Mengenal Lebih Jauh Jenis Domain TLD, gTLD, ccTLD, SLD
Blog Tips Keren

Mengenal Lebih Jauh Jenis Domain TLD, gTLD, ccTLD, SLD

Jenis domain apa yang anda miliki saat ini? Beberapa dari anda kemungkinan masih asing dengan istilah nama domain TLD, gTLD, ccTLD, dan SLD. Sebenarnya, singkatan tersebut mengacu pada pembagian nama-nama domain atau ekstensi domain yang tersedia di intenet. Domain merupakan pondasi awal dari membangun sebuah website. Disinilah anda menciptakan web untuk berbagai keperluan. Banyak sekali orang yang menciptakan web untuk keperluan tertentu. Tapi termasuk tipe apa domain yang anda miliki tersebut?

Supaya tidak semakin penasaran, berikut akan dijelaskan kepada anda jenis domain yang ada di internet. Jika anda perhatikan kata singkatan diatas, maka anda akan menemukan huruf TLD. Ini mengacu pada singkatan Top Level Domain. Kemudian, ada juga ccTLD yang merupakan kepanjangan dari Code Country Top Level Domain.

Pengertian dan Jenis Domain TLD (Top Level Domain)

Mengenal Jenis Domain TLD, gTLD, ccTLD, SLD
idwebhost

TLD .com

Top Level Domain merupakan istilah yang mengacu pada ekstensi domain yang terkenal. Anda pasti sudah tak asing lagi dengan nama ekstensi domain berupa .com, .net, .org, .edu, .gov, .mil, dan lain sebagainya. Semua itu memiliki perannya masing-masing. Contohnya adalah ekstensi .com yang banyak dipakai untuk website komersil. Disini anda akan menemukan nama domain .com paling banyak dipakai untuk beberapa layanan toko online, forum, situs informasi, dan lain sebagainya. Bahkan sejumlah social media juga menggunakan ekstensi TLD ini, contohnya twitter.com, facebook.com, dan lain sebagainya. Jadi tak heran apabila contoh domain yang satu ini begitu banyak digunakan untuk tujuan yang komersil atau umum. Yang pasti, domain .com memang sudah terkenal sejak dulu dan banyak dipakai untuk berbagai tujuan yang signifikan.

TLD .net dan TLD .edu

Selain itu, ada juga domain .net yang merupakan kepanjangan dari Network. Ini merupakan jenis ekstensi domain yang juga banyak digunakan. .net merupakan jenis domain yang banyak menyuguhkan informasi tentang jaringan, science, dan teknologi. Kemudian, ada juga .org atau organization yang biasanya banyak dipakai untuk keperluan web organisasi dan lain sebagainya. Jenis TLD yang satu ini memang sangat banyak digunakan untuk keperluan yang spesifik. Sejumlah organisasi menggunakan ekstensi ini untuk menunjukan bahwa mereka adalah lembaga tertentu, baik kalangan pemerintahan lokal, internasional, nasional, dan lain sebagainya.  Selain itu, ada juga .edu yang merupakan kepanjangan dari education atau pendidikan. Disinilah anda akan menemukan sebuah ekstensi terbaik yang melambangkan tentang pendidikan itu sendiri. Biasanya ekstensi yang satu ini banyak dipakai untuk website sekolah menengah, sekolah tinggi, universitas dan lain sebagainya. Sudah jelas apa fungsi dari website dengan ekstensi TLD .edu tersebut pastinya.

TLD .gov dan TLD .mil

Ada juga ekstensi .gov yang secara spesifik dikhususkan untuk web lembaga pemerintahan. Sangat jarang melihat ada lembaga komersil yang menggunakan ekstensi dengan .gov ini.  Karena memang kebanyakan .gov digunakan untuk kepentingan pemerintahan. Dari sinilah anda akan menemukan fungsi yang nyata dari website dengan ekstensi .gov tersebut. TLD lain yang juga banyak digunakan adalah .mil. Ini merupakan sebuah ekstensi yang sangat banyak dipakai untuk keperluan military atau militer. Jadi kalau anda melihat ada domain dengan ekstensi tersebut maka anda berarti mengakses sebuah website militer.

Pengertian dan Jenis Domain gTLD dan ccTLD

Mengenal Jenis Domain TLD, gTLD, ccTLD, SLD
idwebhost

gTLD

Jenis domain gTLD dan ccTLD adalah bagian dari domain TLD diatas. gTLD merupakan kepanjangan dari Global Top Level Domain yang menandakan domain tersebut memiliki fungsi komersil dan global. Jika demikian, maka domain yang dimaksud adalah yang memiliki ekstensi .com dan juga .net. Pastinya ekstensi ini sudah tak asing lagi bagi anda.  Banyak sekali domain di internet dengan akhiran .com, baik itu untuk tipe domain/subdomain.

ccTLD

ccTLD adalah Country Code Level Domain. Ini artinya sebuah domain yang diperuntungkan bagi negara masing-masing. Mungkin anda sudah menemukan banyak contoh yang jelas tentang ccTLD ini, misalnya adalah domain-domain yang memiliki akhiran negara mereka. Di Indonesia, domain yang bersifat ccTLD disimbolkan dengan ekstensi id. Contohnya adalah .co.id, .id saja, atau .net.id. Semua ekstensi tersebut cukup umum dipakai untuk web tertentu yang populer. Sedangkah untuk negara lain contohnya adalah ekstensi .jp untuk negara Jepang. Ada juga ekstensi .sgp untuk negara Singapura.

Pengertian dan Jenis SLD (Second Level Domain)

Mengenal Jenis Domain TLD, gTLD, ccTLD, SLD
idwebhost

SLD atau Second Level Domain mengacu pada nama yang anda miliki pada domain anda tersebut. Misalnya ada domain dengan ada sebuah website dengan nama beritaistimewa.com, maka beritaistimewa adalah nama dari SLD-nya. Sementara .com adalah nama dari TLD-nya. Dari sini anda pasti sudah memahami tentang pengertian dari TLD dan SLD itu. Yang pasti, hal tersebut mengacu pada nama domain pada ekstensi yang dimilikinya.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Menggunakan Google Suite

Pengertian 3LD (Third Level Domain)

Ada juga Third Level Domain yang merupakan tipe lain dari jenis domain di internet. Jika sebelumnya ada First Level Domain dan juga Second Level Domain, maka anda akan menemukan adanya Third Level Domain yang juga menjadi jenis domain lain yang tersedia. Pengertian dari Third Level Domain adalah sebuah domain yang menggunakan ekstensi dari domain lain. Artinya, Third Level Domain sama halnya dengan subdomain. Contoh dari subdomain tersebut adalah beritaistimewa.namahosting.com. Dari sini anda akan melihat bahwa website itu memiliki ekstensi yang menumpang pada namahosting terkait. Sebagai contohnya anda juga bisa melihat ekstensi seperti blogspot.com yang juga biasanya menjadi akhiran dari web-web populer di tanah air. Ciri dari 3LD bisa dilihat dari website yang punya kata bertumpuk setelah akhiran dot (.).

Bagaimana Cara Menentukan Nama Domain Yang Bagus?

Setelah mempelajari banyak jenis domain yang dijelaskan diatas, kini anda mungkin ingin menciptakan website anda sendiri. Tapi anda bingung dalam menentukan mana nama domain yang bagus dan sesuai yang anda inginkan saat ini. Tentu saja pilihan domain dengan nama yang bagus akan mampu mendatangkan keuntungan bagi anda. Sebuah situs yang anda buat akan tampil dengan professional dan juga meyakinkan. Hal ini pasti akan menambah nilai jual dari situs tersebut secara tidak langsung. Kini anda akan benar-benar bisa mendapatkan sebuah situs yang tepat dan sesuai dengan yang anda inginkan saat ini. Dalam rangka membuat situs yang tepat, tentu saja banyak hal yang dipertimbangkan, salah satunya adalah nama domain dari situs tersebut.

Jika nama domain yang anda set bagus, sudah pasti hal ini akan menjadi sebuah impresi tersendiri bagi situs yang anda miliki. Anda akan mampu memiliki sebuah situs terbaik dan juga memiliki karakter yang spesifik. Untuk membuat sebuah situs yang tepat, sudah pasti anda wajib untuk menerapkan beberapa tahap yang signifikan. Salah satunya adalah dengan menentukan apakah website tersebut nantinya berjenis TLD, ccTLD, gTLD, SLD, atau 3LD. Anda sendiri yang menentukan mau seperti apa domain web anda.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.