Mengenal Apa Itu WordPress Hosting dan Apa Manfaatnya Untuk Pemilik Website

Mengenal Apa Itu WordPress Hosting dan Apa Manfaatnya Untuk Pemilik Website campaign-unlimited

Belakangan ini para pengguna akses website dengan platform WordPress telah menghadirkan banyak postingan menarik. Bahkan kini pemilik situs WordPress membutuhkan akses hosting atau sering disebut dengan WordPress hosting. Selama ini mungkin Anda mendengar seputar domain dan hosting, akan tetapi bagaimana dengan WordPress Hosting? Pastinya dari kemampuan web hosting ini banyak memberi manfaat untuk pemilik website WordPress.

Rata-rata untuk penyedia hosting akan menghadirkan beberapa fitur layanan terbaik dari WordPress hosting tersebut. Bahkan sudah memberikan beberapa informasi seputar manfaatnya. Nah, kali ini informasi penting yang bisa didapatkan pastinya akan mengetahui seperti apa manfaatnya. Kemudian seperti apa arti dari WordPress hosting yang sampai sekarang benar-benar dibutuhkan bagi pemilik website. Langsung saja kita ulas hal penting pertama yakni mengenali apa itu hosting untuk WordPress.

Mengenal Apa Itu WordPress Hosting

Mungkin masih banyak kalangan pemilik akses website WordPress belum mengetahui secara pasti apa itu hosting untuk WordPress. Padahal secara detailnya bisa saja sudah dirasakan namun belum mengetahui secara detail. Hosting WordPress menjadi satu layanan hosting dimana tujuannya memang diperuntukkan kepada pengguna WordPress. Maka dari itu para pemilik website nantinya dapat lebih fokus dalam membangung konten tanpa harus kerepotan mengurus masalah teknis. Adapun beberapa masalah teknis yang dibackup oleh WordPress Hosting adalah keamanan, loading, sampai masalah resource limit yang bisa memberikan batasan.

Oleh sebab itu hosting WordPress ini juga dibuat untuk memberikan dukungan terhadap performa situs WordPress agar bisa memenuhi kebutuhan pengguna WordPres. Adapun beberapa fitur utama bahkan fitur standar yang biasanya sudah ditawarkan oleh hosting WordPress. Diantaranya adalah auto update engine sampai tema dan pluging, instalasi WordPress sampai fitur setting yang lebih mudah mulai dari setup tools ataupun control panel khusus. Selain itu terdapat juga auto backup, resource limit yang jauh lebih besar. Keamanan lebih terjamin terhadap serangan virus ataupun malware protection, free premium theme ataupun plugin. Meski begitu, tak semua penyedia hosting bisa memberikan fitur satu ini.

WordPress Hosting
WordPress Hosting

Rata-rata untuk penyedia hosting khusus WordPress juga menghadirkan fitur tambahan mulai dari akses setting CDN. Kemudian free SSL sehingga dari performa website bisa lebih optimal. Setiap pemilik website juga harus mengerti bagaimana akses dan karakter dari WordPress Hosting tersebut. Sehingga dari fungsinya benar-benar bisa memberikan akses lebih cepat. Biasanya dari karakter hosting WordPress memberikan keuntungan secara langsung kepada pemilik website WordPress. Lalu seperti apa keuntungan menggunakan hosting WordPress?

Keuntungan Menggunakan WordPress Hosting

Ada beberapa keuntungan memanfaatkan hosting WordPress ini dimana setiap pemilik website bisa mendapatkan solusi penting yang berguna untuk akses website lebih cepat. Lalu seperti apa keuntungan memakai hosting WordPress yang sekarang benar-benar berguna ini?

Tidak Ada Batasan Resource Limit

Pertama kamu sudah bisa mendapatkan manfaat ataupun keuntungan dari WordPress Hosting yakni tidak ada batasan mengenai kecepatan akses sampai loading blog yang mana bisa mencapai 5 atau 10 kali lipat dibandingkan hosting biasanya. Akan tetapi sebenarnya kecepatan akses loading tersebut ditentukan dari sisi disk space kemudian total semua jumlah visitor yang mengunjungi blog Anda sehingga dari segi harga memang dikatakan cukup mahal. Meskipun harga realtif mahal, akan tetapi dari semua fasilitas dan pelayanannya terbilang lebih lengkap. Sehingga dari tujuan utama mendapatkan akses lebih mudah dan cepat bisa tercapai meskipun harus menggunakan beberapa opsi penting lainnya.

WordPress Hosting
WordPress Hosting

Jumlah Storage Cukup Kecil

Kedua ada keuntungan jika Anda memanfaatkan WordPress Hosting yakni memberikan jumlah storage yang relatif kecil dibandingkan menggunakan paket shared dengan harga lebih terjangkau. Akan tetapi pemberian storage kecil tersebut sudah disengaja untuk membatasi trafik ataupun pengunjung dalam satu bulan. Bila nanti dari jumlah pengunjung terbilang lebih banyak bahkan sudah melampaui kuota yang diberikan, maka langkah tepatnya adalah menurunkan resource limit.

Untuk bisa menghadirkan akses trafik lebih cepat kemudian banyaknya pengunjung dalam sebuah website dapat dilihat dari beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan. Diantaranya yang perlu diperhatikan adalah kapasitas disk space yang sudah diberikan, kemudian sektor CPU yang harus disesuaikan dengan kapasitas server hosting tersebut baik itu number dan percetage CPU. Kemudian besarnya RAM , physical memory, kemudian entry process, hingga I/O dan number of processenya, terakhir dari adanya batasan jumlah kuota visitor dalam satu bulannya bila benar-benar ada.

Lebih Hemat

Masih ada keuntungan bila Anda menggunakan akses WordPress Hosting ini salah satunya bisa memberikan harga hemat. Sampai sekarang harga dari hosting WordPress memang dianggap lebih terjangkau bahkan bisa mencapai patokan harga sebesar 25.000 per bulan saja. Maka dari itu ketika Anda menggunakan akses hosting WordPress ini akan terasa lebih hemat dibandingkan dari segi manfaatnya. Sehingga tak jarang pengguna WordPress sudah banyak menggunakan aksesnya.

Kemudahan Dalam Control Panel

Lihat Info: 6 Cara Membuat Judul Blog Dengan Baik

Ada keuntungan kedua bisa Anda rasakan ketika menggunakan akses dari hosting WordPress salah astunya akses control panel yang lebih mudah. Tidak hanya memberikan harga terjangkau saja, akan tetapi dari kemudahan control panel sudah banyak dirasakan sampai akhirnya penggunanya dapat memaksimalkan semua aksesnya. Tidak hanya dari Wp-Admin saja, akan tetapi dari segi account hosting sudah bisa diakses melalui cPanel ataupun dari Softaculous. Sehingga Anda harus memastikan dari kualitas control panel secara penuh agar perkembangan website benar-benar efektif.

WordPress Hosting
WordPress Hosting

Memberikan Sisi Praktis

Pada aspek praktis sudah bisa didapatkan ketika Anda menggunakan akses WordPress Hosting yang sampai sekarang benar-benar diandalkan oleh pengakses website itu sendiri. Nantinya Anda tak direpotkan dengan update versi WordPress terbaru ataupun mengupdate dari fitur pluginnya sendiri. Maka dari itu dari akses hosting WordPress tersebut akan membantu Anda untuk bisa sampai ke updating version. Sudah banyak pengguna WordPress menggunakan akses hosting hingga akhirnya sisi praktisnya benar-benar dirasakan sampai memberikan keuntungan lebih banyak.

Bisa Lebih Fokus Ke Hal Penting Lainnya

Ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengakses WordPress Hosting dimana Anda akan lebih fokus ke dalam hal penting lainnya yang benar-benar menguntungkan. Seperti penggunaan engine WordPress untuk website sampai menghadirkan WordPress profesional untuk dapat mengatur akses dari website itu sendiri. Anda tak perlu menjadi seorang profesional dalam mengatur WordPress akan tetapi cukup dengan mengakses hosting WordPress. Dengan itu saja sudah bisa memberikan fitur terbaik dan manfaat paling menguntungkan.

Jadi itulah beragam manfaat penting dari WordPress hosting dimana sampai sekarang benar-benar menarik bahkan selalu diburu oleh pengguna WordPress. Dengan adanya akses hosting tersebut siapa saja bisa mendapatkan manfaat utamanya. Nantinya akses website akan lebih lancar kemudian bisa menampung banyak pengunjung yang baru-baru ini menjadi salah satu penyebab kenapa website bisa lebih tenar dalam waktu dekat.

Ferry Wiharsasto

Member since 19 Aug 2014