Mengubah Mode Webmail Horde dan Roundcube di Plesk
Blog Tips Keren Mengubah Mode Webmail Horde dan Roundcube di Plesk

Mengubah Mode Webmail Horde dan Roundcube di Plesk

Bagi banyak orang, memilih aplikasi yang akan dijadikan aplikasi webmail default akan sedikit membingungkan. Terutama jika Anda tidak mengetahui perbedaan aplikasi webmail yang disediakan oleh Plesk. Perbedaan ini umumny juga tidak terlalu kentara, dan apa yang dipilih umumnya bergantung pada preferensi pribadi. Dan tentunya yang dirasa fiturnya berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Secara default, Plesk mendukung dua aplikasi webmail. Yaitu Horde dan Rouncube. Belum lagi ada beberapa aplikasi webmail pihak ketiga yang memang mampu berjalan di Plesk. Antara lain MailEnable Web Client, SmarterMail Web Client, dan IceWarp Mail Server Web Client. Hanya saja pada artikel ini, yang akan banyak dibahas adalah tentang Horde dan Rouncube.

Mengapa Harus Mengubah Webmail?

Mengubah Mode Webmail Horde

Saat Anda ingin mengelola email dengan alamat domain sendiri, umumnya Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan layanan webmail diatas. Namun karena Plesk hanya mendukung Horde dan Rouncube, pertanyaannya adalah, mana yang terbaik diantara keduanya? Horde atau Rouncube?

Sebelum memutuskan mengubah webmail Plesk Anda dari Horde ke Rouncube berikut ini IDwebhost berikan ulasan singkatnya hanya untuk Anda:

Horde

Horde adalah sebuah aplikasi webmail populer yang berbasis open source, yang pada dasarnya dapat Anda gunakan secara gratis. Secara umum, Horde dapat memudahkan Anda untuk bisa menerima, mengirim, dan mengorganisasi setiap email yang ada di dalamnya.

Webmail client yang satu ini juga didukung oleh PGP Encryption dan Signing. Keduanya adalah fitur yang bisa memberikan jaminan keamanan dan privasi penuh untuk Anda. Pun, Anda bisa dengan mudah mengaksesnya dari semua perangkat. Baik dari desktop maupun perangkat mobile.

Keunggulan Horde

  • Interface

Horde memiliki dasbor dan tampilan antarmuka yang sederhana namun cukup menarik. Apa yang menarik dari Horde? Yang membuatnya menarik adalah, Anda dapat melihat preview setiap informasi dari setiap menunya.

Dari layanan webmail ini, Anda juga bisa mengetahui cuaca berdasarkan lokasi negara. Tak ketinggalan jika ada event dan task apa saja yang perlu dituntaskan. Anda dapat melihatnya di kolom Calendar dan Task.

Dengan adanya fitur preview di dasbor, Anda bisa mendapatkan banyak informasi penting secara ringkas. Tak harus membuka satu per satu menu yang ada .

  • Komposisi Email

Untuk menulis pesan baru, Anda bisa memilih menu Mail pada bar paling atas halaman. Setelah masuk ke halaman penulisan, Anda bisa melihat tampilan yang bersih dan ringkas. Di dalamnya juga tersedia fitur editor untuk memudahkan Anda menulis pesan.

  • Fitur Pengaturan Email

Di Horde Anda bisa mengatur setiap pesan email masuk dan keluar secara terorganisasi. Misalnya dengan membuat folder yang berisi pesan-pesan penting, email yang sudah terbaca, dan hal penting lainnya.

Horde juga punya beberapa fitur pendukung lainnya. Antara lain Horde Calendar, Horde Task List, Horde Notes, dan Address Book.

Webmail Rouncube

Sama halnya seperti Horde, RoundCube adalah aplikasi webmail client gratis, yang berbasis sumber terbuka alias open source. Pemakaiannya pun juga sangat mudah, berkat adanya fitur drag and drop yang dimilikinya.

Untuk masalah keamanan, Roundcube juga selalu menjamin privasi dan proteksi penuh dengan dukungan enkripsi PGP (Pretty Good Privacy).

Berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki Roundcube:

  • Interface Roundcube

Tampilan interface yang dimiliki oleh Roundcube sedikit berbeda dengan Horde. Jika Horde memiliki dasbor utama, Roundcube akan langsung membawa Anda ke halaman inbox email pada ketika login. Jadi,Anda tidak akan menemukan dasbor yang berisikan kolom preview dari email, kontak, to do list, dan hal lain pada Horde.

Hanya saja, tampilan inbox Roundcube terkesan memiliki kesan yang lebih modern dan bersih, dengan dukungan fitur drag and drop. Anda bisa membaca isi email hanya dengan mendrag, ke kolom tanpa harus membukanya.

  • Komposisi Email

Roundcube mempunyai berbagai fitur editor yang kurang lebih sama dengan Horde. Mulai dari pengaturan font, penambahan attachment, menulis pesan dengan format HTML, dan lain sebagainya.

  • Fitur Pendukung Lainnya

Tak kalah dengan Horde, Roundcube menyediakan banyak fitur untuk membuat email yang lebih terorganisasi. Misalnya saja, memindahkan pesan email ke trash, junk, dan archieve. Antara lain Roundcube Calendar, Contact Management, dan lain sebagainya.

Cara Mengubah Mode Webmail Horde dan Roundcube di Plesk

Berikut ini adalah langkah mengubah mode webmail horde dan roundcube di Plesk yang bisa Anda coba:

1. Masuk Ke Menu Mail Mail Settings Klik Nama Domain

Mengubah Mode Webmail Horde

Dalam tahapan pertama, yang perlu anda lakukan hanyalah dengan masuk ke menu mail settings lalu klik nama domain yang anda miliki.

2. Pilih Aplikasi Yang Tersedia (Horde Atau Roundcube)

Untuk tahapan berikutnya dalam penerapan mengubah mode webmail horde dan roundcube di Plesk

3. Klik OK Untuk Apply Perubahan Yang Dilakukan

Pada tahapan berikutnya mengubah mode webmail horde dan roundcube di Plesk yang perlu anda lakukan adalah dengan memilih OK kemudian Apply untuk perubahan yang ingin anda lakukan

4. Akses Webmail Dan Lakukan Login Secara Langsung

Pada langkah terakhir dalam mengubah mode webmail horde dan roundcube di Plesk tersebut, yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba untuk mengakses webmail tersebut. Kemudian, silakan login ke webmail tersebut.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Reseller Online

Mana yang Lebih Baik, Horde atau Roundcube?

Mengubah Mode Webmail Horde

Menentukan webmail apa yang tepat diantara Horde versus Roundcube, hal yang menjadi perhatian adalah menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berbagai fitur yang dimiliki oleh Horde maupun Roundcube diatas bisa Anda jadikan pertimbangan. Pemilihan webmail yang digunakan di juga bergantung dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan Linux, Anda bisa menggunakan Horde dan Linux. Sedangkan jika Anda adalah pengguna Windows, maka yang sudah terinstall secara otomatis adalah Horde. Namun, tentu Anda masih bisa menggunakan beberapa aplikasi webmail yang lainnya.

Kesimpulan

Itulah tadi cara mengubah mode webmail Horde dan Roundcube di Plesk. Plesk, tentu saja tidak kalah dari cPanel, adalah salah satu panel kontrol website yang terbaik. IDwebhost, sebagai salah satu web hosting murah terbaik Indonesia, juga memiliki pilihan paket hosting yang menggunakan Plesk Panel.

Tunggu apalagi, go digital sekarang juga dengan berlangganan doman dan hosting murah hanya di IDwebhost.

 

 

 

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.