Cara Menghasilkan Uang dari Blog atau Website
Blog Tips Keren

Cara Menghasilkan Uang dari Blog atau Website

Banyak cara di zaman sekarang ini untuk dapat menghasilkan uang. Termasuk menghasilkan uang dari blog. Dahulu blog bukanlah sebuah profesi yang benar-benar digeluti. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, anda bisa menghasilkan uang dari blog dalam jumlah yang banyak. Bahkan bisa melebihi penghasilan orang pada umumnya.

Jika dahulu blog semata-mata mendapatkan penghasilannya dari traffic atau jumlah pengunjung. Sekarang blog menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari personal branding dan juga sarana untuk menemukan networking dan menunjukkan skill supaya mendapatkan sebuah project yang tentunya akan menghasilkan uang bukan hanya berasal dari traffic saja. Di sini kami akan memberikan beberapa step by step yang mudah dipahami supaya anda bisa menjadi seorang jutawan hanya dengan melalui blog, sebagai berikut:

1. Buat Blog Sekarang Juga!

 

penghasilan tambahan dari blog
IDwebhost

 

Anda tidak ada waktu untuk berpikir ulang. Segera buat dan rancang blog anda saat ini juga! Untuk anda yang masih newbie atau pemula, banyak beberapa pilihan platform gratis ataupun berbayar yang dapat anda manfaatkan untuk anda belajar menjadi blogger atau menjadi sarana anda untuk ngeblog diantaranya seperti Blogger, WordPress, Medium dan lain sebagainya.

Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya wordpress, bisa dikatakan merupakan platform yang paling popular dan paling banyak digunakan karena tersedia banyaknya tema dan juga plugin yang dapat membantu anda untuk mempercantik tampilan blog anda serta mudah digunakan.

Contoh lainnya yaitu Blogspot juga memiliki kelebihan seperti adanya fitur-fitur khusus yang disediakan oleh google, tema pada blogspot ringan dan juga mempunyai akses yang cepat. Kedua platform tersebut tersedia gratis.

WordPress  menawarkan berbagai paket dari yang gratis sampai yang professional berbayar yang mau tidak mau anda harus melakukan upgrade dengan cara membeli hosting untuk dapat menggunakan fitur yang melimpah secara maksimal. Sedangkan blogspot, anda cenderung hanya cukup membeli domain saja supaya anda bisa menghasilkan uang dari blog.

2. Good Blog = Good Looking

Setelah anda memiliki blog, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu memperbaiki tampilan blog anda. Good Blog = Good Looking. Benar tidak ? Sama hal nya dengan anda memandang manusia pada umumnya, siapa sih yang tidak suka dengan penampilan yang tampan atau cantik?.

Begitupula dengan blog, tampilan sangat penting supaya para pengunjung tidak bosan dan bisa berlama-lama membaca tulisan dan juga betah dalam mengeksplorasi blog yang anda miliki. Blog anda tidak harus ramai dengan berbagai fitur yang canggih, yang  terpenting yaitu tulisannya jelas, nyaman, dan bermanfaat serta juga membuat pengunjung betah berlama-lama disana. Jika bisa anda sesuaikan dengan kepribadian tulisan yang ada di blog supaya nantinya anda bisa menghasilkan uang dari blog situ.

3. Konten adalah segalanya

 

mudah menghasilkan uang dari blog
IDwebhost

 

Konten adalah segalanya memang merupakan kebenaran yang hakiki. Percuma jika tampilan blog keren dan kekinian banget tetapi isi kontenya tidak menarik dan edukatif. Bagaimana cara untuk meningkatkan isi konten yang baik adalah dengan anda banyak membaca dan juga banyak melakukan blogwalking (istilah jalan-jalan ke blog atau website orang lain).

Dengan mengeksplorasi, anda akan mengetahui kabar berita yang sedang hangat saat itu, apa yang dibahas orang-orang dan juga anda akan menemukan gaya tulisan yang disukai orang. Tidak harus dengan meniru, anda harus bisa membuat konten sesuai dengan cara anda. Mulai dari tulisan, deskripsikan kesukaan anda, dengan begitu konten dalam blog anda akan unik dan anda akan mengerjakannya dengan senang hati tanpa merasa tertekan. Barulah anda bisa menghasilkan uang dari blog.

4. Berbagi di Media Sosial

Jika anda mempunyai media social, jangan hanya diperuntukkan untuk melakukan selfie saja. Tetapi jadikan sarana untuk menceritakan karya anda yang terdapat di blog. Bagikan pemikiran dan tulisan anda supaya dikenal orang. Bisa jadi jika postingan anda menginspirasi dan bermanfaat bagi semua orang maka sangat mungkin bisa jadi postingan anda menjadi trending dan viral. Anda mengenal Raditya Dika bukan? dia hanya berbekal blog dengan jenis postingan humor yang mengedukasi tetapi konsisten, sekarang sudah menjadi seorang creator papan atas. Jadi tidak ada yang tidak mungkin bagi anda.

5. Atur Konten Anda

Atur konten yang dimaksud adalah konsistensi dan juga memaksimalkannya supaya anda dapat menghasilkan tulisan sesuai pengetahuan dan bakat anda secara terus menerus. Tetapi sebelum itu, anda harus belajar terlebih dahulu bagaimana cara untuk menyampaikan, cara mempromosikan, dan bagaimaan supaya blog anda trafficnya tinggi.

Jika blog anda sudah mulai memiliki trafik yang tinggi, anda bisa mendaftarkan di Google Adsense. Anda bisa membaca cara memasang google adsense di sini. Selain mendaftarkan di google andsense, anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mem”boost” tulisan di blog anda atau dikenal dengan nama OFF Page SEO.

Anda juga bisa memaksimalkan traffic secara alami dengan anda membuat konten dengan keyword paling sering dicari atau popular di internet. Pastikan konten yang anda buat berkualitas ya. Seperti apa sih konten yang berkualitas? Konten yang berkualitas merupakan konten yang profitable dan bermanfaat bagi banyak orang. Misalnya blog anda berisi tutorial, cara melakukan sesuatu, solusi suatu permasalahan. Biasanya sebuah blog dengan konten demikian akan banyak dicari oleh pengguna internet.

Selain itu juga dapat belajar dari artikel Traffic Transformation Guide by Lena Gott untuk menaikkan traffic blog anda. Tidak hanya itu, anda bisa juga memanfaatkan afiliasi marketing. Selengkapnya tentang affiliasi marketing di sini ya.

6. Terakhir, Kumpulkan Email dan Followers Sebanyak mungkin!

mendapatkan uang dari blog
IDwebhost

Apa sih maksudnya itu? Dengan anda memiliki banyak email dan folllowers, anda bisa dengan mudah membagikan kepada mereka postingan terbaru anda. Istilahnya diera sekarang yaitu email marketing, Dengan fitur ini, anda bisa menyampaikan konten terbaru dan juga ajakan untuk meramaikan blog anda. Sudah banyak yang berhasil dengan memanfaatkan fitur ini. anda bisa menambahkan fitur subscribe di blog, biasanya widget ini sudah tersedia di berbagai platform blog.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Email Marketing Otomatis di WordPress

Sebenarnya cara untuk menghasilkan uang dari internet tanpa modal yang paling mudah yaitu dengan membuat blog. Mengapa ? Anda bisa membuat website atau blog dengan hanya berbekal laptop, domain dan hosting murah, serta ide yang cemerlang!

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog, anda bisa fokus dengan sesuatu hal yang biasanya diperlukan banyak orang dan solutif serta bermanfaat. Misalnya cara membuat website, cara mudah membuat toko online ataupun cara agar bisa menghasilkan uang dari internet, seperti pada tulisan ini. Keep writing ! Keep Blogging !

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.