Menjadikan Pinterest Sumber Backlink Berkualitas
Blog Tips Keren Menjadikan Pinterest Sumber Backlink Berkualitas

Menjadikan Pinterest Sumber Backlink Berkualitas

Apakah Anda salah satu pengguna pinterest? Jika Anda pengguna pinterest tentu Anda sudah memahami bagaimana pinterest memudahkan pencarian Anda, ketika Anda ingin mencari inspirasi desain, mencari resep masakan, atau mencari hal-hal menarik lain dalam bentuk gambar pinboard virtual. Nah, tahukah Anda bahwa pinterest adalah sumber backlink berkualitas bagi website Anda? Bagaimana strategi menjadikan pinterest sumber backlink berkualitas?

Pinterest memang sangat populer, sebagai sebuah platform virtual pinboard, memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengunggah foto atau gambar yang mana dapat dilakukan kustomisasi dalam berbagai kategori sesuai keinginan Anda. Misalnya Anda yang memiliki minat memasak, Anda bisa membuat kategori pinboard virtual tentang berbagai resep.

Pinboard virtual Anda di pinterest ini dapat dijadikan sebagai pinboard publik, yang mana orang lain dapat melihat koleksi pinboard Anda. Dari mana saja Anda mendapatkan gambar atau foto tersebut, sehingga orang lain juga dimudahkan untuk menuju website yang Anda telah pin gambar atau fotonya di pinterest.

Kira-kira begitu aturan main dari pinterest. Anda dapat membuat akun pinterest secara gratis, dan membagikan pinboard tanpa batas. Dari pinboard inilah Anda membuat backlink berkualitas untuk website Anda. Apa saja strategi menjadikan pinterest sumber backlink berkualitas? Berikut pembahasannya untuk Anda:

Menjadikan Pinterest Sumber Backlink Berkualitas Dengan Perhatian Kualitas Gambar

Menjadikan Pinterest Sumber Backlink Berkualitas Dengan Perhatian Kualitas Gambar

Langkah pertama ketika akan menjadikan pinterest sumber backlink berkualitas, maka Anda wajib hukumnya memiliki gambar yang baik dari setiap konten yang Anda buat untuk website Anda. Mengapa? Karena kualitas gambar menjadi salah satu yang akan menarik pengguna pinterest untuk melakukan klik atau melihat lebih detail.

Jadi, penting bagi Anda untuk membuat gambar yang berkualitas di konten website Anda, kemudian Anda membuat virtual pinboard di akun pinterest. Maka, orang yang membutuhkan informasi terkait dengan kategori pinboard yang Anda buat di pinterest akan mudah memahami dari gambar yang Anda sajikan. Jika gambar yang Anda pin buram, sudah jelas orang akan melewati pin yang Anda bagikan.

Kualitas gambar website ini memang sangat penting, apa lagi jika Anda mengelola website toko online maka foto produk harus terlihat bagus, jangan sampai foto produk pecah dan buram. Mengapa? Ya jelas, pengujung atau calon pembeli akan meragukan produk Anda. Akan sangat merugikan jika pengunjung tidak jadi membeli karena tidak yakin dengan foto produk Anda.

Pertanyaan yang sering muncul adalah,  jika saya menggunakan kualitas gambar dalam resolusi besar, maka website saya akan semakin lambat karena membutuhkan data lebih untuk membuka halaman atau konten website saya. Memang benar, gambar kualitas besar membutuhkan waktu untuk pengunjung membuka halaman Anda, ini terkait kualitas jaringan sebenarnya.

Mengatasi hal tersebut maka, Anda bisa menggunakan berbagai format gambar resolusi besar namun tidak membutuhkan data besar. Anda bisa melakukan resize foto atau gambar website Anda. Selain itu juga perlu menjadi perhatian jika website Anda lambat, jangan sampai karena hosting yang Anda gunakan memang lambat. Maka penting bagi Anda menggunakan hosting berkualitas IDwebhost untuk website Anda.

Gunakan Lebih Dari Satu Gambar

Ketika Anda membuat konten website berupa artikel, sebaiknya Anda menggunakan lebih dari satu gambar. Hal ini untuk memberikan ilustrasi yang lengkap kepada pengujung mengenai topik yang Anda bahas. Sering kali pembuat konten website hanya menambahkan satu gambar sebagai feature image saja.

Penggunaan lebih dari satu gambar ini menyesuaikan dengan panjang konten artikel yang Anda buat. Tentu jangan sampai berlebihan. Semua harus sesuai dengan isi dari konten yang Anda bahas. Peletakan dari foto atau gambar ilustrasi konten ini juga tidak kalah penting.

Misalnya Anda membuat konten cara memasak, maka gambar utama dapat berisi gambar foto hasil dan rangkaian kolase foto kegiatan Anda memasak. Kemudian dalam heading selanjutnya Anda sertakan sesuai dengan judul heading. Jika judul heading mengenai bahan, maka foto bahan-bahan yang Anda gunakan harus berada dalam heading tersebut, dan seterusnya.

Dengan menambahkan gambar lebih dari satu, maka dalam board pinterest akan lebih menarik, karena tidak hanya gambar unggulan yang dapat Anda pin, atau pengguna lain pin. Tetapi semua gambar yang ada dalam artikel Anda. Semakin  banyak gambar yang di pin, semakin banyak sumber backlink berkualitas yang akan Anda dapatkan.

Menjadikan Pinterest Sumber Backlink Berkualitas Dengan Membuat Info grafik

Dalam sebuah penelitian, setidaknya 78% pengguna pinterest lebih tertarik kepada foto atau gambar dalam pinboard yang berupa informasi atau info grafik. Keberadaan info grafik di sebuah website memang menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindari, ini menjadi semacam menu tambahan yang bisa dibilang wajib.

Dengan adanya info grafis dalam sebuah konten website, akan menjadikan pengguna atau pengujung lebih mudah memahami topik yang Anda bahas. Selain itu, tentu akan membuat pengujung lebih betah berada di website Anda. Silakan Anda lihat website besar, mereka kini sudah menggunakan info grafik hampir di setiap postingan konten artikel mereka.

Info grafik memang menarik minat pengunjung, tidak hanya untuk dilakukan pin ke pinterest, namun sangat mungkin orang kemudian membagikan info grafik yang ada di website Anda. Maka penting bagi Anda ketika ingin menjadikan pinterest  sumber backlink berkualitas Anda harus membuat info grafis dalam konten artikel Anda.

Sertakan Tombol Pin Pinterest di Website Anda

Sertakan Tombol Pin Pinterest di Website Anda

Permudah pengujung website Anda untuk menyimpan foto atau gambar yang ada dalam konten artikel website Anda. Bagaimana caranya? Dengan menambahkan berbagai tombol pendukung penyimpanan gambar, salah satunya dallah tombol pin yang ada di pinterest.

Bagi Anda pengguna CMS wordpress, Anda  bisa memanfaatkan berbagai plugin website yang bisa memudahkan Anda untuk memasang tombol pin dari pinterest di website Anda. Dengan adanya tombol ini, kemungkinan besar pengguna pinterest yang berkunjung ke website Anda akan melakukan pinboard terhadap foto atau gambar yang Anda buat.

Semakin banyak orang yang melakukan pin terhadap gambar dari website Anda, maka akan semakin banyak konten Anda berada di pinterest. Ini akan sangat bermanfaat untuk perkembangan website Anda. Mengingat pinterest adalah salah satu website besar yang ada di dunia. Tentu mendapatkan backlink berkualitas dari pinterest akan sangat berguna bagi keberlangsungan website Anda.

Menjadikan Pinterest Sumber Backlink Berkualitas Dengan Pin Sendiri Sesuai Kategori

Pinboard Pinterest IDWebhost

Sebagai pengelola website atau pembuat konten jangan pernah berdiam diri dan menyerahkan nasib konten Anda kepada orang lain atau pengunjung. Berharap bahwa pengunjung Anda akan melakukan pinboard terhadap foto, gambar dan info grafik yang Anda buat tidak ada salahnya. Namun akan lebih baik, jika Anda tidak hanya menunggu.

Strategi menjadikan Pinterest sumber Backlink berkualitas yang paling penting adalah dengan Anda melakukan pin sendiri konten yang Anda buat. Anda bisa mendaftar dan kemudian melakukan pin ke dalam berbagai kategori pinboard yang bisa Anda buat secara gratis di pinterest.

Semakin rajin Anda melakukan pin terhadap konten gambar dari website Anda, maka semakin besar Anda akan mendapatkan berbagai backlink berkualitas, dan tentu saja sumber trafikk dari pinterest yang Anda buat. Sangat bermanfaat, dan tentunya jangan sampai Anda abaikan.

Nah, demikian pembahasan kita kali ini mengenai Strategi Menjadikan Pinterest Sumber Backlink Berkualitas. Selain Anda perlu membuat foto, membuat info grafis, dan membuat konten yang lengkap dengan ilustrasi lebih dari satu gambar. Menjadi paling penting adalah, Anda harus menjemput bola. Anda harus melakukan sendiri pinboard untuk menjadikan pinterest sumber backlink berkualitas bagi website Anda. Semoga bermanfaat.  Salam. Ari IDwebhost.