Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung Website Toko Online

Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung Website Toko Online campaign-unlimited

Meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online adalah sebuah keniscayaan bagi para pebisns e-commerce. Belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern sejak hampir 20 tahun terakhir. Kepraktisan dan efisiensi menjadi alasan utama mengapa belanja online semakin digemari masyarakat, terutama mereka yang tinggal di perkotaaan.

Dan karena semakin terbukanya pasar seiring dengan pesatnya teknologi digital, semakin banyak orang yang tertarik untuk membuat toko onlinenya sendiri. Karena persaingan kian ketat, mendorong para pebisnis online terus melakukan inovasi pada websitenya. Tujuannya ya, itu tadi, meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Baca Juga: Pentingnya e-commerce web hosting Bagi Sebuah Bisnis Online

Dengan kepercayaan pelanggan yang besar, tak hanya merawat pelanggan lama, peluang menggaet pelanggan baru pun akan semakin besar. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online? Ini dia caranya!

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung

Membangun Relasi Dengan Audiens

Pernahkah kamu merasa asing dan tak tahu harus kemana saat pertama kali mengunjungi sebuah website? Begitu pula yang akan dialami kebanyakan pengunjung saat kali pertama datang ke website toko online. Karena itulah yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat pengunjug nyaman berada lama-lama di website. Jika mereka (pengunjung) semakin mengenalmu, mereka akan percaya untuk berbelanja di toko online milikmu.

Salah satu cara untuk membangun relasi bagus dengan pengunjung adalah dengan cara melengkapi halaman tentang kami. Tunjukkan informasi selangkap mungkin tentang toko onlinemu. Di halaman Tentang Kami, kamu bisa memperkenalkan diri dan berikanlah informasi kepada pengunjung betapa pentingnya menggunakan produk yang dijual.

Baca Juga: Cara Mudah Menghubungkan Domain ke VPS Untuk Pemula

Salah satu perusahaan yang sangat bagus dalam mengelola halaman Tentang Kami adalah Gojek. Perusahaan ride sharing ini memberikan informasi sejarah korporasi dari awal hingga layanan yang mereka saat ini.

Cara lain membangun relasi yang bagus dengan pengunjug website adalah mengisi blog dengan konten-konten bagus untuk mengedukasi dan membuat calon pelanggan familiar dengan produkmu.

Meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online

Menambahkan Lencana Kepercayaan

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung toko online adalah dengan menambahkan lencana kepercayaan. Dengan menambahkan lencana kepercayaan, artinya kamu memberikan informasi kepada pengunjung bahwa websitemu aman dan dapat dipercaya. Beberapa lencana yang bisa kamu tambahkan antara lain:

Sertifikat SSL

Secure Socket Layer, atau SSL adalah sebuah protokol keamanan yanng menggunakan enkripsi modern untuk menerima dan memberi informasi dari seluruh penjuru internet. SSL akan memuat saluran yang aman antara pengguna browser dan server website yang terhubung. Dengan demikian, websitemu akan lebih bisa dipercaya keamanannya oleh bot mesin pencari.

Selain kemanan website yang lebih terjamin, menggunakan sertifikat SSL juga dapat menaikkan ranking website pada mesin pencari. Karena bot mesin pencari akan mengidentifikasi dan mengarahkan pengguna untuk mengindari website yang tidak memiliki keamanan yang terenskripsi.

Oleh sebab itu, ketika akan membuat website toko online, pilihlah jasa pembuatan website yang menyediakan sertifikat SSL pada layanannya. Kebanyakan provider website menyediakan sertifikat SSL yang sudah bundle dengan paket mereka tawarkan. Sangat memudahkan bukan?

Meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online

Logo Payment Processors

Penggunaan logo payment processors juga mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung pada website toko online. Dengan mencantumkan logo payment processors,  kamu bisa mempersuasi pengunjung bawa kamu menerima segala jenis metode pembayaran.

Tentu kamu pernah mengamati suatu website toko online yang menyediakan beragam logo metode pembayaran. Semakin banyak pilihan pembayaran, akan memberikan penilaian positif di mata pengunjung bahwa website toko online millikmu memberikan kemudahan transaksi.

Siapa sih yang tidak kesal ketika sudah mengincar barang bagus di toko online karena si toko online tidak menyediakan pilihan pembayaran yang kompatibel dengan yang digunakan?

Lencana Anti virus

Internet adalah dunia luas dimana peyebaran virus merupakan ancaman yang mengintai setiap saat. Oleh karena itu sebagai pemilik website, kamu harus memberikan rasa aman pada para pengunjung bahwa website bersih dari virus, malware dan segala macam ancaman keamanan yag bertebaran di internet. Beberapa lencana antivirus yang populer antara lain McAfee dan Norton.

Garansi uang kembali

Pelanggan di era pemasaran internet saat ini memiliki kecenderungan untuk memilih toko online yang bersedia memberikan garansi uang kembali. Garansi ini banyak dianggap calon pembeli sebagai komitmen dan keseriusan penjual dalam menjaga kualitas produk dan pelayanannya.

Menampilkan Social Proof

Sebelum menguliti lebih jauh tentang social proof, kamu harus tahu dulu aapa yang dimaksud dengan social proof. Social proof adalah suatu perilaku saat seseorang mengidentifikasi bahwa perasaan dan tindakannya sejalan dengan kebanyakan aggota masyarakat. Bahasa simpelnya, social proof adalah testimoni. Teknik ini berguna untuk mempengaruhi psikologi pengunjunjung, untuk sebisa mungkin penasaran dengan produk yang kamu jual setelah membaca atau melihat pengalaman orang lain yang telah menggunakan produk yang kamu jual.

Baca Juga: Mengapa Kamu Harus Memiliki Domain?

Dalam dunia pemasaran, baik modern maupun tradisional, social proof merupakan faktor penting dalam meraih kepercayaan publik. Di era pemasaran tradisional, yang bisa kita ambil dari rentang waktu hingga sebelum era internet, social proof yang paling umum adalah lewat mulut ke mulut.

Di era pemasaran modern di saat mulai berkembangnya pemasaran via internet, social proof bisa beragam bentuknya. Namun yang paling umum adaalah penggunaan testimoni dari orang yang telah meggunakan suatu produk. Juga, dengan maraknya penggunaan sosial media, kekuatan selebritits media sosial mempunyai pengaruh untuk menggerakkan pengikutnya menggunakan suatu produk.

Meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online

Menampilkan Informasi Produk dan Pengiriman Sedetail Mungkin

Calon konsumen di era modern sekarang ini memiliki kecenderungan untuk mendapat kepastian apa saja yang mereka dapat saat membeli suatu produk. Begitu juga keingintahuan mereka tentang bagaimana proses pengirimannya. Oleh karena itu kamu harus memberikan informasi sedetail mugkin di website toko onlinemu.

Pertama, lengkapilah lebih dulu deskripsi produk. Banyak toko online yang menjual produk yang sama. Oleh karena itu lebih baik jika kamu meberikan informasi sedetail mungkin tentang produk yang dijual. Karena banyaknya pilihan, konsumen memiliki kecenderungan mencari informasi selengkap mungkin tentang produk yang mereka cari.

Semakin detil produk, kemungkinan terjadinya transaksi akan semakin besar. Informasi ini seperti fitur, komposisi, berat, hingga informasi tentang garansi.

Informasi penting lain yang harus diperhatikan adalah detil pengiriman barang. Ya, konsumen juga menginginkan informasi detil bagaimana proses pengiriman barang yang telah mereka beli. Apabila kamu gagal memenuhi harapan konsumen karena kendala pengiriman, bisa membuat mereka tak lagi mau membeli produkmu. Ini adalah salah satu faktor penting dalam cara meningkatkan keeprcayaan pengunjung website toko online.

Layanan Pelanggan 24 Jam

Layanan pelanggan yang bagus merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis, terutama dalam membangun kepercayaan pelanggan di era belanja online. Konsumen masa kini menyukan perusahaan yang memiliki layanan pelanggan 24 jam. Layanan pelanggan 24 jam ini bukan hanya untuk mengatasi permasalahan yang mungkin timbul dari penggunaan produkmu. Namun juga bagi calon pelanggan yang ingin tahu lebih detail tentang produkmu sebelum meembelinya.

Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki fitur live chat di website toko online. Tak hanya sekedar memiliki fitur live chat, kamu juga harus memiliki tim yang bagus untuk menghandle pelayanan pelanggan. Tim pelayanan pelanggan yang bagus menjadi salah satu kunci cara meningkatkan kepercayaan pengunjung toko online.

Kesimpulan

Itulah tadi beragam cara meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online. Internet marketing merupakan dunia yang selalu berkembang setiap waktu. Hampir semua aspek yang dibutuhkan manusia tersedia di internet. Jadilah bagian dari dunia luas bernama internet dengan membuat websitemu sendiri. Percayakan pembuatan website, membeli domain, dan sewa hosting hanya di IDwebhost. Didukung teknologi terkini dan harga termurah, tunggu apalagi, untuk informasi lebih lanjut, hubungi IDwebhost sekarang!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019