Mengenal IGTV : Fitur Terbaru Instagram

6 Jan 2019
Mengenal IGTV : Fitur Terbaru Instagram campaign-unlimited

Semenjak kehadirannya, Instagram sudah mengalami banyak perkembangan. Dari yang awalnya sebagai platform untuk berbagi gambar, Instagram menjadi platform bagi pembuat video dengan fitur durasi video 50 detik dan Instagram Stories. Sekarang, Instagram sedang mencoba membuat TV untuk smartphone. Instagram ingin menjadi salah satu platform bagi video creator untuk berbagi hasil karya mereka dengan 1 juta user Instagram. Hal ini baru akan direalisasikan dengan fitur terbaru Instagram, yaitu IGTV.

Baca juga : 5 Tren Marketing di Instagram 2019

CEO Instagram yaitu Kevin Systrom mengatakan bahwa platform ini didesain untuk memudahkan setiap orang untuk menonton video dari smartphone. Systrom juga mengatakan bahwa kebanyakan software video mengharuskan Anda untuk browsing atau mencari terlebih dahulu melalui direktori. fitur tersebut mengambil karakteristik TV saat Anda membuka IGTV, Anda bisa langsung menonton video. Selain itu, juga menyediakan mode “lean back” yang diperkirakan akan menjadi fitur dimana Instagram dapat meletakkan ads.

Apa itu IGTV?

IGTV merupakan fitur Instagram yang memperbolehkan user mengupload video dengan durasi lebih panjang. Fitur ini bisa dibilang merupakan salah satu cara yang bisa dimanfaatkan oleh para influencers, brands, dan user Instagram untuk membuat video bagi follower mereka. fitur tersebut dibuat dengan format yang sama dengan IG Story, bedanya hanya ada di durasi video. Jadi video IGTV akan mempunyai format vertical.

Perbedaan antara IGTV dengan Instagram yaitu di IGTV, Anda tidak bisa melihat feed, gambar, dan stories. Jika Anda memakai fitur video yang ada di IGTV, Anda hanya dapat mengupload video atau Instagram stories berdurasi 1 menit.

Tetapi Anda dapat mengupload video berdurasi 10 menit dan account yang lebih besar dapat mengupload video sampai 1 jam. Selain itu, akun anda adalah channels. Jika Anda membuat akun di IGTV, Anda akan diminta untuk membuat sebuah channel baru. Channel ini nanti akan dihubungkan langsung dengan profil Instagram Anda.

Lalu apa perbedaannya IGTV dengan YouTube? IGTV hanya fokus pada video vertikal. Instagram memilih format tersebut karena itu adalah bagaimana semua orang menggunakan smartphone. Jadi Anda tidak perlu untuk memutar smartphone Anda untuk menikmati videonya.

Saat ini, IGTV belum mempunyai ads, walaupun Systrom mengatakan bahwa iklan mungkin akan mulai ada. Selain itu bahwa karena creators menghabiskan lebih banyak waktu membuat konten IGTV, Instagram akan menawarkan creator tersebut cara untuk memonetisasi konten mereka. Untuk saat ini, Instagram belum membayar creators atas berbagai konten mereka.

Cara Menggunakan IGTV

Sekarang IDwebhost akan membahas bagaimana cara memakai IGTV. Seperti yang sudah kami jelaskan sebulumnya, Anda dapat mendownloadnya melalui App Store atau Play Store Anda.

Setelah itu, ketika Anda mulai membuka aplikasi tersebut, Anda akan melihat tampilan layar seperti di bawah ini.

IGTV juga tersedia di dalam aplikasi Instagram (IG)
IDwebhost

Seperti yang sudah disebutkan diatas, karena aplikasi ini terhubung dengan Instagram Anda, maka Anda dapat langsung klik tulisan “Continue as ….”. Anda juga dapat memilih pilihan “Switch Account” yang terletak dibagian kiri bawah jika Anda ingin masuk login dengan akun lain, lalu tinggal masukkan detail login akun tersebut.

Setelah login, Anda akan langsung dapat melihat videonya. Tenang saja karena video di background ini memang akan langsung menyala. Anda juga tidak perlu khawatir karena soundnya off secara default. Untuk mencari video yang Anda butuhkan, Anda tinggal scroll ke samping yang terletak di bagian bawah.

Direktorinya sendiri dibagi menjadi empat kategori yaitu, For You, Following, Popular, serta Continue Watching.

For You. Di bagian ini, akan ditampilkan video-video yang mereka rasa Anda akan menyukainya.

Following. Di bagian ini, Anda dapat melihat video dari account-account yang Anda follow.

Popular. Di bagian popular, Anda dapat melihat video-video yang sedang popular. Popular bisa dibilang sama seperti fitur Explore di Instagram.

Continue Watching. Bagian ini merupakan tempat dimana Anda bisa melanjutkan untuk menonton video-video yang sudah Anda putar sebelumya tetapi belum sempat Anda selesaikan.

Jika Anda sudah menemukan sebuah video yang ingin Anda tonton, Anda tinggal klik saja layar videonya dan pilihan video di bawahnya akan hilang sehingga Anda dapat menonton videonya full screen. Ingat ya, aplikasi ini hanya ada dalam format vertikal. Jadi, jika Anda mencoba untuk memutar smartphone Anda, video akan tetap vertikal.

Sama seperti Instagram, Anda juga dapat meninggalkan informasi dan link di bagian info. Kalau Anda ingin melihatnya, Anda tinggal klik saja judul video di bagian atas video.

Bagian Engagement

Lalu bagaimana dengan bagian engagement? Anda dapat me-like dan meninggalkan komentar di video orang-orang. Anda hanya perlu untuk meng-tap tombol like yang berbentuk hati dan tombol komentar di bagian bawah video. Instagram juga menyediakan beberapa kumpulan reaksi emoji jadi Anda bisa langsung memilih. Selain itu, Anda juga dapat mengirim video IGTV melalui direct message di Instagram.

Cara Memulai Channel IGTV

Jika Anda ingin memulai channel IGTV Anda, Anda bisa memilih settings yang terletak di bagian kanan, di atas pilihan video.

Cara Memulai Channel IGTV
IDwebhost

Setelah itu, anda pilih pilihan Create Channel di bagian atas. Kemudian anda pilih Next sampai akun Anda dibuat. Untuk mulai upload video, Anda hanya perlu klik saja pada profile picture Anda yang terletak di samping tombol Settings.

Cara Menggunakan IGTV
IDwebhost

Anda hanya klik pada tombol + di bagian kanan dan Anda sudah dapat mengupload videonya. Untuk kebanyakan account, video hanya berdurasi 10 menit. Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak dapat merekam video secara langsung di aplikasinya. Jadi, Anda harus merekam video itu secara terpisah, misalnya memakai kamera smartphone Anda. Baru kemudian Anda bisa upload video tersebut ke IGTV dari Camera Roll atau Gallery smartphone Anda.

IGTV juga tersedia di dalam aplikasi Instagram (IG)

Bagi Anda yang tidak ingin mengunduh aplikasi tersebut, Anda juga dapat mengakses IGTV langsung dari aplikasi Instagram.

Apa itu IGTV
IDwebhost

Anda tinggal hanya klik icon TV yang terletak di sebelah tombol direct message. Fitur-fiturnya pun sama dengan aplikasi IGTV.

Kesimpulan

Di artikel kali ini, IDwebhost sudah membahas semua tentang fitur terbaru Instagram yaitu IGTV. Fitur terbaru dari Instagram tersebut bisa sangat membantu tidak hanya untuk influencers tetapi juga para pebisnis untuk berbagi konten dengan follower Anda.

Dengan semakin terkenalnya video marketing, Anda jadi bisa memanfaatkannya di strategi marketing video dan Instagram Anda untuk menambah jangkauan audience Anda supaya lebih luas. Menarik, bukan? Jika Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut, silahkan untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komentar ya! Selamat mencoba fitur terbaru Instagram ini!