Cara Meningkatkan Peringkat Website di Google

15 Apr 2019
Cara Meningkatkan Peringkat Website di Google campaign-unlimited

Website merupakan salah satu pilar penting dalam kegiatan di masa kini, apalagi bisnis online. Website bagaikan tulang belakang bagi bisnis online karena memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting. Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan peringkat website di Google agar traffic semakin ramai.

Kebanyakan pemilik bisnis terlalu fokus pada keyword saja sebagai strategi SEO mereka. Padahal hal itu kurang tepapt, jika Anda juga melakukan hal yang sama dan belum mendapatkan hasil memuaskan, mungkin Anda perlu mencari faktor signifikan lain yang berpengaruh pada ranking website Anda di hasil pencarian.

Algoritma hasil pencarian tidak cuma dipengaruhi oleh keyword. Tapi juga banyak faktor lain yang memiliki pengaruh terhadap peringkat website Anda di hasil pencarian. Beberapa di antaranya adalah berapa lama waktu yang dihabiskan audiens di website, broken links, jumlah view, bounce rate, kualitas inbound dan outbond link, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan membahas beberapa cara untuk meningkatkan peringkat website di Google yang bisa anda manfaatkan. Namun sebelumnya, kami akan membahas sedikit tentang apa itu Website Usability.

Apa itu Website Usability?

Website usability adalah kombinasi dari berbagai elemen website yang berhubungan dengan conversion. Beberapa elemen website tersebut adalah:

Efektivitas

Apakah pengunjung langsung mendapatkan informasi yang mereka inginkan ketika mereka mampir di website Anda? Misalnya, apakah mereka bisa menghubungi customer care atau membeli produk yang mereka inginkan dalam kurun waktu kurang dari 10 detik?

Meningkatkan Peringkat Website
SEO sangat penting untuk meningkatkan rangking website anda di Google

Efisiensi

Efisiensi adalah tambahan dari efektivitas. Berapa waktu yang dibutuhkan konsumen untuk menyelesaikan aktivitas mereka (membeli produk, misalnya) di website Anda? Jika website Anda tidak memungkinkan konsumen untuk membeli produk dalam waktu singkat, kemungkinan besar konsumen akan pergi dari website Anda.

Memorabilitas

Apakah pengunjung bisa menemukan kembali website Anda dengan keyword yang sama? Return traffic merupakan hal penting dalam penilaian algoritma Google dan berpengaruh terhadap SEO website Anda. Salah satu cara agar membuat pengunjung ingat website Anda adalah dengan menggunakan domain ekstensi baru seperti .tech, .store, .space, .fun, dan lain-lain. Domain-domain tersebut membantu Anda untuk membuat nama domain yang singkat, menarik dan unik sehingga mudah diingat pengunjung.

Error Prevention

Error di website Anda tentu akan berpengaruh pada pengalaman pengunjung dan ranking SEO. Misalnya, 404 page not found error, link kedaluwarsa, 502 Bad Gateway atau link yang mengarahkan ke laman yang tidak sesuai. Semua bisnis selalu mencari cara cepat untuk meningkatkan peringkat website mereka di hasil pencarian. Salah satunya membangun SEO untuk bisnis adalah  investasi jangka panjang. Dan dalam bisnis jangka panjang, tidak ada jalan pintas. SEO adalah proses panjang dan jika ada yang menjanjikan Anda akan mendapatkan hasil kilat dari SEO, perlu dipertanyakan kebenarannya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi White Screen Pada WordPress

Cara Jitu Meningkatkan Peringkat Website di Google

1. Optimasi ke Versi Mobile

Cara meningkatkan peringkat website anda di Google yang pertama adalah optimasi website anda ke versi mobile. Cara ini berada di urutan pertama karena memang sangat penting. Dengan Google menerapkan indeks Mobile-First, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan Mobile-Friendly Test.

Anda perlu menaruh perhatian besar terhadap website mobile friendly untuk menghindari turunnya ranking website Anda di hasil pencarian di smartphone karena tampilan nya tidak nyaman dan disukai oleh audiens. Tugas Anda adalah memudahkan pengunjung untuk mengunjungi website Anda di smartphone, tanpa mengganggu kegiatan mereka.

2. Melakukan SEO Audit

Sedikitnya informasi mengenai struktur informasi dan website bisa menggagalkan strategi SEO terbaik sekalipun. Alogaritma Google kurang menyukai website-website yang memiliki navigasi rumit. Buat navigasi semudah mungkin untuk pengunjung Anda.

Meningkatkan Peringkat Website
idwebhost.com

Untuk memulainya, Anda bisa mulai mempelajari dasar-dasar SEO ini. Setelah memahami dasar-dasar SEO ini, Anda akan memiliki wawasan yang lebih baik dan lebih paham tentang apa saja yang harus diperbaiki.

3. Perbaiki Waktu Loading

Langkah ketiga (dan semua langkah di artikel ini) adalah proses yang berkelanjutan. Sekarang ini zaman serba cepat, dimana audiens selalu ingin melakukan segal sesuatunya dengan cepat, lugas dan ringkas sama seperti mengunjungi suatu website. Oleh karena itu, coba selalu monitor kecepatan website Anda, baik untuk desktop atau mobile. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website adalah sebagai berikut:

Ukuran File Gambar

Sebelum upload sebuah gambar, Anda bisa menggunakan tools yang sangat membantu seperti TinyPNG untuk mengecilkan ukuran sebuah gambar, tanpa harus mengurangi kualitasnya.

Script

Sebelum upload file JS dan CSS ke website, coba periksa lagi apakah Anda benar – benar membutuhkannya? Karena berbagai macam file tersebut bisa memperlambat loading website. Bila memungkinkan, merge beberapa script menjadi satu file.

Cache Browser

Ketika sebuah browser menampilkan sebuah halaman website, browser juga memuat sejumlah file. File-file cache tersebut tersimpan secara lokal di komputer pengunjung. Dengan begitu, saat audiens berpindah ke page baru, file – file cache tidak perlu dimuat lagi. Sebagian besar website mengaktifkan browser caching dengan menambahkan kode htaccess file ke hosting atau server.

4. Perbaiki Link Rusak

Baik link eksternal maupun internal berpengaruh pada peringkat website di hasil pencarian. Biasanya pemilik website mengabaikan link – link rusak ini. Padahal hal itu bisa mempengaruhi pengalaman pengunjung saat mengunjungi website. Anda bisa menggunakan W3C Link Checker untuk mendeteksi link rusak yang harus anda perbaiki.

5. Membuat Anchor Text yang Sesuai

Cara meningkatkan peringkat website di Google yang selanjutnya adalah Membuar anchor text yang sesuai. Ya walaupun masalah ini sepele, anchor text memiliki pengaruh cukup besar terhadap SEO. Memiliki anchor text yang sesuai merupkan hal penting ketika membangun link. Ketika anchor text Anda sesuai dengan link yang dituju, mesin pencari bisa mendapatkan sinyal positif tentang website Anda.

Misalnya, anchor text Cristiano Ronaldo Sneaker Store memuat link menuju alamat website sneaker.store/CristianoRonaldo. Anchor text dan alamat website memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi sehingga sangat bagus untuk dimanfaatkan dalam SEO.

Meningkatkan Peringkat Website
idwebhost

6. Mengoptimalkan Artikel atau konten di website anda

Ada tiga hal utama pada halaman web Anda yang harus dioptimalkan yaitu: meta title , description dan keyword. Ini adalah suatu hal yang sederhana dan dapat dilakukan ketika Anda menerbitkan sebuah konten pada website. Memang Anda pasti butuh waktu untuk melakukannya pada setiap artikel, namun manfaatnya besar.

Nah berikut tadi merupakan 6 Cara untuk meningkatkan peringkat website anda di search engine Google. Cara – cara diatas sangat mudah untuk diterapkan, selamat mencoba!

Dan setelah meningkatkan peringkat website anda Google, jangan lupa untuk memasang hosting dan domain murah di Idwebhost.