Cara Untuk Bisa Mengetik Keyboard Dengan Cepat Buat Pemula
Blog Tips Keren

Cara Untuk Bisa Mengetik Keyboard Dengan Cepat Buat Pemula

Di masa kini siapa sih yang tidak akrab dengan keyboard? Ya keyboard merupakan salah satu komponen penting dalam suatu perangkat atau device. Sebut saja mulai dari komputer, PC, laptop, hingga ponsel pintar atau smartphone semuanya masih sangat membutuhkan yang namanya keyboard. Hal ini pun membuat mengetik keyboard dengan cepat menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh banyak orang. Bagi mereka yang biasa menulis di layar komputer utamanya adalah agar bisa bekerja secara lebih efektif dan mengatur waktu menjadi lebih efisien lagi.

Hal ini akan lebih meningkatkan produktivitas menulis dan menghemat waktu. Menulis secara cepat salah satunya bisa menggunakan teknik 10 jari dengan tidak melihat papan keyboard sama sekali. Kemampuan ini sangat bermanfaat bagi beberapa profesi. Seperti diantaranya blogger, sekertaris, juru catat, tukang ketik, orang yang buka usaha jasa pengetikan, mahasiswa, pelajar dan profesi pekerjaan lain sebagainya.

Untuk menguasai kemampuan mengetik secara cepat 10 jari ini secara baik dan benar tidak memerlukan kecerdasan yang tinggi. Karena ini hanya masalah keterampilan dan kebiasaan yang tentu saja bisa dilatih oleh siapapun. Orang dengan kecerdasan yang kurang pun pasti bisa menguasai teknik menulis cepat ini. Asalkan sering latihan dan latihan. Dengan semakin rajin anda belajar mengetik keyboard secara cepat yang baik dan benar di layar komputer maka Anda dapat dengan cepat menguasai keterampilan mengetik dengan cepat ini.

Daripada anda mengikuti les dan bimbingan kursus pengetikan secara cepat sistem 10 jari yang harganya sangat mahal, dan boros waktu serta uang, lebih baik anda belajar hal ini sendiri secara otodidak di rumah. Adapun media untuk mempelajari mengetik keyboard dengan cepat ini sangat mudah didapatkan dan biasa anda bisa gunakan dengan komputer atau laptop serta papan keyboard itu sendiri.

 

Mengetik Keyboard dengan Cepat
Mengetik keyboard secara cepat sangat penting masa kini

Apa sih Kegunaan Mengetik Keyboard dengan Cepat atau Tehnik 10 Jari?

Ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang menguasai teknik mengetik cepat 10 jari. Contoh nya bagi seorang pelajar atau mahasiswa ketika ditugaskan untuk menulis tugas yang biasanya berupa atau berbentuk makalah maka ia bisa menyelesaikan tugas tersebut dalam waktu singkat dan cepat.

Hal ini bisa terjadi karena mengingat proses mengerjakan atau kegiatan pengetikan makalah tidak lah membutuhkan waktu yang lama, selain itu juga karena ia mengetik secara cepat di program microsoft word tanpa perlu melihat keyboard lagi. Masih merasa kurang berguna?

Manfaat yang diperoleh dari menguasai teknik mengetik super cepat 10 jari atau mengetik keyboard dengan cepat adalah lebih cepat dalam menulis, membalas chat dari teman, keluarga, pacar atau mantan anda hingga membalas komentar untuk twitter dan facebook dan social media lainnya bisa dilakukan lebih cepat.

Sambil mengerjakan tugas lain, jari-jari tangan anda bisa terus bergerak merangkai kata menjadi sempurna yang diinginkan secara baik tanpa harus melakukan kesalahan yang berarti. Hal inilah yang membuat kemampuan menulis cepat 10 jari atau mengetik keyboard dengan cepat bisa mempermudah dan meringankan pekerjaan dan kegiatan seseorang di dunia online atau media sosial.

Dan bagi seorang pemula yang belum terbiasa menggunakan teknik mengetik 1o jari ini pastinya akan mengalami kesulitan. Namun tenang saja, karena dengan sikap rajin, ulet, jujur, berusaha keras, disiplin tinggi, sabar, proses latihan dan tidak lelah untuk proses belajar terus menerus akan membuat anda bisa dalam waktu singkat menguasai kemampuan menulis cepat ini.

 

Mengetik Keyboard dengan Cepat
idwebhost

 

Dan setelah anda menguasai keterampilan menulis 10 jari atau mengetik keyboard dengan cepat pastinya anda ingin memiliki keinginan untuk menulis terus menerus. Bahkan kemampuan mengetik anda akan melampaui kemampuan menulis orang lain secara seratus persen.

Tutorial Mengetik Keyboard Dengan Cepat Untuk Pemula

Tanpa panjang lebar dan basa basi lagi, berikut ini merupakan tutorial singkat bagaimana tips dan tehnik untuk mengetik keyboard dengan cepat untuk pemula, antara lain :

1. Memposisikan tubuh secara baik dan benar ketika mengetik sehingga bisa nyaman

2. Menempatkan jari-jari tangan pada posisi yang tepat yaitu di atas papan keyboard

Pastikan telunjuk kiri harus bisa menekan huruf F. Dan telunjuk kanan harus bisa menekan huruf J. Dengan demikian, semua huruf bisa anda jangkau dengan baik dengan menggunakan sepuluh jari.

3. Mengingat posisi masing-masing huruf dalam keyboard dengan seksama.

Seperti saat ini penulis belajar mengetik 10 jari dengan cepat. Dan ternyata berhasil sudah terbiasa dan mengetahui posisi tiap – tiap angka dan huruf di keyboard.

4. Membagi tugas

Mengingat cukup banyak sekali tombol di keyboard pastinya anda harus membagi tugas penekanan tombol antara di tangan kanan dan tngna kiri. Untuk tugas jari telunjuk tangan kanan usahakan menekan tombol 6, 7, N, M, Y, U, H dan J yang berdekatan dengan posisinya.

Lalu tugas jari tengah tangan kanan adalah menekan tombol bintang, angka 8, tanda koma, huruf I dan K. Jari manis tangan kanan dimanfaatkan untuk menekan tombol Alt, titik, tanda kurung, angka 9, huruf O dan L. Kemudian jari kelingking tangan kanan dipakai untuk menekan tombol shift dan Ctrl kanan, tanda miring, tanda tanya, garis miring, huruf P, tanda petik dan titik dua. Dan Jempol tangan kanan dipakai untuk menekan tombol spasi.

Selanjutnya Untuk posisi telunjuk kiri diusahakan digunakan untuk menekan tombol angka 5, 4, huruf B, T, G, V, R, dan F. Sedangkan jari tengahnya memiliki tugas untuk menekan tombol  angka 3, huruf C, E dan D. Kemudian jari manis tangan kiri ditugaskan untuk menekan angka 2, huruf X, W, dan S. Bagian jempol tangan kiri memiliki tugas untuk menekan tombol spasi bergantian dengan jempol tangan kanan. Untuk jari kelingking bisa dibebastugaskan atau dimanfaatkan sesuai kebutuhan anda.

 

Mengetik Keyboard dengan Cepat
IDwebhost

 

Bagi anda pemula yang merasakan kesulitan untuk bisa mempraktekkan cara di atas dengan cepat, gesit dan lugas maka Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk belajar mengetik cepat 10 jari yang bisa di download secara gratis dan cuma-cuma di internet.

Demikianlah tutorial mengetik keyboard secara cepat untuk pemula. Sangat disayangkan apabila anda selama ini terbiasa mengetik namun kemampuan kecepatan pengetikan anda tidak ada kemajuan atau perkembangan dan biasa – biasa saja. Sebab anda bisa meningkatkan kecepatan menulis di keyboard dengan menggunakan teknik mengetik cepat 10 jari yang telah dipaparkan diatas.

Setelah memahami tips dan trik agar bisa mengetik keyboard dengan cepat di  atas, anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuat website dan mengisi konten nya sendiri. Dan jangan lupa, jika anda ingin membuat website anda bisa mendapatkan domain dan hosting dengan harga paling murah hanya di IDwebhost.

Demikian artikel kali ini, terima kasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu tekun berlatih dan mencoba.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.