10 Cara Meningkatkan Konten SEO di Tahun 2020
Blog Tips Keren 10 Cara Meningkatkan Konten SEO di Tahun 2020

10 Cara Meningkatkan Konten SEO di Tahun 2020

Mengetahui cara meningkatkan konten SEO di tahun 2020 sangatlah penting. Dalam mengembangkan sebuah website, konten sangatlah penting sehingga Anda harus memperlajari bagaimana cara mudah dalam meningkatkan konten SEO khususnya di tahun ini. Agar website bisa berada pada mesin pencarian, maka Anda harus memilih CMS yang tepat seperti wordpress. Hal ini karena wordpress merupakan CMS yang SEO-friendly.

Cara meningkatkan konten SEO juga akan membantu Anda dalam menaikkan trafiic website sehingga pengunjung akan lebih banyak. Ini sangat bermanfaat bagi Anda yang mengelola website untuk berbisnis. Semakin banyak pengunjung maka akan semakin meningkatkan brand awareness. Untuk bisa muncul di peringkat atas halaman pencarian, maka dibutuhkan  riset dan eksperimen.

Konten menjadi poin yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas SEO. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas konten. Bagi pemilik website toko online, traffik yang tinggi sangatlah penting agar bisa dikonversi menjadi leads atau konsumen. Namun hal tersebut tidak cukup hanya dengan merilis banyak konten tanpa adanya optimasi. Anda perlu melakukan cara untuk meningkatkan kualitas konten SEO.

Meningkatkan konten SEO

Bagaimana Cara Meningkatkan Konten SEO di Tahun 2020?

Teknik SEO akan selalu berubah. Seperti halnya di tahun 2020 yang tentunya berbeda dengan teknik yang dipakai 10 tahun yang lalu. Google akan selalu memperbaharui algoritma untuk memberikan hasil pencarian terbaik kepada penggunanya, salah satunya adalah untuk meningkatkan konten SEO. Berikut ada beberapa cara mudah untuk meningkatkan konten SEO khususnya di tahun 2020:

1. Tetap fokus pada basic konten

Untuk memaksimalkan konten SEO di tahun 2020, Anda harus fokus terhadap basic konten. Pada dasarnya, konten yang Anda buat akan lebih maksimal jika mampu mengelola dari basic. Namun kesalahan banyak orang dalam meningkatkan konten SEO malah justru memperbaiki ketidakakuratan konten dan menghapus backlink yang tidak sesuai. Hal tersebut sebenarnya tidak penting karena yang paling penting adalah Anda harus leboh fokus terhadap basic konten yang sedang Anda buat. Dengan begitu akan lebih mudah masuk dalam pencarian mesik pencari.

2. Lebih memperbanyak konten yang “to the point”

Pada dasarnya, orang akan lebih suka dengan konten yang langsung memberikan inti dari apa yang mereka cari. Bahkan menurut Omi Sido, Specialist Senior SEO di Canon Eropa berpendapat bahwa User lebih menginginkan konten yang bermanfaat, to the point dan konten yang  sedang banyak dibicarakan. Menurutnya, konten yang relevan adalah yang terbaik untuk stategi SEO.

3. Tambahkan gambar yang sesuai

Adanya gambar pada sebuah konten dapat membantu pengunjung untuk memahami konten yang Anda buat. Untuk itu carilah gambar yang relevan dan sesuai dengan isi artikel. Namun Anda juga harus perlu mengoptimasi gambar agar tidak memperlambat loading website. Jangan lupa untuk menuliskan keyword yang sesuai dengan konten pada gambar yang Anda pilih. Dengan begitu optimasi SEO juga akan lebih meningkat.

Meningkatkan konten SEO

4. Sertakan pertanyaan dan jawaban pada konten

Dalam hal ini, Google cenderung memilih konten yang menyertakan pertanyaan dan jawaban. Itulah alasan mengapa halaman FAQ lebih mudah terdeteksi oleh SEO. Pertanyaan yang diajukan tidak perlu yang rumit. Cukup dengan pertanyaan yang sederhana saja nantinya akan menimbulkan interaksi. Hal ini juga akan lebih baik jika Anda tidka menyelipkan seputar pertanyaan dan jawaban pada konten Anda.

5. Kenali pengguna website Anda

Google akan lebih fokus dengan pencarian yang lebih personal. Untuk itu sebaiknya Anda bisa mengenali pembaca website Anda. SERP google juga akan menampilkan hasil yang sempurna jika sesuai dengan kebutuhan pengguna. Di sini Anda harus lebih memahami kebutuhan pengguna dan konteks di mana pengguna melakukan pencarian.

6. Maksimalkan Snippet

Snippet sangat menentukan apakah konten yang Anda buat masuk dalam halaman pencarian atau tidak. Di sini Anda harus memaksimalkan snippet karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada SEO. Bahkan ada beberapa fakta yang mengungkapkan bahwa memaksimalkan snippet dapat membantu meningkatkan website Anda pada halaman pencarian. Hal ini juga dibuktikan dengan salah satu tool SEO,  yaitu SEMrush yang mangungkapkan bahwa 11,52% dari hasil pencarian memiliki snippet yang maksimal.

7. Mengidentifikasi pada setiap keyword

Setiap keyword atau kata kunci tentunya memiliki maksud tertentu. Semakin Anda mampu memahami maksud kata kunci tersebut, maka akan semakin bagus konten  yang Anda buat. Setiap keyword yang dipilih tentunya akan memberikan informasi yang akan dijabarkan dalam sebuah konten. Identifikasi keyword sangat penting agar konten bisa lebih mudah terdeteksi oleh SEO.

8. Sertakan kata kunci pada URL

Menyertakan keyword pada URL akan sangat membatu meningkatkan penyerapan SEO. URL yang menyertakan kata kunci memiliki peluang 45% lebih banyak diklik daripada yang tidak mengandung kata kunci. Google akan lebih mudah mendeteksi link mana saja yang sudah memiliki URL yang cocok dengan kata kunci sehingga akan lebih mudah terdeteksi SEO.

Meningkatkan konten SEO

9. Maksimalkan penggunaan Backlink

Backlink akan selalu menjadi tren SEO hingga tahun 2020 ini. Google juga telah mengeluarkan statement bahwa tautan atau backlink masih memiliki peran penting dalam algoritme mereka. Dan ini hanya berlaku untuk website yang nantinya ingin berada pada halaman utama google.

10. Tingkatkan kecepatan website

Dengan penggunaan konten yang maksimal, maka akan kurang lengkap jika  tidak memaksimalkan kecepatan website. Ketika pengunjung sudah mengenal konten Anda, maka mereka akan lebih sering berkunjung ke website. Namun ada satu hal yang paling dibenci oleh pengunjung, yaitu loading website yang lambat.

Sebagus apaun konten yang Anda buat, pengunjung biasanya juga akan mempertimbangkan soal kecepatan website. Bahkan berdasarkan survey dari Google, 53% pengguna internet juga akan meninggalkan website yang loadingnya lama atau lebih dari 3 detik. Hal ini juga akan berpengaruh pada peningkatan konten terhadap SEO.

Tahun 2020 merupakan kesempatan bagi Anda untuk mempertahankan kualitas SEO demi meningkatkan konten pada website. Agar konten bisa dengan mudah terdeteksi oleh SEO, maka Anda harus memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Kecepatan website yang stabil juga menjadi poin penting dalam meningkatkan kualitas SEO.

Itulah cara mudah meningkatkan konten SEO di tahun 2020. Konten website akan terus mengalami perkembangan setiao tahunnya. Hal ini juga menuntut  Anda agar selalu mengikuti perkembangan zaman. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.