10 Cara Mudah Meningkatkan Peringkat SEO di Tahun 2020
Blog Tips Keren 10 Cara Mudah Meningkatkan Peringkat SEO di Tahun 2020

10 Cara Mudah Meningkatkan Peringkat SEO di Tahun 2020

Usaha meningkatkan peringkat SEO akan selalu menjadi tanggung jawab para pemilik website. Pengguna website kini semakin banyak karena akan sangat memudahkan orang untuk bisnis onine. Di tahun 2020 ini banyak pengguna website yang semakin meningkatkan peringkat SEO agar bisa berada di halaman utama google. Mendapatan peringkat paling atas di hasil pencarian adalah tujuan utama semua pemilik website maupun blog. Semakin sering muncul pada halaman utama maka akan semakin banyak orang yang mengunjungi website dan hal itu tentunya akan meningkatkan traffic website.

Cara meningkatkan peringkat SEO juga sangat penting untuk memudahkan google menempatkan website pada halaman utama. Jika Anda menginginkan website Anda berada di halaman utama mesin pencarian, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan optimasi terhadap SEO. Berdasarkan survey, hasil pencarian paling atas memiliki peluang 33% untuk diklik. Bahkan survey lain juga memberikan pernyataan jika 75% orang tidak akan mengklik halaman kedua di hasil pencarian sehingga yang paling penting di sini adalah bagaimana cara meningkatkan peringkat SEO khususnya di tahun 2020.

Dalam meningkatkan traffic website tidak hanya soal merilis banyak konten tetapi juga harus memperhatikan bagaimana optimasinya. Hal ini karena halaman website tidak akan naik ke peringkat paling atas pada hasil pencarian dengan sendirinya karena diperlukan yang namanya teknik SEO yang efektif agar website yang Anda kelola bisa berada di peringkat paling atas pada hasil pencarian google.

Bagaimana cara meningkatkan peringkat SEO di tahun 2020?

Tahun 2020 kini semakin banyak orang yang mengandalkan webiste sebagai ladang bisnis baik itu bisnis utama maupun bisnis sampingan. Dalam hal ini Anda juga harus memikirkan teknik SEO yang akan dijalankan karena teknisnya selalu berubah mengikuti update alogaritma google. Google akan selalu memperbaharui alogaritmanya untuk memberikan hasil pencarian terbaik bagi para penggunanya. Untuk meningkatkan peringkat SEO di tahun 2020, maka Anda harus tahu tekniknya.

Berikut teknik paling mudah meningkatkan peringkat SEO di tahun 2020:

Meningkatkan Peringkat SEO

1.Tingkatkan kecepatan website Anda

Jika berkunjung ke sebuah website, maka hal utama yang dirasakan pengunjung website adalah kecepatan website. Sebagus apapun konten yang Anda buat, jika kecepatan websitenya lebih dari 3 detik maka akan membuat pengunjung kabur. Cepat atau lambatnya website ternyata dapat memberikan dampak langsung ke peringkat google Anda.  Jadi sudah jelas bahwa jika Anda ingin berada di peringkat lebih tinggi di google maka harus meningkatkan kecepatan website.

2.Optimalkan konten rich-snippets

Rich snippet akan memungkinkan konten Anda tampil menonjol di hasil pencarian berbentuk review. Nantinya mesin pencari akan memperlihatkan star rating. Tampilan seperti tersebut tentunya akan lebih menarik pengguna internet sehingga peluang klik juga lebih banyak. Terlebih jika dibandingkan dengan tampilan hasil pencarian pada umumnya, pastinya pengoptimalan rich snippets lebih meningkatkan peringkat SEO.

3.Lakukan update pada konten lama

Di sini Anda bisa memanfaatkan konten lama untuk diupdate kembali. Akan tetapi sebelum mengoptimalkan konten lama, lakukan evaluasi untuk menentukan konten mana yang mamiliki potensi untuk menaikkan trafiict. Untuk memudahkan evaluasi ini Anda bisa menggunakan bantuan google search console. Dengan bantuan tersebut maka Anda bisa mengetahui performa masing-masing halaman website di hasil pencarian.

4.Gunakan konsep visual

Konsep visual sangat penting untuk membantu Anda dalam meningkatkan peringkat SEO. Ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi tanpa harus melakukan penjangkauan.  Untuk menggunakan konsep visual ini, Anda harus membuat visual yang mengagumkan dengan fokus pada pembuatan visual untuk topik-topik baru.

5.Targetkan kata kunci

Menargetkan kata kunci akan membantu Anda dalam menemukan kata kunci yang relevan bagi pembaca. Sepanjang apapun dan sebagus apapun artikel yang Anda buat, jika tidak menargetkan keywords maka tidak akan muncul di halaman pencarian google. Pastikan Anda memilih kata kunci yang tepat dan mampu meningkatkan peringkat SEO.

6.Optimalkan gambar

Ukuran gambar seringkali dilupakan. Padahal dengan mengoptimalkan gambar akan sangat berpengaruh pada kinerja website. Yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan mengubah ukuran gambar untuk mengoptimalkannya. Anda juga bisa menggunakan gambar untuk menyelipkan keyword yang relevan dengan artikel yang Anda buat karena akan menaikkan peringkat SEO.

Meningkatkan Peringkat SEO

7.Perbaiki link yang rusak

Tanpa sadar Anda mungkin  memasukkan link yang rusak sehingga dapat menghancurkan peringkat SEO. Jika ada pengunjung yang terlanjur mengunjungi link yang tidak valid, maka hanya akan membuat mereka tidak kembali berkunjung ke website Anda. Salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki link yang rusak adalah Dead Link Checker.

8.Buat judul yang mengundang klik

Membuat judul dalam artikel ternyata tidah hanya sekedar judul. Anda juga harus membuat judul yang bisa mengundang klik. Judul yang bagus adalah judul yang mampu mengundang klik. Intinya, sekali orang membaca judul akan langsung mengklik link untuk mengunjunginya. Usahakan agar judul yang Anda buat tidak lebih dari 70 karakter. Jika lebih dari 70 karakter hanya akan terpotong dan merusak  rangking pada SEO

9.Buat meta description yang menarik

Meta description merupakan penjelasan singkat dari sebuah halaman web. Ini menjadi kesempatan Anda untuk memberikan informasi yang singkat agar menarik perhatian pengunjung. Meta description yang informatif, secara otomatis akan membuat pengunjung mengklik dan berkunjung ke website Anda. Jika Anda sudah membuat meta description yang menarik maka goole akan menempatkan website Anda berada pada halaman utama.

10.Optimalkan LSI

LSI (Latent Semantic Indexing) adalah keyword yang berhubungan dengan keyword utama. Ini juga bisa disebut dengan keyword turunan. Dengan mengoptimalkan LSI juga akan memudahkan mesin pencari untuk menemukan kata kunci utama. Jika Anda bisa menempatkan LSI dengan optimal maka akan membuat website Anda berada pada peringkat utama.

Menerapkan teknik SEO sebenarnya sangat mudah. Hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap rangking website Anda. Semua penggiat bisnis online tentunya menginginkan agar websitenya bisa berada pada halaman utama google. Tekni SEO merupakan teknik yang harus dipelajari khususnya bagi Anda yang ingin meningkatkan peringkat SEO.

Itulah cara mudah meningkatkan peringkat SEO di tahun 2020. Demikian sekilas penjelasan tentang perbedaan antara konsep marketing dan sales. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.