Mengenal Lebih Jauh Tentang WebHost
Blog Tips Keren Mengenal Lebih Jauh Tentang WebHost

Mengenal Lebih Jauh Tentang WebHost

Tentang WebHost
WebHost atau yang sering disebut juga Web Hosting adalah layanan yang menyediakan ruang di Internet untuk situs web. Bila Anda membuat situs web dan ingin orang lain melihatnya, Anda perlu mempublikasikan (atau mengunggahnya) dengan layanan web hosting.
Layanan web hosting bekerja dengan menyimpan file situs web Anda di komputer bertenaga tinggi (server web) yang terhubung ke jaringan yang sangat cepat. Ketika seseorang mengetikkan alamat web Anda (seperti www.example.com), Internet terhubung ke server web yang menyimpan file situs web Anda dan kemudian mentransfer informasi situs web Anda kembali ke komputer mereka. Dari situlah mereka bisa berselancar dan melihat halaman-halaman situs Anda.

Nama Domain

Sebelum kita mempelajari jenis web hosting, penting untuk diingat Anda harus memiliki nama domain sehingga website Anda dapat ditemukan di Internet. Nama domain pada dasarnya adalah alamat Internet perusahaan. Sama layaknya alamat jalan perusahaan Anda digunakan untuk menemukan kantor Anda, nama domain digunakan untuk menemukan situs Anda. Pilih nama domain yang mudah diingat dan relevan dengan situs Anda.

Jenis-Jenis Web Hosting

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka jenis-jenis web hosting juga berkembang sesuai dengan kebutuhan yang berbeda dari masing-masing pengguna. Berikut beberapa jenis web hosting yang perlu Anda ketahui.

Jenis Web Hosting

1. Shared Web Hosting

Shared web hosting adalah jenis yang paling umum dari web hosting, dan juga yang paling mudah untuk ditemukan. Shared hosting adalah layanan dimana satu server dibagi antara banyak pelanggan. Ini biasanya menawarkan keuntungan dan kerugian sebagai berikut:
– Lebih murah, Anda tidak perlu membayar seluruh server dimuka.
– Lebih mudah untuk digunakan. Server telah dikonfigurasikan sebelumnya dengan opsi yang paling populer dan perusahaan hosting Anda akan mengurus pembaruan perawatan dan keamanan apa pun untuk Anda.
– Anda berbagi sumber daya server dengan pegguna lain. Jika satu situs menjadi sangat sibuk, hal itu dapat mempengaruhi (dan memperlambat) semua situs lain di server tersebut.
– Kurang fleksibel. Anda mungkin tidak dapat memblokir port tertentu atau memodifikasi komponen inti.

2. Dedicated Web Hosting

Dedicated hosting adalah hosting yang besar. Persis seperti kedengarannya, Anda mendapatkan server Anda sendiri dan semua sumber dayanya, yang didedikasikan untuk Anda dan tidak ada orang lain. Ini adalah perbedaan antara tinggal di gedung apartemen dan berbagi bangunan dengan orang lain, dibandingkan tinggal di perumahan Anda sendiri. Dedicated hosting biasanya menawarkan keuntungan dan kerugian sebagai berikut:
– Fleksibilitas dan penyesuaian. Anda dapat memilih spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang tepat dari server untuk memenuhi kebutuhan Anda.
– Sumber daya khusus dan kinerja terjamin. Anda tidak membagikan sumber daya server Anda kepada orang lain.
– Kontrol penuh. Anda memiliki akses root penuh ke server khusus dan dapat mengkonfigurasi serta men-tweak pengaturan untuk memenuhi kebutuhan Anda.
– Memerlukan pengetahuan teknis. Hal ini akan menjadi tanggung jawab Anda untuk mengelola dan mengkonfigurasi server.
– Lebih mahal. Biaya server tidak dibagikan dengan pelanggan lainnya.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting pada dasarnya adalah tempat pertemuan setengah jalan antara shared hosting dan dedicated hosting, namun memiliki beberapa keunggulan keren juga. Server cloud masih berbagi perangkat keras server fisik dengan server awan lainnya, namun partisi teknologi virtualisasinya khusus atau mengalami pemisahan perangkat keras fisik sehingga masing-masing server awan memiliki sumber daya tersendiri dan dapat dikonfigurasi hampir seperti dedicated server.
Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari mengenai webhost. Pada dasarnya, website yang baik tentu menggunakan webhost yang sesuai dengan kebutuhannya. Idwebhost adalah salah satu penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Fitur yang ditawarkan oleh Idwebhost diantaranya harga yang terjangkau, customer care 24/7, jaminan uptime 99,9%, hingga server yang handal dan stabil. Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan website Anda menggunakan Idwebhost.