Cara  Mudah Mengubah Port SSH di Webuzo Untuk  Pemula
Blog Tips Keren Cara  Mudah Mengubah Port SSH di Webuzo Untuk Pemula

Cara  Mudah Mengubah Port SSH di Webuzo Untuk Pemula

Bagaimana cara paling mudah mengubah Port SSH di webuzo memang seringkali menjadi pertanyaan. Sebagai pengguna website Anda tentu harus rajin mengubah port standar karena jika dipakai dalam waktu lama cenderung tidak aman. Terlebih jika Anda memanfaatkan website untuk bisnis, maka harus sangat memperhatikan SSH. Meski begitu banyak orang yang juga  mempelajari cara mengubah port SSH, salah satunya di webuzo.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, pasti sudah sangat memudahkan kita sebagai pengelola website yang salah satunya untuk bisnis online. Sekarang ini kita bisa mengontrol perangkat meski jaraknya sangat jauh. Hal ini adalah karena adanya SSH atau yang lebih dikenal dengan secure shell connection. Adanya SSH ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan remote server yang akan dengan mudah terkoneksi dengan jaringan Internet.

Apa Itu SSH?

SSH (Secure Shell ) merupakan sebuah protokol administrasi yang memungkinkan user untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH juga menggunakan kriptografi kunci publik untuk mengotentikasi komputer remote dan membiarkan komputer remote untuk mengotentikasi pengguna.

Dengan mengandalkan SSH, maka Anda bisa melakukan log ini lebih aman meski dari jarak jauh. ke sistem operasi Linux. Hal ini karena koneksinya menggunakan kriptografi yang aman sehingga sangat sulit untuk di-hack. Yang menjadi hal yang paling mendasar dari penggunaan protokol SSH adalah untuk mengakses komputer Linux dan melakukan beberapa perintah dasar melalui command line.

mengubah port ssh

Website yang aman akan membuat orang lain lebih aman ketika berkunjung. Dan ini tentu saja terlihat lebih profesional. Dalam hal ini Anda juga perlu mengubah port SSH karena beberapa port standard yang dipakai terkadang tidak cukup aman karena sudah banyak yang tahu. Untuk mengantisipasi hal itu maka diperlukan penggantian port SSH di dalam server Linux agar hanya Anda sendiri yang tahu.Mengubah port SSH juga akan mengantisipasi orang iseng atau bots yang ingin melakukan log in ke dalam server.

Bagaimana Cara Kerja Port SSH?

Seiring banyaknya pengguna website yang sudah mengubah port SSH, pastinya banyak orang yang penasaran tentang bagaimana cara kerja port SSH. Cara kerja protokol SSH ini adalah dengan menggunakan model client-server, maka koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client adalah sebuah aplikasi yang dipakaia untuk mengubungkan sistem operasi dengan SSH server. Sedangkan SSH server adalah suatu software yang berfungsi untuk menerima request dari client yang bertugas mendeskripsi enkripsi client dan menjalankan perintah yang diinstruksikan client.

SSH client nantinya akan melakukan proses koneksi dan menggunakan kunci kriptohgrafi untuk melakukan verifikasi dan mengindentifikasi SSH server. Yang perlu Anda perhatikan di sini adalah selama kunci yang dipakai SSH client tidak sama dengan SSH server, maka koneksi tidak akan pernah tersambung. Sehingga harus ada korelasi antara SSH client dan  SSH server. SSH client dan SSH server hanya bisa tersambung dengan menggunakan kunci yang sama dan harus melalui verifikasi. Nantinya koneksi ini akan tersambung dienkripsi menggunakan symmetric encryption dan hashing algorithm. Proses enkripsi inilah yang nantinya bertujuan untuk memastikan kerahasiaan dan keutuhan data yang dipertukarkan antara client dengan server.

Setelah itu nanti keduanya akan melakukan negosiasi atau verifikasi koneksi dan memulai membuka koneksi yang aman. Dengan begitu maka  SSH client sudah dapat masuk ke dalam server dengan pertukaran data yang harus terus dienkripsi. SSH sangat penting untuk dipelajari. Terlebih bagi Anda yang sering berhubungan dengan koneksi client-server. Salah satu alasan mengapa SSH sangat penting adalah karena mampu mengamankan pertukaran data yang sedang terjadi dengan menggunakan berbagai macam teknologi enkripsi yang diperolehnya. Hal ini akan semakin aman jika Anda mengubah port SSH di webuzo.

Bagaimana Cara Mengubah Port SSH di Webuzo?

Webuzo merupakan kontrol panel pengguna tunggal yang menggabungkan aplikasi dan skrip berbasis server. Dan ini sangat mudah digunakan. Apalagi jika Anda mampu mengubah port SSH di webuzo. Dan caranya pun sangat mudah.

Berikut cara mudah mengubah port SSH di webuzo.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan login terlebih dahulu ke panel webuzo.

2. Langkah selanjutnya adalah dengan klik menu security atau SSH.

3. Kemudian  Anda hanya tinggal mengubah port SSH yang ada di kolom change port SSH menjadi 65001.

4. Setelah itu Anda bisa langsung klik edit SSH / SFTP setting.

5. Pada bagian ini Anda bisa langsung merubah port SSH menjadi angka berapa saja. Anda bisa mengganti angkanya antara 49152 sampai dengan 65535.

6. Kemudian langkah yang terakhir adalah dengan mengonfirmasi dengan klik OK dan selesai. Anda berhasil mengubah port SSH di webuzo.

mengubah port ssh

Fungsi Lain Dari SSH Yang Harus Diketahui

SSH banyak dimanfaatkan oleh berbagai jaringan admin di beberapa belahan dunia untuk mengontrol web dan jenis jaringan lainnya seperti WAN. Tak hanya berfungsi sebagai pengganti protokol, namun SSH juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya yaitu;

1. Sebagai otentifikasi dan mekanisme. Hal ini untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman. Ini untuk mengantisipasi terjadinya penipuan karena sekarang banyak orang yang sengaja melakukan penipuan melalui data yang ada di internet.

2. Untuk melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim agar lebih aman.

3. Memiliki fungsi sebagai protokol untuk penukaran data dalam suatu jaringan.

4. Memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar yang mengetahui hanyalah pengirim dan penerima. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penipuan data yang dilakukan oleh orang-orang yang ingin mencuri data pengirim maupun penerima.

5. Menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan.

Jika dilihat dari segi manfaat, SSH bisa digunakan untuk keamanan data pada komputer Anda ketika sedang mengakses internet. Dengan adanya akun SSH sebagai perantara koneksi internet Anda, maka akan memberikan enkripsi pada semua data yang terbaca. Setelah benar-benar aman maka akan langsung mengirimkannya ke server lain.

Tak hanya itu saja, SSH juga mempunyai kemampuan untuk melakukan port forwarding yang bisa memungkinkan Anda untuk melakukan koneksi aplikasi TCP dan melakukan koneksi dengan melalui firewall atau proxy setempat.

Itulah cara mudah mengubah port SSH di webuzo. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.