Cara Mudah Menghubungkan Domain ke VPS Untuk Pemula
Blog Tips Keren Cara Mudah Menghubungkan Domain ke VPS Untuk Pemula

Cara Mudah Menghubungkan Domain ke VPS Untuk Pemula

Cara mudah menghubungkan Domain ke VPS sebaiknya harus dipelajari oleh para pengguna website. Anda yang saat ini sedang memaksimalkan website, ada baiknya jika mengetahui bagaimana cara menghubungkan  domain ke VPS. Website saat ini sudah banyak digunakan untuk berbagai bisnis, salah satunya adalah bisnis online yang sudah familiar di kalangan anak muda.

Bagi Anda yang sudah lama di dunia website dan hosting, pastinya sangat tahu betapa pentingnya domain pada sebuah website. Domain merupakan istilah yang sangat populer yang ada di dunia maya. Ini juga bisa dibilang sebagai identitas pada sebuah website. Untuk memudahkan webiste dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website harus menggunakan domain.

Pentingnya Memiliki Domain

Domain sangat penting, terutama bagi Anda yang memiiki bisnis online. Selain itu, Anda yang berprofesi sebagai Blogger dan Influencer juga harus memiliki domain. Seberepa penting memiliki domain? Berikut pentingnya domain untuk Anda yang ingin memaksimalkan sebuah website.

menghubungkan domain ke VPS

1. Menjaga Keamanan Sebuah Brand.

Anda yang memiliki online shop sebaiknya barus memiliki domain demi keamanan  brand pribadi. Di luar sana mungkin banyak orang ingin menjaga reputasi terbaik untuk brandnya, tapi lupa bagaimana cara menjaga keamanan sebuah brand. Bahkan ada brand yang sudah populer namun tidak memakai domain sehingga dimanfaatkan untuk orang jahat yang ingin mengambil keuntungan dari brand Anda. Dan yang paling parah adalah ketika mereka menjual website Anda lantaran tidak menggunakan domain. Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya Anda membeli domain, tak harus yang mahal, yang penting berkualitas.

2. Personal Branding.

Personal branding memang sangat penting di dunia maya. Terlebih bagi Anda yang ingin memaksimalkan website jualan online. Jika dilihat sekarang ini, di luar sana banyak orang yang berhasil karena menciptakan nilai diri yang baik di sosial media sehingga banyak menjadi inspirasi. Anda yang fokus dengan bisnis online yang sedang Anda jalani sebaiknya juga memanfaatkan personal branding demi kemajuan bisnis online.

Kehadiran dunia maya sangat membantu orang-orang yang ingin memaksimalkan brandnya. Tapi hal tersebut juga harus didukung dengan domain yang menarik agar menjadi personal branding yang kuat. Jika Anda menggunakan domain pribadi, maka brand Anda akan semakin mudah dicari dan lebih dianggap profesional. Bagi seorang Blogger atau Influencer, memakai domain yang sesuai juga akan menjaga reputasi di dunia maya.

3. Meningkatkan Kepercayaan.

Meskipun masih dianggap tabu bagi beberapa orang, tapi jika Anda sudah memiliki website maka secara tidak langsung kredibiltas dan kepercayaan akan semakin meningkat. Toko online yang Anda kembangkan akan semakin dikenal jika Anda memiih domain yang tepat. Tak hanya itu saja karena banyak Blogger yang juga membuat domain sendiri agar lebih dipercaya brand lain yang ingin menggaetnya. Anda yang berprofesi sebagai Blogger dan Influencer, memiliki domain pribadi juga akan membuat Anda populer tak hanya di dunia maya tetapi juga di mana saja.

4. Peluang Yang Semakin Bertambah.

Kehadiran website sekarang ini semakin dimanfaatan oleh Blogger dan Infuencer dalam mencari peluang. Semakin Anda pandai memanfaatkan website, maka peluang akan semakin banyak. Hal ini tentu saja harus diimbangi dengan memilih domain yang tepat. Memakai domain yang tepat bukan berarti harus yang mahal karena Anda bisa membelinya di IDwebhost yang menyediakan domain tak hanya murah namun juga berkualitas.

Dengan melihat seberapa pentingnya domain, maka Anda akan memilih untuk segera membeli domain pribadi agar terlihat lebih profesional. Dalam hal ini tak hanya domain saja yang penting. Anda harus menghubungkan domain ke VPS.

menghubungkan domain ke VPS

Cara Mudah Menghubungkan Domain ke VPS

Setelah menemukan banyak pertanyaan seputar  bagaimana cara paling mudah mengubungkan domain ke VPS, maka kali ini Anda bisa mencobanya. Hal paling utama yang bisa Anda lakukan adalah memiliki domain yang aktif dan memiliki IP VPS. Jika Anda sudah tahu IP VPS, maka yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Login Client Area.

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah dengan login di client area IDwebhost. Pastikan Anda sudah terdaftar, jika belum  maka lakukan register terlebih dulu. Jika sudah memiliki akun, maka Anda hanya perlu memasukkan Usernam dan password.

2. Pilih Domain Yang Anda Inginkan.

Jika Anda memiliki beberapa domain, maka pilih salah satu yang Anda inginkan. Setelah itu kemudian klik nama domain tersebut.

3. Mengarahkan Nama Server.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengarahkan nameserver ke default. Di sini Anda bisa langsung klik pada opsi “Use Default Nameserver”. Jika Anda tidak bisa mengubah nameserver setelah diklik, maka domain tersebut telah menggunakan nameserver default. Jadi tidak perlu mengotak-atik lagi.

4. Buka Menu DNS Zone Manager.

Fungsi dari DNS Manager di sini adalah untuk mengatur domain ingin diarahan kemana. Di sini Anda hanya perlu memilih menu Addsons, lalu klik Manage pada opsi DNS Zone Manager. Nantinya di menu DNS Zone Manager akan ada pengaturan A Record dan CNAME record.

menghubungkan domain ke VPS

5. Menghubungkan Domain ke VPS.

Pada poin ini, Anda bisa langsung menghubungkan domain ke VPS. Carannya adalah dengan mengarahkan A record ke IP Adress VPS. Yang Anda lakukan adalah dengan cara klik, Add New Record, kemudian tambahkan IP Address VPS pada bagian Value. Setelah itu klik Save Changes.

Setelah selesai, kemudian arahkan CNAME record agar bisa diakses dengan www. Pada bagian Host Name, silakan ketikkan www. Pada  bagian Value, silakan tuliskan nama domain Anda. Jika sudah, silakan langsung klik Save Changes.

6. Domain Sudah Berhasil Terhubung Ke VPS.

Langkah selanjutnya adalah Anda hanya tinggal menunggu hingga masa propagansi selesai. Dan selesai sudah cara menghubungkan domain ke VPS. Jika Anda memiliki lebih dari satu domain, maka Anda juga bisa mengarahkan semuanya ke VPS. Suatu domain bisa diarahkan kemana saja sesuai dengan keinginan.

Ketika Anda ingin memaksimalkan website, maka akan terasa kurang lengkap jika belum membeli domain. Hal ini karena domain sangat penting dan tidak boleh dilupakan ketika memutuskan untuk membuat website. Jika Anda masih ragu mau beli domain di mana, maka pilihan terbaik hanya di IDwebhost.

Selain menyediakan paket VPS, IDwebhost juga menyediakan jasa pembuatan website untuk kamu yang membutuhkan website.