cPanel. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat untuk sahabat, langsung saja kita mulai pembahasanya. Saat Anda membeli hosting murah dari IDwebhost maka akan disediakan tool cPanel yang nantinya akan mempermudah dalam pembuatan dan juga manajemen website Anda. Apa itu cPanel? Pengertian cPanel adalah suatu kontrol panel yang disediakan oleh penyedia layanan web hosting yang berbasis linux dengan antarmuka grafis yang sederhana dan mudah digunakan untuk segala keperluan hosting, domain, dan juga termasuk konfigurasi website.

Saat Anda membeli hosting Indonesia, sebenarnya cPanel ini bukanlah satu-satunya kontrol panel yang bisa digunakan, tentunya masih ada banyak lagi yang bisa Anda gunakan seperti Plesk, sPanel, DirectAdmin, Webmin, ISPmanager, dan lain sebagainya. Namun saat ini yang paling populer adalah cPanel yang sederhana dan mudah digunakan bahkan orang awam sekalipun.

Jika Anda menggunakan cPanel maka di dalamnya sudah ada modul lengkap yang tersedia seperti Email, Files,Databases, Domains, Security, Software, Advanced, dan menu Metrics. Nah pembahasan kali ini kami IDwebhost akan membahas tentang modul Metrics dari pengertian hingga kegunaan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Langsung saja kita mulai dari pengertian modul Metrics cPanel sebagai berikut.

Apa itu Metrics pada cPanel

Apa itu Menu Metrics cPanel?

Fitur menu Metrics cPanel ini memiliki fungsi untuk mengecek hasil analisis statistik dari domain berupa grafik dan data statistik dari website Anda. Dari fitur Matics ini nantinya Anda akan lebih mudah dalam memantau kinerja sehingga nantinya dapat dengan mudah mengoptimalkan website Anda. Selain itu dengan menu satu ini Anda dapat dengan mudah memonitoring dari setiap aktivitas website Anda, mungkin dari visitor, bandwidth, error yang memang berpengaruh pada jumlah trafik atau visitor dari website Anda. Fungsi dasar dari fitur menu Metrics adalah:

  • Vsitor: yaitu untuk melihat data dari pengunjung website
  • Errors, awstats, dam webalizer: yaitu berfungsi untuk melihat log website
  • Bandwidth: untuk mengetahui pemakaian bandwidth website.

Nah untuk lebih lengkap dan jenisnya terkait fitur dari Metrics cPanel ini sebagai berikut:

Menu Metrics cPanel Visitors

1. Menu Metrics cPanel Visitors

Saat Anda klik fitur Visitor maka yang akan tampil adalah informasi tentang visitor yang masuk pada website yang juga akan ini menampilkan hingga 1.000 entri terbaru di log Apache untuk situs web domain tertentu.

Errors

2. Menu Metrics cPanel Errors

Fitur Errors ini berfungsi untuk menampilkan maksimal hingga 300 entri terbaru di log kesalahan pada website yang telah terdeteksi. Dengan fitur ini Anda juga bisa menggunakannya untuk mendapatkan informasi jika ada tautan yang rusak atau masalah dengan file yang hilang dan lain sebagainya.

Bandwidth

3. Menu Metrics cPanel Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah maksimal dari transfer data yang bisa dikirim oleh website kepada pengunjung dalam kurun waktu tertentu. Nah dengan fitur bandwidth ini memungkinkan Anda untuk memonitoring bandwidth website Anda setelah diakses oleh pengunjung. Data-data yang ditampilkan yaitu data penggunaan bandwidth per bulan dan juga dari total penggunaan bandwidth tersebut. Dari data ini akan mencangkup total bandwidth Yang digunakan dari HTTP (web) dan juga POP (mail).

Raw Access

4. Raw Access

Jika Anda ingin mengetahui siapa saja pengunjung website Anda maka dengan fitur Raw Access. Fungsi dari fitur Raw Access adalah untuk melihat siapa saja yang telah berkunjung pada website Anda tanpa menampilkan grafik. Anda dapat menggunakan menu Raw Access Logs ini untuk mengunduh versi zip yang bisa menampilkan siapa saja yang mengunjungi website Anda.

Menu Metrics cPanel Awstats

5. Awstats

Dengan menggunakan fitur Awstats Anda akan lebih mudah memonitoring statistik jumlah kunjungan dan juga bandwidth yang digunakan dalam bentuk grafik. Selain bisa melihat jumlah pengunjung, juga bisa melihat dari mana negara asal pengunjung, browser yang pakai, sistem operasi, mesin pencari, alamat IP, Bandwidth, link, jumlah halaman dan lain sebagainya dari data statistik yang bisa ditampilkan. Kemudian data statistik yang ditampilkan yaitu dalam kurun waktu harian, bulan hingga tahun, bahkan ada statistik pengunjung per jam nya.

Analog Stats

6. Analog Stats

Pada fitur Awstats data statistik yang ditampilkan adalah dalam bentuk grafik, namun fitur Analog Stats akan menampilkan data aktivitas pengunjung hanya berupa angka-angka saja. Untuk fungsinya sebenarnya sama yang membedakan tampilan yang sederhana. Pada dasarnya memiliki fungsi utama yaitu menampilkan statistik pengunjung website Anda.

Menu Metrics cPanel Webalizer7. Webalizer

Fitur Webalizer yaitu menampilkan data statistika yang lebih kompleks dalam bentuk grafik. Webalizer merupakan fitur yang gratis dan cepat sebagai program analisis file log web server. Laporan data yang dihasilkan sangat rinci dengan format HTML yang bisa dilihat dengan browser standar.

Webalizer FTP

8. Webalizer FTP

Sebelumnya kita sudah membahas tentang Webalizer yang menampilkan data statistik pengunjung website saja. Nah jika website Anda dikunjungi orang yang menggunakan FTP maka dengan fitur Webalizer FTP data statistik yang menggunakan FTP akan bisa ditampilkan. Data yang ditampilkan aktivitas saat menggunakan FTP seperti upload file melalui FTP, bandwidth yang digunakan pada FTP, siapa saja pengguna FTP, file-file apa saja yang diakses melalui FTP dan lain sebagainya.

Metrics Editor

9. Metrics Editor

Metrics Editor ini bisa digunakan untuk memilih program metrik untuk memproses file log Anda dan jenis statistik mana yang ingin Anda gunakan dalam melihat statistik tersebut. Disini Anda bisa memilih antara analog stats, awstats, maupun webalizer yang akan menampilkan analisis lalu lintas untuk domain akun Anda.

Resource Usage

10. Resource Usage

Dengan fitur Resource Usage Anda dapat mengetahui dengan mudah mengetahui dari penggunaan CPU dan Memori pada hosting yang Anda gunakan. Dengan demikian jika terjadi overload pada resource Anda akan bisa segera menganalisis beban apa saja yang paling banyak membebani server hosting Anda.

Nah dari penjelasan diatas ternyata dari menu Metrics cPanel memiliki fungsi dan kegunaanya masing-masing terutama untuk mengetahui statistik dari website. Karena ada banyak menu yang bisa digunakan kami akan mencontohkan penggunaan AWStats untuk melihat statistik website Anda sebagai berikut:

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Restore Data Dari cPanel?

Cara Melihat Statistik Website Anda Pada Cpanel

Saat Anda membeli hosting tentunya akan di ikut sertakan dengan cPanel untuk mengelola berbagai kebutuhan website Anda. Nah saat ingin melihat statistik website juga dapat di akses melalui cPanel. Karena memang cPanel ini memiliki menu yang beragam salah satunya untuk mengetahui statistik dan kinerja dari website Anda. Nah disini IDwebhost akan memberikan contoh penggunaan salah satu fitur cPanel yaitu AWStats berikut adalah tutorialnya:

  • Langkah pertama login pada cPanel Anda
  • Selanjutnya masuk ke bagian menu Metrics cPanel lalu kemudian klik AWStats.
  • Disini Anda akan diarahkan pada halaman yang disitu berisikan list domain yang Anda miliki, kemudian pilihdomain yang ingin Anda cek statistiknya, klik pada ikon kaca pembesar.
  • Jika sudah halaman statistik AWStats akan ditampilkan pada browser Anda. Disini Anda akan mendapatkan data statistik website yang bisa dilihat berdasarkan bulan, minggu, bahkan data statistik harian.
  • Jika Anda ingin mengunduh data log yang tersedia bisa menggunakan fasilitas Raw Access Logs.
  • Cara mengunduh juga mudah dengan menggunakan fitur Raw Access Logs, pada halaman yang ditampilkan ada daftar file log yang siap diunduh berdasarkan domain yang bisa langsung di unduh.
  • Selesai!

Statistik disini tidak bisa dianggap sebelah mata karena dengan mengetahui statistik website Anda bisa mengembangkan lebih lanjut dan mengoptimalkan website Anda nantinya. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa website menjadi lebih bagus.