Mengenal Lebih Jauh Tentang AMP
Blog Tips Keren Mengenal Lebih Jauh Tentang AMP

Mengenal Lebih Jauh Tentang AMP

ilustrasi amp google

Apa Itu AMP?

AMP adalah Accelerated Mobile Pages. Google AMP ini adalah proyek open source yang didukung oleh perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google dan Twitter. Tujuannya adalah untuk membuat beban konten website dapat dimuat lebih cepat bagi pengguna ponsel. Hal ini juga dikarenakan semakin canggihnya perangkat mobile dan banyaknya pengguna mobile yang mengakses informasi web.
Format artikel AMP telah digunakan oleh lebih dari 200 publisher, termasuk WordPress, dan sudah digunakan di beberapa platform populer berbeda seperti pencarian Google, LinkedIn, Medium, Nuzzel, Pinterest, dan Twitter.

Manfaat Menggunakan AMP

Dengan menerapkan Google AMP di website, ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Peringkat Website Anda

Meskipun kecepatan bukan satu-satunya faktor yang meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari, website Anda akan memiliki peluang kenaikan peringkat lebih besar jika menggunakan Google AMP. Mesin pencari Google akan menilai website Anda lebih baik karena responsivitas tinggi dan loading cepat.

2. Google AMP dapat Dihubungkan dengan Analytics Anda

Menghubungkan website AMP Anda dengan Analytics akan mempermudah proses pengelolaan serta pemantauan perkembangan website. Anda dapat mengetahui apa saja yang harus ditingkatkan dan dapat segera menyusun rencana pengembangan website lanjutan.

3. Meningkatkan Pengunjung Blog/Website dan Menurunkan Bounce Rate

Google AMP adalah salah satu cara meningkatkan pengunjung blog dan website dengan cepat. Kemungkinan pengguna meninggalkan website Anda karena waktu loading yang lama semakin kecil sehingga para pengunjung tetap berada di website Anda. Pengunjung akan lebih nyaman untuk menjelajahi website Anda lebih lama.

Cara Memasang AMP Pada Website Berbasis WordPress

Untuk memasang Google AMP, Anda harus menginstall dan mengaktifkan AMP Pluggin pada website. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka dashboard WordPress,
2. Masuk/ login ke site yang akan Anda beri pluggin AMP sebagai admin
3. Buka Plugin > AMP
4. Pilih plugin AMP, download dan install.
5. Tunggu hingga instalasi selesai dilakukan.
6. Jika instalasi telah berhasil dilakukan, Anda bisa melihat tampilan website melalui perangkat mobile dengan membuka menu Appereance > AMP
7. Anda juga bisa menyesuaikan warna dan tampilan website melalui menu pengaturan Appereance tersebut.
8. Pemasangan plugin AMP selesai dilakukan.

Cara Memasang AMP

Mengecek Keberhasilan Pemasangan AMP

Untuk memastikan bahwa Google AMP sudah bekerja pada website, Anda bisa mengeceknya dengan membuka halaman website dan menambahkan /amp pada akhir url laman website tersebut. Contohnya sbb: Misalkan url website Anda adalah http://example.com. Maka tambahkan /amp diakhir menjadi http://example.com/amp. Apabila website Anda telah dapat diakses menggunakan akhiran /amp seperti diatas dengan tampilan minimalis, berarti Anda telah berhasil mengaplikasikan Google AMP pada website WordPress Anda.

Cara Mengatasi Trouble

Jika Anda mendapatkan pesan 404 error ketika mencoba membuka versi AMP website, Anda bisa melakukan hal berikut untuk mengatasinya:

1. Buka dashboard WordPress, dan masuk sebagai admin.
2. Buka menu Setting > Permalinks
3. Klik tombol “Save Changes”
4. Jangan lakukan perubahan apapun, cukup klik tombol Save Changes untuk merefresh struktur website’s permalink Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari tentang AMP. Jika Anda sedang mencari penyedia hosting dan domain terbaik, Anda bisa menemukannya di Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia yang terpercaya dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.