Mengenal Sistem iOS: Pengertian, Fitur, Kelebihan, dan Perkembangannya

13 Jun 2023
Mengenal Sistem iOS: Pengertian, Fitur, Kelebihan, dan Perkembangannya campaign-unlimited

Jika kamu adalah pengguna smartphone iPhone, pasti kamu sudah tidak asing dengan sistem iOS, kan? Sistem ini identik dengan perangkat iPhone lantaran memang dirancang khusus untuk ponsel iPhone dan produk keluaran Apple lainnya.

Sebenarnya iOS sama saja dengan sistem operasi seluler lain, seperti android. iOS bekerja dengan menerjemahkan instruksi dari program dan memberikan akses perangkat lunak ke fitur perangkat. Contoh kerjanya seperti membantumu mengakses fitur penyimpanan hingga menggunakan layar multi-touch.

Nah, daripada penasaran kamu dapat mengenal lebih dekat tentang iOS melalui artikel ini. Tunggu apa lagi? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu iOS?

iOS adalah sebuah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa, Apple. Sebenarnya iOS bukanlah sebuah kata tunggal. iOS singkatan dari iPhone Operating System atau sistem operasi yang digunakan untuk ponsel iPhone.

Seperti namanya, semula iOS dikembangkan untuk mendukung pengoperasian produk perangkat telepon genggam buatan Appel, iPhone. iOS yang sebelumnya disebut dengan iPhone OS, awalnya dibuat khusus untuk tiga perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan iPodTouch.

Pertama kali sistem iOS diperkenalkan pada tahun 2007. Awal kehadirannya ini membuat gebrakan yang mengejutkan. Pada tahun 2007, merk-merk ponsel terlaris di pasaran masih mengeluarkan ponsel yang lengkap dengan tombol fisik. Berbeda dengan iPhone, Apple justru merilis produk iPhone pertamanya dengan navigasi layar penuh.

Pada generasi iPhone yang pertama ini, iOS mampu memadukan berbagai fungsi dalam satu perangkat iPhone. iOS mendukung fitur pengiriman email, browsing, hingga pemutaran musik melalui satu perangkat saja. Sayangnya, iOS pertama ini belum dibekali dengan toko aplikasi App Store.

Di tahun berikutnya yakni 2008, Apple akhirnya merilis toko aplikasi khusus iOS, App Store. Bersamaan dengan perilisan App Store, Apple juga merilis Software Development Kit (SDK) sebagai software untuk pengembang yang ingin membuat aplikasi untuk perangkat iOS.

Selanjutnya, setiap tahun Apple menghadirkan pembaruan versi iOS yang bisa diakses langsung melalui menu Pengaturan di iPhone. Hingga saat ini, iOS masih terus dikembangkan dan diperbarui setiap tahunnya. Kini cara update iOS juga mudah, hanya memerlukan koneksi internet stabil dan daya baterai yang cukup.

Fitur iOS

fitur-fitur IOS

Ada beberapa fitur iOS yang menjadi unggulan dan tidak dapat ditemukan di sistem operasi seluler lainnya. Fitur-fitur ini disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan dapat mendukung berbagai kegiatan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa fitur iOS yang tersedia untuk versi 12 ke atas:

1. Facetime

Fitur yang pertama adalah Facetime. Ini merupakan fitur panggilan video yang khusus dibuat untuk pengguna ponsel iPhone. Facetime memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan panggilan video hanya dengan menggunakan sebuah tautan saja.

Jika ingin menggunakan Facetime, kamu dapat mengakses aplikasinya dan memilih opsi New Facetime. Selanjutnya pilihlah daftar kontak yang akan dihubungi. Facetime akan membuatkan tautan untuk pengguna bagikan. Tautan ini selanjutnya dapat dikirimkan melalui fitur iMessage.

2. iMessage

Selain Facetime, iMessage juga merupakan fitur sistem iOS yang menjadi favorit oleh banyak pengguna iPhone. Fitur ini memungkinkan kamu untuk berkirim pesan dengan pengguna ponsel iPhone lainnya tanpa memerlukan pulsa. iMessage mengirimkan pesan dan lampiran media menggunakan jaringan wifi dan data seluler.

Pesan yang dikirimkan melalui iMessage dapat dikirimkan ke perangkat Apple mana saja. Pesan iMessage ditandai dengan gelembung berwarna biru. Tidak perlu khawatir soal keamanan pesan, semua pesan yang dikirimkan melalui iMessage sudah pasti terenkripsi.

3. iCloud

Apple menyediakan layanan penyimpanan terpadu yang memungkinkan kamu untuk menyimpan berbagai file. Kamu dapat menyimpan data-data dalam bentuk pesan teks, foto, file, kata sandi, hingga catatan dengan aman dan bisa diperbarui otomatis di semua perangkat.

Dengan menyimpan data di iCloud, kamu juga dapat membagikan data ke kerabat serta mencadangkan perangkat lain di akun yang sama dengan praktis. Semua pengguna iOS mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 5 GB. Tapi, jika ingin kapasitas yang lebih besar, kamu juga dapat berlangganan layanan iCloud+.

4. Privacy

Fitur ini kerap dipuji-puji sebagai salah satu poin yang membuat ponsel iOS lebih unggul. Mulai dari versi iOS ke 12, Apple telah menambahkan sebuah sistem yang bernama Enhanced Intelligent Tracking Prevention pada aplikasi browser bawaan iPhone, Safari.

Sistem baru ini berfungsi untuk mencegah media sosial dan konten yang disematkan untuk melacak dan mengidentifikasi pengguna saat mengakses beberapa situs. Keamanan sistem ini juga dilengkapi dengan fitur lainnya seperti  face ID dan navigasi dengan kredensial, yang dapat menambah proteksi pemakaian ponselmu.

5. Measure

Terakhir, fitur ini sebenarnya sudah tersedia di berbagai aplikasi, baik di ponsel iPhone maupun android. Akan tetapi, di sistem iOS fitur ini menjadi salah satu aplikasi bawaan yang ada di semua perangkat iPhone. Measure bekerja layaknya sebuah penggaris yang dapat digunakan untuk mengukur berbagai hal.

Berkat pengenalan objek, kamu dapat menggunakan fitur ini menyesuaikan dengan kebutuhan pengukuran yang diperlukan. Pada versi iOS 12 ke atas, aplikasi Measure juga menjadi ruang baru untuk fitur Level yang sebelumnya bisa ditemukan di aplikasi Kompas iOS.

Kelebihan iOS

Kelebihan iOS

Selain karena harganya yang mahal, berbagai layanan iOS yang serba premium membuat ponsel iPhone dijuluki sebagai hp mahal. Meskipun begitu, sebenarnya apa sih kelebihan iOS yang membuatnya lebih layak dilirik daripada sistem operasi lainnya? Nah, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Dukungan iCloud di iOS memudahkan pemulihan dan pencadangan. Kamu dapat mengakses data-data di iCloud walaupun menggunakan perangkat yang berbeda. Pemulihan data pada perangkat baru akan lebih mudah dan ringkas dengan adanya iCloud.
  • iOS mengintegrasikan satu perangkat dengan perangkat Apple lainnya. iOS bukan hanya dapat menghubungkan ke sesama iPhone, namun juga dapat menghubungkan iPhone dengan MacBook maupun iPad.
  • Aman dari malware. iOS menyediakan pemeriksaan ketat pada aplikasi pihak ketiga. Hal ini membuat pengguna iOS tidak perlu khawatir akan adanya malware yang menyusupi aplikasi.

Perkembangan iOS

Perkembangan iOS

Seperti yang sudah dibahas sedikit di pengertian sistem iOS di atas, semula iOS dikembangkan dengan nama iPhone OS. Hingga versi ketiganya, iOS masih disebut sebagai iPhone OS 3. Generasinya yang ketiga ini sudah menghadirkan pembaruan berupa dukungan copy-paste­ dan adanya fitur in-app purchase.

Pada generasi keempat, akhirnya Apple memperkenalkan sistem operasinya sebagai iOS 4. Versi ini dirilis pada tahun 2010 dengan unggulan berupa dukungan fitur multitasking. Kemudian, generasi ke-lima menjadi generasi yang paling banyak membawa pembaruan dari versi-versi sebelumnya.

iOS 5 menghadirkan sejumlah fitur yang hingga kini digunakan oleh para pengguna iPhone. Beberapa fitur tersebut di antaranya seperti fitur iCloud, iMessage, dan Siri. Perubahan masif lainnya dihadirkan pada iOS versi 7. Versi ini merilis beberapa fitur unggulan seperti AirDrop, Control Center, hingga dukungan Touch ID.

Berikutnya, versi iOS terus dikembangkan hingga iOS terbaru versi 16 yang baru dirilis pada September 2022. Versi ini menghadirkan sejumlah pembaruan yang mampu menyaingi kecanggihan ponsel di masa kini.

Kamu bisa melihat indikator persentase baterai, menggunakan fitur live text, hingga fitur potong gambar yang memudahkanmu untuk menghapus background foto. Fitur keamanan juga mendapatkan pembaruan di versi ini. Kamu dapat mengamankan folder tersembunyi di galeri menggunakan touch ID, face ID, atau password.

Kira-kira tertarik untuk menggunakan sistem iOS? Baca juga artikel lain untuk menambah pengetahuan seputar teknologi dan trend terkini di blog IDwebhost. Cek juga website kami jika kamu ingin mendapatkan domain gratis dari IDwebhost, ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022