Cara Meningkatkan Keamanan Website Terupdate

19 Apr 2022
Cara Meningkatkan Keamanan Website Terupdate campaign-unlimited

Sahabat IDwebhost, sebagai pemilik website, hacker dan cracker adalah dua hal yang diwaspadai. Keduanya adalah orang yang ahli dalam menyusup, meretas, melihat, mengubah, mencuri, merusak dan  memanipulasi data orang lain. Maka dari itu penting untuk meningkatkan keamanan website.

Cracker dianggap lebih berbahaya dari pada hacker karena mereka bertujuan untuk melakukan kejahatan. Sedangkan hacker dianggap hanya berupaya menembus keamanan dan memberikan informasi terkait pembobolan untuk bisa diperbaiki pemiliknya.

Bedanya adalah, jika cracker murni merusak data atau informasi orang lain, sedangkan hacker meskipun bisa merusak dan memanipulasi data orang lain. Tetapi mereka akan memberikan manfaat untuk pemilik website misalnya.

Tentunya penting untuk mengamankan website Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Caranya dengan meningkatkan keamanan website menggunakan teknologi yang tersedia.

Nah, pada artikel ini IDwebhost akan mengulas berbagai teknologi untuk meningkatkan keamanan website yang harus Anda.

Teknologi Untuk Meningkatkan Keamanan Website

Saat ini ada banyak teknologi keamanan yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan pada website Anda. Website Anda akan lebih terjamin keamanannya dengan berbagai teknologi keamanan dari IDwebhost sebagai berikut:

Hotlink Protection

1. Hotlink Protection

Apa itu Hotlink Protection? Ini adalah tools yang ada di cPanel untuk memblokir website orang dan mencegah file bisa saling terhubung. Mengingat pada sebuah hosting terdapat berbagai macam website yang tergabung dalam satu hosting.

Maka semua file, baik itu gambar dan lain-lain juga menjadi satu dalam satu wadah. Dengan menggunakan Hotlink Protection, maka website Anda tidak akan terhubung secara langsung dengan website orang lain sehingga tidak mempengaruhi bandwidth secara masif.

IP Blocker

2. IP Blocker

Dengan menggunakan tool IP Blocker ini memungkinkan Anda untuk bisa memblokir IP orang lain yang telah Anda tentukan. Dengan melakukan pemblokiran pada IP tertentu tersebut maka tidak akan bisa mengakses situs atau website Anda.

Biasanya digunakan ketika ada orang yang menggunakan sumberdaya yang ada pada website Anda secara berlebihan sehingga membuat website menjadi down. Oleh karena itu bisa dilakukan pemblokiran IP tertentu untuk meningkatkan keamanan website.

Keamanan Website dengan Free SSL

3. Keamanan Website dengan Free SSL

Saat ini sudah banyak website telah menggunakan SSL. Alasannya karena memang SSL sangat berguna untuk memberikan manfaat dari beberapa aspek seperti meningkatkan keamanan website, kepercayaan, SEO, peringkat Google dan lain sebagainya.

SSL alias Secure Socket Layer adalah teknologi untuk memberikan keamanan lebih pada website. Terutama pada transaksi data yang terenkripsi. Ketika website Anda telah menggunakan SSL ,maka URL akan berubah dari HTTP akan menjadi HTTPS.

Keamanan Website dengan Anti Malware Systems

4. Keamanan Website dengan Anti Malware Systems

Malware sendiri adalah sebuah alat yang dibuat dengan tujuan untuk merusak, mencuri dan mengganggu pengguna yang tertarget. Dan tujuannya jahat. Contoh dari malware antara lain seperti Trojan, Virus, dan juga Spyware.

Teknologi hosting terbaik IDwebhost telah dilengkapi dengan Anti Malware Systems, yaitu ketika ada serangan dan ancaman akan langsung muncul notifikasi dan secara langsung akan menangkal malware tersebut.

ModSecurity

5. ModSecurity

ModSecurity adalah firewall berbasis web open source yang bekerja pada modul Apache yang telah tersedia pada server web hosting.

Tujuannya adalah untuk mencegah dan juga mendeteksi jika ada serangan pada sebuah website seperti serangan Brute-force attacks, SQL injection, cross-site scripting dan lain sebagainya.

ModSecurity juga bisa menghentikan atau blocking pada traffic atau request yang memang dianggap berbahaya. Bisa dibilang, ModSecurity bisa diandalkan untuk meningkatkan keamanan website.

Leech Protection

6. Leech Protection

Leech Protection adalah sebuah filter yang akan memberikan keamanan dan melindungi direktori atau folder anda yang ada di cPanel sehingga menjaga dari akses yang tidak memiliki izin.

Untuk mengaktifkan tools ini, Anda bisa langsung masuk ke cPanel dan pada bagian keamanan (security) pilihlah Leech Protection tersebut.

CageFS Security

7. CageFS Security

CageFS Security adalah sebuah fitur keamanan yang dikembangan oleh cloudlinux dan diperuntukan bagi pengguna cloudlinux OS. Fungsinya adalah untuk memberikan perlindungan struktur pada cPanel pengguna yang ada dalam satu server.

Sehingga akun hosting Anda tidak bisa di intip dengan shell script yang bisa digunakan untuk teknik jumping oleh para hacker.

Keamanan Website Anti Virus

8. Keamanan Website Anti Virus

Saat mengunggah file yang diperlukan untuk website terkadang  terkadang juga disertai ancaman. Ancaman tersebut seperti virus, malware, dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlu adanya antivirus yang bisa memfilter dan mendeteksi saat Anda melakukan upload file pada directory hosting Anda.

Antivirus akan mengecek secara otomatis apakah sebuah file yang diupload aman atau tidak sebelum nantinya diunggah pada website.

Baca juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Keamanan Website Anda

Tips Untuk Meningkatkan Keamanan Website Anda

Nah dari poin-poin di atas, kita sudah mengenal teknologi keamanan yang lengkap dan tersedia di IDwebhost untuk memberikan keamanan yang maksimal pada website Anda nantinya.

Beriku tips-tips dasar untuk meningkatkan keamanan untuk website Anda sebagai berikut:

1. Memilih Penyedia Hosting Terpercaya dan Aman

Tips pertama yang paling penting adalah menentukan penyedia layanan web hosting murah terbaik dan yang bisa meningkatkan keamanan website Anda.

Karena semua fitur dan tool yang tersedia adalah bagian dari hosting maka dari itu menentukan penyedia hosting yang tepat adalah langkah terpenting.

Dengan tersedianya berbagai macam fitur keamanan akan memberikan keamanan yang optimal untuk website Anda nantinya. Nah untungnya IDwebhost telah menyediakan banyak fitur dan teknologi terdepan yang selalu update untuk keamanan website pelanggannya.

2. Install Plugin Keamanan Website Anda

Pada setiap platform website, biasanya telah menyediakan plugin yang siap untuk Anda gunakan. Salah satunya adalah WordPress yang menyediakan plugin yang bisa digunakan secara gratis.

3. Gunakan dan Pasang SSL

Memasang SSL menjadi suatu keharusan untuk saat ini. Website tanpa SSL akan cenderung diabaikan oleh pengunjung dan mesin pencari seperti Google. Bahkan Google sendiri lebih memprioritaskan website yang telah menggunakan SSL.

4. Selalu cek dan Update Website Anda

Jika Anda diminta untuk melakukan pembaharuan pada website misalnya WordPress maka ada baiknya untuk melakukan update terlebih dahulu karena disitu ada perbaikan bug dan lain sebagainya.

5. Gunakanlah Username dan Password yang kuat

Kebanyakan hacker seringkali memanfaatkan celah yang berada pada login website. Dengan membuat username dan password yang kuat maka akan sulit untuk ditembus oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu menggunakan karakter dan kombinasi adalah cara yang tepat untuk meningkatkan keamanan website.

6. Lakukan Backup Data

Backup data termasuk hal yang penting. Karena jika sewaktu-waktu ada masalah pada website Anda, akan ada cadangan yang bisa untuk mengembalikan data yang rusak. Penyedia hosting terbaik biasanya menyertakan fitur backup. Selain itu, Anda bisa menginstal plugin backup seperti BackupBuddy, BoldGrid Backup dan lain sebagainya.

Memastikan keamanan website adalah hal yang terpenting bagi pemilik website. Terlebih website toko online atau e-commerce yang memiliki pengguna besar dan juga ada transaksi yang besar juga. Oleh karena itu Keamanan website menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan.

Kesimpulan

Itulah tadi cara meningkatkan keamanan website. Website yang aman sangat penting artinya bagi pemilik website. Pengunjung akan merasa nyaman, sedangkan mesin pencari akan menilai website sebagai web yang trusted.

Nah, untuk Anda yang ingin merasakan memiliki website yang aman, teknologi hosting terbaik IDwebhost adalah pilihan tepat. Ada berbagai jenis hosting yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jangan ketingggalan juga berbagai promo menarik IDwebhost untuk bikin website lebih murah lagi dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013