Mengenal Ransomware si Software Jahat Dengan Lebih Dekat
Blog Tips Keren

Mengenal Ransomware si Software Jahat Dengan Lebih Dekat

Virus di internet merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat luas apalagi para praktisi IT atau komputer. Berbagai macam gangguan yang terjadi di komputer baik itu melalui internet atau perangkat luar lainnya bisa tergolong sebagai virus komputer. Salah satu virus yang cukup terkenal saat ini adalah malware ransomware. Untuk itu kita harus mengenal ransomware lebih dekat. Ransomware adalah software jahat yang diinstal oleh penyerang pada komputer atau server anda untuk mendapatkan suatu informasi. Mereka melakukan eksploitasi untuk mendapatkan akses ke system anda yang menyebabkan ransomware akan aktif dengan otomatis.

Ransomware mengenkripsi seluruh file anda kunci yang tak bisa dipatahkan. Mereka kemudian meminta tebusan atau bayaran berupa uang untuk membebaskan file anda. Biasanya dengan mengirim bayaran via bitcoin. Bitcoin memberikan fitur dompet digital atau virtual yang bisa digunakan untuk menerima pembayaran.

Kebanyakan ransomware disebarkan oleh mereka para penjahat melalui internet secara online. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan mengajak anda untuk mengenal dan memahami lebih dalam tentang apa itu malware ransomware. Namun sebelumnya akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu apa itu internet.

 

Mengenal ransomware
idwebhost.com

Mengenal Tentang Internet

Dilansir dari wikipedia, Internet merupakan singkatan dari interconnection networking. Internet memiliki pengertian sebagai seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking yang artinya adalah “antarjaringan”.

Sejarah Internet

Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Awalnya hal ini terbentuk lewat proyek ARPA atau yang sering disebut ARPANET yang merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency Network. Di sini mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. Kita bisa melakukan komunikasi dengan jarak jauh yang tidak terhingga hanya dengan melalui saluran telepon.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) menciptakan sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di berbagai daerah yang vital. Proyek itu untuk mengatasi berbagai masalah jika terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi yang terpusat, yang apabila terjadi perang bisa dengan mudah dihancurkan.

Kini, Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal. Perjanjian ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force(IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC ini dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti IP, TCP, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS,SSH,Telnet, FTP, SSL dan lain – lain.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH.

 

Koneksi internet
idwebhost

 

Diantara semua ini, email atau surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis atau Mailing List dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, ataupun webcast, yang bisa diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan. Mereka adalah seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, Windows Live Messenger, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Nah itu dia diatas merupakan pengertian sekilas tentang apa itu internet dan bagaimana perkembangannya. Setelah memahami tentang internet ini, berikut ini adalah pembahasan tentang malware ransomware yang cukup mengancam komputer anda!

Mengenal Ransomware Lebih Dalam

Seperti yang dijelaskan diatas, malware ransomware adalah software jahat yang diinstall oleh hacker di komputer atau server anda untuk mendapatkan informasi dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Ransomware telah ada sejak lama. Awalnya mereka muncul pada tahun 1989 dengan sebutan “PC Cyborg trojan horse virus” dimana virus tersebut memeras korban untuk mengirim tebusan dengan nominal 13 juta guna mendapatkan file kembali. Enkripsi pada virus tersebut ternyata sangat mudah untuk dipecahkan.

Namun setelah itu, Ransomware semakin berkembang dan bisa dilihat sekarang telah berkembang dengan pesat. Pada 2017, 100 jenis varian ransomware baru telah keluar dengan liar, ganas, dan ada peningkatan sebesar 36 persen dari tahun ke tahun dalam serangan ransomware di seluruh dunia. Permintaan tebusan ransomware rata-rata meningkat 26% menjadi rata rata 14 juta rupiah per korban [Sumber: Symantex Threat Reposrt 2017].

Tahun 2018 lalu bisa kita lihat serangan ransomware dalam skala besar yang sulit dibayangkan dibanding beberapa tahun yang lalu atau semenjak kemunculan pertamanya. Pada bulan mei tahun lalu, ransomware WannaCry (salah satu jenis malware yang cukup populer tahun lalu) menyerang dan mempengaruhi ribuan komputer orang di dunia di lebih dari 150 negara. Sistem kesehatan national inggris telah terinfeksi dan harus mengalihkan ambulance dari rumah sakit yang terkena dampaknya.

BACA JUGA: Cara Melihat Password di Database Joomla

Lalu pada bulan juli tahun lalu, muncul lagi ransomware petya yang berawal dari ukraina dengan sangat cepat menyebar. Sejumlah besar organisasi besar dan terkenal terkena efek dari malware ini, seperti perusahaan PLN, reaktor nuklir, pesawat antonov, kemudian perusahaan pelayaran maerks yang ada di Ukraine hingga sampai perusahaan makanan seperti modelez juga terkena dampaknya.

 

Mengenal ransomware
Idwebhost

 

Akibat hal ini sebagian besar orang dan organisasi yang terkena dampak dan serangan ransomware benar benar harus membayar hacker saat mereka terjangkit ransomware, lalu file – file penting milik mereka akan dikembalikan. Perusahaan keamanan dunia, seperti FBI atau CIA umumnya menyarankan korban untuk tidak membayar yang diminta oleh hacker. Karena ini akan mendorong hacker untuk melancarkan aksi nya semakin luas. Namun banyak organisasi atau perusahaan yang memutuskan untuk membayar dan tidak mau mengambil resiko. Mereka tidak memiliki pilihan untuk tidak membayar dan kehilangan data, yang akan membuat bisnis kotor seperti ini akan meraja lela.

Malware ransomware seperti ini tidak hanya bisa menyerang file – file yang ada di komputer anda, namun bisa juga menyerang berbagai media digital yang dimiliki oleh perusahaan anda seperti website resmi bisnis anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk meningkatkan keamanan.  Tak lain adalah demi melindungi seluruh aset perusahaan anda sebelum terlambat dan harus menebus nya dengan nominal uang yang tentu saja tidak sedikit. Lalu bagaimana ya cara mencegah dan mengatasinya serangan malware ransomware ini? Hal ini akan kami bahas di lain artikel.

Willy Budianto

Willy Budianto adalah lulusan S1 dengan konsentrasi Public Relations. Writer yang akrab disapa Willy ini merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.