9 Cara Meningkatkan Rating Website Anda
Blog Tips Keren 9 Cara Meningkatkan Rating Website Anda

9 Cara Meningkatkan Rating Website Anda

Siapa yang tidak punya website di jaman ini ? tentu anda punya minimal satu website yang masih sering update dikarenakan kegunaan website sekarang seperti buku harian bahkan sebuah ladang uang yang berjalan secara otomatis saat kita sedang santai. Di mesin pencari tentu website anda ingin yang teratas bukan ? dan itu diperlukan pengecekan dan update berkala pada isi website anda. Anda pun diharuskan terus meningkatkan rating website Anda untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda dan meningkatkan peringkat di mesin pencari secara keseluruhan dengan belajar SEO. Untuk meningkatkan peringkat situs WordPress Anda di SERPs.

Berikut Adalah Tips Meningkatkan Rating Website Anda

1. Dimulai dengan Blog WordPress Anda

Cara meningkatkan rating website yang pertama adalah memulainya dari blog anda. Segera setelah Anda membuat blog atau situs web WordPress, pilih fitur yang mengatakan, “hilangkan Search Engine dari pengindeksan situs web”. Gunakan itu hingga Anda mengerjakan desain situs. Melakukan hal itu akan memblok spider search engine untuk mengindeks halaman Anda. WP juga  menyertakan rel = “nofollow” dan rel = “noindex” tag di halaman web Anda sehingga mereka diindeks oleh bot hanya ketika Anda inginkan. Ini berguna untuk pengemudi daring yang cenderung menghapus pos penyambutan WordPress default yang mengatakan, ‘Hello World’.

2. Periksa Pengaturan Visibilitas Situs Web Anda

Cara meningkatkan rating website yang kedua adalah Periksa pengaturan visibilitas situs web anda. WordPress memiliki opsi built-in untuk menyembunyikan situs dari mesin pencari untuk memberikan waktu kepada pengguna untuk bekerja di situs mereka sebelum ditayangkan. Terkadang, secara default opsi ini dapat ditandai dan dapat membuat situs Anda tidak ada di mesin telusur.

Jika Anda tidak menemukan situs web Anda dalam hasil pencarian, ini adalah hal pertama yang perlu Anda periksa. Pastikan opsi tidak dicentang.

 

tingkatkan Blog wordpress anda
idwebhost

3. Pasang plugin sitemap .xml

Cara meningkatkan rating website yang ketiga adalah memasang plugin sitemap.xml. Sitemap XML adalah file yang diformat yang mencatat setiap halaman web di situs Anda. Menyiapkan plugin sitemap .xml memiliki manfaat yang sangat baik untuk situs web Anda. Tidak hanya membantu bot untuk mengindeks situs web Anda lebih cepat tetapi juga meningkatkan peringkat mesin pencari situs web Anda. Ada berbagai plugin yang tersedia di wordpress yang untuk secara otomatis membuat dan memperbarui peta situs di situs web Anda. Salah satu yang terkenal adalah Google XML Sitemaps oleh Arne Brachhold.

4. Fokus Pada Frase Kata Kunci

Cara meningkatkan rating website yang keempat adalah fokus pada frase kata kunci. Frase kata kunci digunakan dalam mengoptimalkan halaman web Anda untuk menarik lebih banyak lalu lintas. Kata kunci digunakan sebagai frase kunci inti bahwa situs web Anda akan dicari dan diberi peringkat. yang perlu diingat tentukan kata kunci apa yang paling sesuai dengan situs web Anda. Berfokus pada frasa dan kata kunci dan menerapkannya di situs web Anda atau plugin dapat sangat membantu meningkatkan visibilitas situs Anda secara keseluruhan ke mesin telusur dan pengguna.

5. Siapkan Plugin SEO & Gunakan Kode = “canonical”

Cara meningkatkan rating website yang kelima adalah menyiapkan plugin SEO. Plugin SEO yang bagus akan menangani sejumlah aspek SEO dari situs web Anda secara otomatis. Saat Anda memasang plugin SEO di blog Anda, segera aktifkan tag kode = “canonical” untuk laman situs web Anda. Selain itu akan membantu mesin telusur untuk menentukan sumber asli URL tetapi juga membantu untuk menghilangkan masalah konten yang berlebihan.

Salah satu plugin yang populer dan paling banyak digunakan adalah All in One SEO Pack oleh Michael Torbert, yang menyediakan berbagai pilihan bagi pengguna seperti kanonikalisasi, deskripsi meta, judul halaman, pengoptimalan kata kunci, tag dan arsip, Google Analytics, kepenulisan Google Plus, dan verifikasi Alat Webmaster Google.

Jika Anda mencari plugin gratis, gunakan Squirrly. Ini membantu Anda dalam SEO, pemilihan kata kunci dengan menganalisis persaingan kata kunci dan elemen lain dari SEO. Juga, ini mencakup all in one Analisis SEO yang menampilkan info tentang grafik sosial, indeksasi Google, tautan masuk, dan lain-lain.

6. Penggunaan Kategori dan Tag yang Tepat

Cara meningkatkan rating website yang keenam adalah WordPress memberi Anda pilihan untuk menempatkan posting blog Anda secara tertib ke dalam tag dan kategori, yang membuatnya mudah untuk mengelola konten berdasarkan topik. Selain itu, pengunjung Anda dapat mencari konten yang dibutuhkan dengan mudah.

Tag dan Kategori membantu bot untuk mengindeks dan memahami konten dan struktur laman web dengan mudah. Pemula, sering bingung dalam menggunakan kategori dan tag dengan benar. Inilah cara Anda dapat menggunakannya. Tag adalah kata kunci yang secara signifikan menggambarkan konten situs web Anda. Untuk sub pos yang ditempatkan di bawah kategori pakaian dapat memiliki tanda seperti jins, kaos, tshirts, dll. Anggaplah seperti bagian indeks dalam sebuah buku.

Di sisi lain, Kategori untuk mengelompokkan pos Anda secara luas. Sebuah daftar isi buku akan menjadi kategori. Untuk sub, di blog Anda dapat memiliki kategori seperti makanan, perjalanan, musik, dll. Karena Kategori bersifat hierarkis, Anda dapat menambahkan kategori anak-anak kepada mereka. Penggunaan tag dan kategori yang tepat dapat mempermudah pengguna untuk menelusuri dan juga bagi spider mesin telusur.

7. Blokir Komentar Spam

Cara meningkatkan rating website yang ketujuh adalah memblokir spam. Versi baru WordPress menjadi lebih baik karena tidak mengikuti tautan yang diposting di bagian komentar oleh pengguna. Komentar spam tidak memberikan kontribusi apa pun pada pos dan membuat frustrasi pengirim spam. Komentar yang tidak pantas pada posting Anda dapat memiliki efek negatif dari situs Anda di mesin pencari.

Anda dapat menggunakan tiga cara berikut untuk mencegah komentar spam di bagian komentar posting Anda:

  • Akismet
  • Cookie untuk Komentar
  • Tautan ‘Nofollow’ di Komentar

Baca Juga : Tips Menciptakan Website Yang Mobile Friendly

 

periksa visibilitas website anda
idwebhost

8. Selalu Buat Tautan Internal

Cara meningkatkan rating website yang kedelapan adalah buat tautan internal. Setiap halaman web dari situs Anda diberi skor atau otoritas halaman oleh Search engine. Salah satu faktor yang berkontribusi pada skor adalah tautan, itulah sebabnya sangat penting untuk menautkan konten Anda sendiri dari laman dan pos blog lainnya.

Biasakan menautkan tautan posting situs web Anda. Jika Anda memiliki penulis yang berbeda, buat daftar periksa posting blog sebelum publikasi sehingga mereka dapat menautkan setidaknya empat pos blog lainnya. Bukan hanya postingan Anda yang akan meningkatkan tampilan halaman, tetapi Anda juga akan melihat bahwa pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di situs web Anda.

9. Gunakan Plugin Caching Untuk Mempercepat Situs Web Anda

Yang terakhir adalah gunakan plugin caching. Sebuah Plugin caching sangat penting untuk sebuah situs web. Ini mengurangi beban di server web Anda dan membuat situs web Anda lebih cepat. Plugin seperti W3 Total Cache adalah pilihan bagus karena fitur lengkap dengan cache browser, caching halaman, caching objek, opsi minimum dan penyimpanan basis data. Anda dapat dengan mudah menginstal plugin W3 Total Cache dan meningkatkan kinerja situs Anda.

Kesimpulan

WordPress adalah pilihan tepat untuk teman bisnis Anda secara online. Memahami dasar-dasar WordPress akan meningkatkan peluang Anda mengembangkan situs web yang sangat dioptimalkan untuk pengunjung dan dapat menempati peringkat yang baik di mesin pencari teratas. Jangan ragu untuk berbagi dengan kami tips dan teknik yang Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk pengguna.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.