Panduan Mengubah Timezone Pada Plesk
Blog Tips Keren Panduan Mengubah Timezone Pada Plesk

Panduan Mengubah Timezone Pada Plesk

Control panel adalah sebuah tools yang populer apalagi jika digunakan dalam mengatur seluruh layanan hosting yang Anda gunakan. Dengan adanya tools tersebut, Anda akan dapat melakukan berbagai tindakan, seperti mengatur nama domain yang dimiliki, menginstall aplikasi, membuat dan juga mengatur akun email, mengubah timezone pada plesk, dan lain sebagainya. Agar dapat melakukan kesemua hal tersebut, Anda perlu masuk ke dalam server terlebih dahulu. Namun, jika Anda meggunakan panel, Anda juga harus membutuhkan pengetahuan sama seperti seorang developer. Apalagi jika terjadi satu kesalahan saja, maka seluruh situs milik Anda akan menjadi sangat kacau. Yang menjadi kelebihannya adalah, panel website Anda akan intuitif, sederhana dan juga bisa menghemat waktu Anda.

Mengenal Plesk

mengubah timezone pada plesk

Plesk merupakan sebuah control panel yang tersedia di windows dan linux. Plesk juga menjadi salah satu panel yang terkenal apalagi dikalangan penyedia hosting yang ada di Eropa. Pada intinya, sebenarnya tidak banyak control panel yang ditawarkan agar bisa digunakan di Windows. Maka dari itu, plesk biasa dianggap menjadi salah satu panel yang dikenal nyaman dan mudah untuk digunakan pada windows. Semua pilihan sudah dibagi kedalam beberapa kategori. Pilihan tersebut nantinya akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang ada di sebelah kiri. Beberapa jumlah server juga bisa dikelola dalam satu panel yang sama. Tampilan interface yang sederhana dan juga intuitif sehingga membuat kesemuanya dapat dibuat dalam beberapa klik saja. Fitur yang paling khas dari plesk adalah banyaknya tool optimasi. Tools optimasi tersebut yang nantinya akan membantu dan juga menghemat waktu sehingga Anda dapat fokus ketika dalam mengembangkan sebuah situs website dan tidak perlu khawatir tentang adanya pemeliharaan server. Apalagi Anda juga bisa mengubah timezone dalam plesk.

Keunikan Plesk

Keunikan yang bisa Anda temukan adalah pada tingkatan login yang dilakukan. Terdapat empat tingkatan login yang ada di plesk. Dan kesemuanya mempunyai permission dan juga tanggung jawab yang berbeda-beda.

  1. Administrator merupakan keunikan dengan level tertinggi, bisa membantu Anda dalam mengatur dan juga membangun sistem dan mengelola sejumlah server (jika memungkinkan untuk dilakukan).
  2. Client atau reseller akan memungkinkan untuk membuat dan juga mengatur satu kelompok nama domain, untuk kemudian permissionnya akan diberikan oleh adimistrator
  3. Domain owner yang memungkinkan hanya dapat mengatur nama domain Anda
  4. Mail server dengan level paling rendah, dimana Anda dapat masuk pada antarmuka webmail dan juga mengatur sand, memfilter beberapa spam dan lain sebagainya.

Sebenarnya, control panel dan plesk merupakan panel yang sudah dikenal populer dan paling umum digunakan hampir di seluruh dunia. Tetapi, masih banyak puluhan control panel yang bisa digunakan. Apalagi beberapa perusahaan juga membuat control panel yang bisa digunakan sendiri oleh pelanggan mereka.

Mengubah Timezone pada Plesk

mengubah timezone pada plesk

Setting timezone yang terdapat pada server biasanya menggunakan UTC/GMT secara default. Berikut ini merupakan tips yang bisa digunakan untuk mengubah default timezone yang terdapat pada VPS yang sudah diaktifkan dengan menggunakan Plesk. Langkah-langkahnya adalah:

  • Lakukan login terlebih dahulu ke Plesk Panel domain Anda
  • Kemudian pilihlah tools & settings, dan klik pada System Time
  • Selanjutnya Anda dapat menyesuaikan tanggal, jam dan timezone yang terdapat pada system date and time.
  • Ketika sudah dilakukan pengubahan, maka Anda sudah berhasil mengubah timezone pada plesk.

Mengubah Timezone di Server

Jika Anda menggunakan server yang berasal dari luar negara Indonesia, sudah pasti zona waktu yang digunakan sesuai dengan negara asal. Namun, Anda bisa mengubah zona waktu tersebut sesuai dengan timezone Indonesia (Jakarta). Cara ini sama halnya dengan mengubah timezone pada plesk. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login dengan menggunakan putty.
  2. Ada kalanya untuk mengecek waktu sekarang dengan menggunakan kode: timedatectl
  3. Selanjutnya, cek direktori timezone dengan menggunakan kode: ls -l /etc/localtime nantinya Anda akan mendapatkan informasi berupa /usr/share/zoneinfo atau informasi mengenai direktori timezone.
  4. Kemudian, ubahlah timezone sesuai dengan zona asia atau Jakarta dengan menggunakan kode: ln -sf /usr/share/zoneinfo/asia/jakarta localtime
  5. Terakhir adalah cek kembali waktu yang sudah Anda ubah dengan menggunakan kode: timedatectl

Saat ini zona waktu yang ada di server Anda yang menggunakan cpanel atau plesk atau control panel lainnya sudah disesuaikan dengan zona waktu Indonesia.

Mengubah Timezone pada Plesk Menggunakan htaccess

mengubah timezone pada plesk

Htaccess adalah sebuah ASCII file biasa yang dapat Ada buat dengan menggunakan text editor. Contohnya adalah notepaed atau simple text. Hal tersebut akan membantu para webmaster yang baru dalam memahami file htaccess yang ada. Selain itu, htaccess merupakan sebuah file extensi tanpa nama. Berikut ini merupakan langkah dalam mengubah timezone pada plesk dengan menggunakan htacess:

  1. Masuk lah ke dalam cPanel selanjutnya pilih pada menu file manager yang terdapat pada bagian files
  2. Buka pada direktori public_html, yang mana disana terdapat file .htaccess
  3. Ketika Anda sudah membuka direktori atau folder public_html dan tidak ditemukan file .htaccess akan artinya adalah bahwa file tersebut disembunyikan atau terhidden. Untuk menampilkannya dengan cara menekan button settings.
  4. Berikan centang pada bagian show hidden files dan tekan pada button save
  5. Nantinya, akan muncul file .htaccess dan juga file lain yang tersembunyi. Setelah itu klik kanan dan pilihlah bagian edit agar dalam menyetting atau mengubah konfigurasi timezone pada server Anda.
  6. Anda tidak perlu bingung dengan daftar letak timezone yang akan Anda ubah. Karena semua daftarnya sudah ada dalam link berikut : http://id1.php.net/manual/en/timezones.asia.php

Selanjutnya Mengubah Timezone pada Plesk

mengubah timezone pada plesk

  1. Pada saat membuka link tersebut, nantinya Anda akan dihadapkan pada pemilihan benua mana yang sesuai dengan lokasi Anda. Contohnya Anda memilih Benua Asia sebagai lokasi Anda. Selanjutnya dengan memilih negara lokasi yang Anda inginkan agar bisa menetapkan timezone Anda. Contohnya dengan menetapkan negara Indonesia/Jakarta sebagai lokasi penetapan timezone.
  2. Selanjutnya, masukkan code perintah php_value date.timezone ‘namabenua/namanegara’ ke bagian atas skrip file .htaccess Anda. Contohnya adalah php_value date.timezone ‘Asia/Jakarta’. Klik pada button Save Changes untuk meyimpan pengubahan yang dilakukan.
  3. Buatlah sebuah file phpinfo.php dalam direktori public_html. Tujuannya adalah untuk mengecek timezone yang sudah disetting apakah sudah sesuai atau belum, caranya dengan menekan tombol button +file.
  4. Isikan nama file dengan menggunakan nama phpinfo.php dan Anda juga harus memastikan bahwa letak direktori file yang terdapat pada /public_html dan klik pada button create new file.
  5. Klik pada file phpinfo.php. selanjutnya, masukkan isi pada script phpinfo dan klik pada button save changes agar tidak hilang.
  6. Akseslah file phpinfo dengan menggunakan link berikut nama_domain_website_anda/phpinfo.php.
  7. Terakhir, tekan tombol ctrl+f dan carilah data.timezone. Kemudian Anda harus memastikan jika data.timezone milik Anda sudah sesuai dengan settingan yan Anda buat.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.