Menjalankan Strategi Zero Moment Of Truth (ZMOT)
Blog Digital Marketing Menjalankan Strategi Zero Moment Of Truth (ZMOT)

Menjalankan Strategi Zero Moment Of Truth (ZMOT)

Apa yang Anda lakukan ketika ingin membeli sebuah produk atau jasa? Di era internet seperti saat ini, sering kali kita melakukan pencarian informasi terlebih dahulu sebelum menggunakan atau membeli sesuatu. Dari pembahasan, review, testimoni di Internet kemudian kita yakin untuk membeli. Nah, jika Anda demikian maka Anda telah mengalami secara langsung bagaimana proses memenangkan hati customer dengan strategi zero moment of truth.

Tidak dapat dipungkiri bagaimana perkembangan dari model digital marketing saat ini. Bisa kita katakan bahwa setiap hari akan ada strategi yang berbeda untuk memenangkan hati konsumen. Strategi ini salah satunya dengan menggunakan teknik zero moment of truth.

Seperti apa sih zero moment of truth ini?  Apakah sebagai pelaku bisnis Anda memerlukan strategi ini untuk  pemasaran produk Anda?  Nah, untuk mengetahui jawabannya, dan menjawab kecenderungan kita dalam membeli sebuah produk seperti saya ceritakan di awal kalimat, mari kita bedah cara memenangkan hati customer dengan zero moment of truth berikut ini:

Apa Itu Zero Moment Of Truth (ZMOT)

Apa Itu Zero Moment Of Truth

Strategi Zero Moment Of Truth belum banyak diketahui oleh masyarakat, mungkin sebagian besar yang sudah mengenal istilah ini adalah  mereka yang berkecimpung dalam bidang pemasaran digital, atau mereka yang bekerja di bidang teknologi internet. Jika Anda salah satu yang belum familier dengan Zero Moment of Truth, tidak apa-apa, karena ini bisa dikatakan sebagai hal yang masih baru.

Zero Moment Of Truth adalah hal baru dalam perkembangan dunia internet dan sosial media, yang mana Zero Moment of Truth ini berperan dalam proses pengambilan keputusan sebuah pembelian produk atau jasa, karena calon pembeli membaca atau melihat bagaimana orang lain atau konsumen yang telah menggunakan produk atau jasa tersebut.

Secara sederhana dapat dikatakan keberadaan Zero Moment Of truth ini seperti halnya artikel atau website yang memberikan review dari sebuah produk atau jasa, review tempat wisata atau restoran. Dalam perkembangannya Zero Moment Of Truth ini juga ada di sosial media dan berbagai platform digital.

Perkembangan Model Zero Moment Of Truth

Perkembangan Model Zero Moment Of Truth

Jauh sebelum era pemasaran digital dimulai, konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk atau jasa melalui stimulus atau informasi pertama  ketika melihat sebuah produk atau mengetahui sebuah jasa. Yang mana kemudian stimulus ini akan  berkembang menjadi first moment of truth dan second moment of truth.

Adanya stimulus yang ditangkap oleh konsumen maka mereka akan mendapatkan sebuah informasi penting sesuai kemampuan penangkapan mereka terhadap sebuah produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual.

Stimulus ini  kemudian akan berkembang menuju tahapan selanjutnya yaitu first moment  of truth, tidak hanya sekedar mengetahui atau terpapar sebuah informasi produk namun benar-benar mencari informasi. Pada tahapan ini konsumen akan  mengalami momen pertama melihat langsung produk atau jasa di toko atau tempat penjualnya.

Nah, setelah melihat langsung, memegang dan membuktikan sendiri kebenaran dari informasi yang konsumen dapatkan pada tahap stimulus. Selanjutnya akan menuju proses second moment of truth, yaitu konsumen melakukan pembelian dan kemudian merasa puas  dengan produk atau layanan yang diberikan.

Bagaimana? Cukup panjang bukan perjalanan konsumen untuk sampai pada keputusan apakah mereka akan membeli atau tidak sebuah produk atau jasa yang bermula dari paparan informasi yang mereka terima. Bermula dari stimulus, lalu momen pertama untuk melihat langsung dan kemudian berlanjut ke momen kedua dengan membeli dan puas.

Proses yang lama ini dapat dipotong dengan adanya model pemasaran digital, di sinilah peran penting keberadaan zero momen of truth. Dalam model pemasaran berbasis internet, konsumen akan mencari tahu informasi mengenai sebuah produk, yang mana informasi dapat mereka terima dalam bentuk testimoni atau review, yang kemudian membuat mereka yakin untuk mengambil keputusan membeli atau tidak.

Bagaimana Menjalankan Strategi Zero Moment Of Truth

Bagaimana Menjalankan Strategi Zero Moment Of Truth

Zero Moment Of Truth memiliki cara kerja yang kurang lebih mirip dengan model testimonial, yang mana pengguna sebuah produk akan membuat testimoni dari pengalaman mereka terhadap produk tersebut. Informasi atau testimoni yang dibuat akan menjadi landasan atau informasi penting bagi calon konsumen lain dalam menentukan apakah produk  tersebut sesuai dan layak untuk mereka  beli.

Maka, penting bagi pelaku bisnis memahami bagaimana strategi zero moment of truth bekerja untuk bisnisnya.  Apa  perlu Anda siapkan mulai, agar Anda tidak tertinggal dalam era pemasaran digital yang terus berkembang. Berikut adalah strategi yang bisa Anda gunakan untuk membuat zero moment of truth terhadap calon konsumen produk Anda:

  1. SEO; Anda perlu menjalankan strategi Optimasi SEO yang tepat sasaran sesuai dengan tujuan dari website Anda. Informasi apa yang menjadi tren pencarian konsumen Anda yang berhubungan dengan produk Anda. Berikan mereka informasi terkait produk Anda secara lengkap dan mudah dipahami.
  2. Testimoni; Calon konsumen di era digital akan mencari testimoni sebuah produk atau layanan terlebih dahulu di internet, sebelum mereka memutuskan membeli. Maka Anda perlu meminta testimoni dari pengguna Anda. Buatlah testimoni yang jujur dari produk Anda. Sediakan kolom testimoni di website toko online Anda, pembeli bisa mengunggah pengalaman mereka dengan produk Anda.
  3. Review; Google sangat fokus dengan review, berbagai produk Google berbasis pada review dalam menentukan rating. Anda harus muncul dalam berbagai fasilitas review Google, misalnya dengan mendaftar Google Bisnisku yang mana di sana Anda bisa mendapatkan review dari pengalaman para pengguna produk dan jasa dari bisnis Anda.
  4. Sosial Media; Sosial media adalah cara baru orang mendapat informasi dan hiburan, melalui sosial media orang bisa menyampaikan apa saja, termasuk pengalaman mereka mengenai sebuah produk. Anda harus hadir di sosial media dan ciptakan moment of truth dengan berbagai strategi pemasaran digital di  sosial media yang tepat.

 

Apa Yang Perlu Anda Lakukan Dalam Strategi Zero Moment Of Truth?

Apa Yang Perlu Anda Lakukan

Anda telah membaca bagaimana pentingnya menjalankan strategi zero moment of truth untuk produk dan bisnis Anda.  Maka pertanyaannya adalah, sejauh mana Anda telah menjalankan bisnis Anda di ranah digital ini yang mendukung zero moment of truth? Apakah Anda sudah benar-benar memanfaatkan  secara penuh, atau Anda masih ragu-ragu?

Memenangkan hati konsumen dalam era pemasaran digital memang tidak boleh setengah-setengah. Anda harus benar-benar total. Artinya Anda harus menjalankan secara profesional. Ketika Anda ingin mendapatkan konsumen, maka Anda harus bisa memberikan informasi mengani produk Anda dengan baik.

Konsumen akan lebih senang ketika mereka membaca secara langsung tentang sebuah produk dari pengalaman pengguna, bukan dari penuturan tim marketing Anda. Maka menjadi penting dalam era digital ini, Anda  menguasai teknik copywriting untuk membuat konten pemasaran yang benar-benar ramah baca oleh konsumen.

Anda juga perlu mempersiapkan website bisnis yang menjadi pusat informasi mengenai produk atau bisnis Anda. Jangan sampai karena Anda tidak memiliki website, maka bisnis Anda akan dicitrakan buruk di internet oleh website lain yang tidak bertanggung jawab atau karena memiliki kesamaan dengan bisnis Anda sehingga konsumen mengira itu adalah website bisnis Anda . Tentu akan sangat merugikan.

Maka  langkah yang harus Anda lakukan adalah segera hadir di internet, buat website bisnis Anda sekarang. Mulailah membangun tim marketing untuk sosial media, buatlah tim untuk konten website Anda. Dan pastikan Anda memiliki website dengan performa hosting  terbaik dari IDwebhost.

Mari mulai langkah pertama Anda dalam membuat website untuk memenangkan hati konsumen dengan  Zero Moment of truth! Langkah awal adalah mengamankan domain bisnis Anda dengan membeli domain murah di IDwebhost! Dapatkan promo menarik khusus untuk Anda.  Terima kasih, salam. Ari  IDwebhost.