Menghasilkan Uang Dari Facebook. Mengapa Tidak?
Blog Tips Keren

Menghasilkan Uang Dari Facebook. Mengapa Tidak?

Media sosial merupakan salah satu contoh terobosan paling populer yang terjadi dalam dunia di era digital saat ini. Siapa sih yang tidak memiliki dan mengenal apa itu Facebook, Instagram ataupun Twitter? Ya, media sosial berhasil menjadi fenomena yang meramaikan kehidupan kita. Namun tahukah anda bahwa media sosial bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain belaka melainkan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis juga? Contoh saja media sosial yang paling populer saat ini yaitu Facebook yang bisa sebagai tempat untuk menghasilkan uang dari Facebook.

Mayoritas orang mungkin mengira Facebook hanya lah sebagai website social networking belaka dan Anda menggunakannya hanya sebagai hiburan untuk mengisi waktu luang. Hanya sebagian orang yang tahu kalau Facebook ternyata juga bisa digunakan untuk memperoleh uang. Tapi hal ini hanya mungkin terjadi apabila Anda memiliki strategi yang tepat dan mengikuti langkah-langkah panduannya. Facebook telah menjadi pasar yang besar dan bila Anda mempelajari bagaimana monetisasi pasar ini, maka Anda akan bisa mulai mendapatkan keuntungan yang besar dan memuaskan.

 

Mendapatkan uang dari Facebook
IDwebhost

Facebook sebagai tempat network marketing

Facebook merupakan media sosial yang paling populer di dunia saat ini. Media sosial yang dimiliki Mark Zuckenberg ini memiliki lebih dari 1 milyar pengguna dan 5 kali lebih populer daripada jaringan sosial lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara network marketing untuk Facebook yang baik dan benar:

1. Ciptakan profil Facebook yang menarik

Ketika seseorang kenal, suka, dan percaya pada Anda, mereka ingin mendengar lebih banyak tentang bisnis Anda. Profil Anda akan membuka kesempatan ini ketika Anda menggunakan gambar profil, gambar cover, dan bagian “about” dengan tepat. Pilih gambar profil yang memberikan kesan profesional. Lalu juga gunakan gambar cover untuk menunjukkan kepribadian Anda. Dan buat bagian “about” yang lengkap agar membuat Anda lebih dipercaya.

2. Posting untuk publik pada Facebook

Tujuannya untuk memberi teman tahu apa pekerjaan Anda dan bagaimana Anda bisa membantu mereka. Misalnya bila Anda seorang makelar, Anda bisa posting, “Hai semua, mungkin beberapa dari kalian sudah tahu, saya suka membantu orang menemukan rumah impian mereka. Bila Anda tahu ada seseorang yang butuh bantuan saya, silahkan kontak saya.”

3. Menggunakan Facebook messenger

Facebook messenger seperti email, tapi lebih baik. Bila sebelumnya Anda berbicara pada orang yang Anda prospek, dan Anda siap untuk bicara pada mereka lagi, Anda bisa dengan cepat mereview semua percakapan sebelumnya lewat fitur ini. Bila Anda belum bicara pada seorang teman cukup lama, pastikan untuk kembali membangun hubungan terlebih dulu. Tentu Anda tidak ingin mereka merasa terganggu bukan?. Anda bisa coba basa-basi dan katakan, “Hai, apa kabar? sudah lama ya kita tidak bicara, ” Hanya bicara tentang produk Anda jika mereka bertanya balik tentang apa pekerjaan Anda.

4. Jaga percakapan tetap berlanjut

Setelah membangun kembali hubungan anda dengan kolega, tentu akan terasa lebih menyenangkan bukan?. COba ucapkan terima kasih pada mereka untuk respon yang mereka berikan. Sediakan informasi tambahan berupa gambar, video, dan rincian dari tawaran Anda, dan beritahukan apa langkah selanjutnya.

 

Mendapatkan uang dari Facebook
idwebhost

5. Tetap berhubungan

Hanya masalah waktu hingga teman ingin menggunakan produk atau jasa dari Anda. Coba tetap jaga hubungan di Facebook dengan menerbitkan konten berkualitas dan berinteraksi dengan postingan teman Anda. Seimbangkan posting konten antara bisnis dan personal. Jika terlalu berat salah satunya akan menghasilkan kegagalan. Bersikaplah personal sebanyak 80 persen. Orang cenderung melakukan bisnis dengan mereka yang memiliki hubungan baik, jadi posting tentang apa yang ada di pikiran Anda. Lalu posting tentang bisnis sebanyak 20 persen.

6. Perbanyak teman atau koneksi untuk perbanyak pemasukan

Dengan lebih dari 1 milyar pengguna, Facebook memiliki jumlah orang yang tak terbatas untuk diajak bicara bila Anda memiliki waktu untuk membangun hubungan. Facebook’s Graph Search menjadi solusi dengan membuka seluruh database ke Anda. Sekarang yang Anda butuhkan hanya waktu untuk mencapai dan membangun hubungan.

7. Buat grup Facebook

Anda bisa melakukan banyak hal besar ketika berkumpul dengan kelompok orang dengan passion dan bekerja untuk tujuan yang sama. Dan itu semua bisa dilakukan dengan membuat grup Facebook. Setelah membentuk grup, buat postingan setidaknya 5 kali dalam seminggu. Postingan bisa berupa pertanyaan, kata-kata motivasi, polling, gambar, atau juga video. Selalu like dan komentari postingan orang lain juga. Grup ibarat event langsung yang terjadi dalam 24 jam setiap hari. Ketika berjalan dengan baik, ini akan menjadi langkah kesuksesan Anda.

Cara Menghasilkan uang dengan iklan afiliasi dan iklan link

1. Temukan program afiliasi atau program iklan link

Program afiliasi menyediakan ID unik dan materi marketing, dan kemudian memberi Anda komisi berdasarkan berapa banyak bisnis yang Anda gerakkan. Jadi coba temukan website marketing afiliasi yang bagus dan mulai mendapatkan keuntungan.

  • Mayoritas website yang Anda dengar menawarkan program ini. Karena tidak ada biaya yang Anda bayarkan ke website untuk melakukan ini, praktis tiap orang bisa menjadi afiliasi untuk sebanyak mungkin situs yang mereka mau.
  • Mulai dengan merek terkenal. Amazon menawarkan program afiliasi yang kompetitif dan membayar persentase untuk tiap pembelian yang orang lakukan setelah klik melalui post Anda
  • Tambahkan dalam progam yang lebih kecil. Meski kurang menjanjikan menghasilkan uang pada jangka waktu tertentu, Anda bisa memperbanyak dan secara perlahan meningkatkan pemasukan afiliasi dengan menawarkan layanan iklan ke banyak bisnis yang berbeda.

2. Sign up

Mendaftar merupakan langkah berikutnya untuk mendapatkan uang dari Facebook. Setelah Anda memutuskan untuk memasarkan sebuah perusahaan sebagai afiliasi, cari website perusahaan tertentu  dan isi formulir yang diminta. Ini biasanya gratis, dan hanya butuh beberapa menit. Jangan pernah mau membayar untuk menjadi afiliasi.

3. Tambah akun

Buat akun Facebook untuk tiap program afiliasi atau kelompok program yang dimana anda sudah daftar tadi. Dengan begitu orang akan mengikuti halaman Anda berdasarkan hal yang menarik bagi mereka, bukan sign up untuk satu halaman penuh berisi banyak iklan berbeda.

4. Tulis Konten yang bagus

Langkah berikutnya untuk menghasilkan uang dari Facebook adalahTulis konten berkualitas di fan page dan dekatkan diri dengan sebanyak mungkin user. Setelah halaman Anda mulai mendapat respon bagus dan jumlah like yang banyak, Anda bisa masuk ke langkah selanjutnya.

 

Mendapatkan uang dari Facebook
idwebhost

 

5. Buat website yang berhubungan dengan fan page anda

Sekarang buat sebuah website berkaitan dengan topik fan page Anda.

  • Tambahkan konten ke website dan post di halaman Facebook
  • Tambahkan iklan untuk menghasilkan uang dari Facebook dan pastikan website Anda terlihat bagus
  •  Tambahkan konten berkualitas ke website secara teratur agar mendapat lebih banyak pengunjung.

Nah berikut tadi merupakan beberapa cara mudah untuk menghasilkan uang dari Facebook.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.