Mengenal Gravatar dan Fungsinya
Blog Tips Keren Mengenal Gravatar dan Fungsinya

Mengenal Gravatar dan Fungsinya

Bagi Anda yang mempunyai sebuah website berbasis wordpress, mungkin Anda tidak sadar jika ketika meninggalkan komentar pada sebuah artikel. Anda akan melihat kotak kecil yang berada di samping nama pengguna yang Anda gunakan. Sebagian orang yang tidak mengganti foto hanya akan melihat icon berwarna abu-abu. Nah, pada kotak berwarna abu-abu tersebut yang dikenal dengan istilah “Gravatar”. Oleh karena itu, Anda juga harus mengenal gravatar agar lebih paham.

mengenal gravatar

Mengenal Gravatar dari Asal Mulanya

Layanan avatar yang unik ini merupakan sebuah representasi grafis dari seorang pengguna internet yang masih biasanya digunakan untuk menunjukkan jati diri pengguna yang dilakukan secara online. Pada masanya, ketika internet masih jauh lebih anonym dibandingkan dengan sekarang, kebanyakan orang menggunakan icon sebagai alat untuk identifikasi, apalagi pada forum diskusi online. Tetapi, untuk saat ini sudah sangat bisa untuk menambahkan informasi lain selain icon.

Apalagi ketika internet sudah semakin berkembang, website dan juga blogger semakin menjadi mainstream, bisa mengenal orang hanya melalui icon menjadi semakin sulit. Nah, untuk saat ini Anda perlu melakukan registrasi akun agar bisa melakukan interaksi dengan orang lain yang ada di suatu website tersebut. Namun sebenarnya, Anda tidak perlu melakukan login secara berkali-kali agar bisa meninggalkan komentar pada sebuah website ataupun blog. Jadi cara mengidentifikasinya dengan menggunakan Gravatar.

mengenal gravatar

Definisi Gravatar

Gravatar adalah sebuah singkatan dari Globally Recognized Avatar yang dapat Anda pakai hanya cukup dengan menggunakan email. Layanan ini juga sama halnya dengan avatara biasa. Namun, Gravatar di host di single server dan selanjutnya bisa dipakai dalam berbagai website selama Anda menggunakan email email yang sudah dipakai untuk mendaftarkan Gravatar milik Anda.

Beberapa website yang sudah menggunakan CMS WordPress yang telah mempunyai built-in support untuk Gravatar. Sehingga ketika seorang pengguna meninggalkan komentar pada website dengan menggunakan email. Dan website tersebut yang dikunjungi ternyata mendukung penggunaan Gravatar, maka foto profil Anda akan ditampilkan. Gambar tersebut nantinya akan ditampilkan di sebelah komentar Anda sehingga akan menjadikan alat identifikasi yang diperuntukkan pengguna internet lainnya.

Perlukah Menggunakan Gravatar?

Berikut ini merupakan alasan mengapa Anda perlu menggunakan gravatar:

  1. Anda memiliki satu akun untuk semua website yang aktif yang nantinya akan Anda gunakan.
  2. Anda juga dapat dengan mudah dalam mengganti dan juga memperbarui foto Gravatar milik Anda dari satu website
  3. Anda dapat membangun personal branding. Jika Anda menggunakan foto yang sama untuk akun media sosial Anda, maka orang-orang nantinya akan mulai mengenali Anda. Jika Anda memang menyediakan konten yang sifatnya bermanfaat, maka orang akan menjadi tertarik untuk mengikuti akun media sosial atau bisa juga berlanggan konten dari website Anda.
  4. Bisa juga membantu dalam meningkatkan traffic website. Orang-orang yang biasanya mengunjungi website Anda nantinya dengan mengklik username dari komentar yang Anda tinggalkan di website lain. Jika Anda menggunakan foto yang menunjukkan wajah Anda, akan sangat memungkinkan orang lain untuk mengunjungi website Anda. Gravatar ini juga akan membantu pengguna internet dalam mengidentifikasi identitas Anda. Dan juga akan melihat siapa yang ada dalam akun tersebut.

Mengenal Gravatar dan Cara Membuatnya

Berikut ini merupakan langkah dalam membuat akun gravatar milik Anda sendiri.

  1. Kunjungi website Gravatar. Anda perlu melakukan sign-in dengan menggunakan akun wrordpress milik Anda. Jika Anda belum mempunyai akun wordpress, bisa dengan menggunakan akun Google, Apple atau dengan membuat sebuah akun baru. Jika Anda sudah memilih create new account, Anda bisa memasukkan email, user dan password yang diinginkan dan klik tombol sign up. Kemudian, Anda nantinya akan mendapatkan link verifikasi pada akun email Anda. Jika sudah terverifikasi, Anda dapat kembali ke website Gravatar dan pilih tombol sign in. masukkan email dan juga password yang Anda gunakan.
  2. Jika sudah masuk ke dalam akun Anda, kemudian bisa mengunggah foto Anda dengan mengklik pada pilihan “Add New Image”. Setelahnya Anda memilih gambar, bisa berasal dari computer, internet, webcam atau bisa juga menggunakan salah satu gambar yang sudah pernah diunggah sebelumnya. Jangan lupa untuk memilih lokasi yang sesuai dengan gambar Anda disimpan.
  3. Lengkapi segera profil ini. Hal ini akan bertujuan untuk orang-orang bisa mengetahui deskripsi singkat mengenai diri Anda dan akan mengujungi website Anda jika mereka tertarik.

mengenal gravatar

Fungsi Gravatar

Sebenarnya fungsi dari gravatar sangatlah banyak. Berikut ini merupakan fungsi gravatar yang harus Anda tahu:

  1. Mengenal Gravatar bisa dijadikan Suatu Identitas dalam Sebuah Blog

Alasan mengapa perlu dijadikan suatu identitas adalah karena jika blog tidak mempunyai gravatar. Yang terjadi adalah orang yang sekedar ingin blogwalking, curhat, komentar akan mengalami kebingungan karena tidak mengetahui siapa author ataupun admin.

  1. Menjadi ciri khas dalam sebuah blog

Setiap orang sudah pasti akan mempunyai ciri khasnya masing-masing. Mungkin ciri khas tersebut juga merupakan salah satu fungsi dari gravatar. Sehingga ketika Anda mempunyai ciri khas yang cukup nyeleneh ataupun kocak, Anda dapat membuat gravatar sendiri dengan menggunakan bantuan photoshop.

  1. Merupakan Lambang atau Simbol dalam Suatu Blog

Gravatar di dalam sebuah blog juga bisa diyakini sebagai lambang atau symbol oleh para admin ataupun author. Karena didalam beberapa blog, gravatar menampilkan foto sang author. Dan ada beberapa juga yang mendesain sendiri.

mengenal gravatar

Mengenal Gravatar dan Manfaatnya

Sebagai sebuah representasi grafis dari seorang pengguna internet. Anda cukup bisa menggunakannya hanya dengan email. Dalam beberapa website yang menggunakan CMS wordpress sudah mempunyai built-in support yang bisa digunakan untuk gravatar. Oleh karena itu, jika ada seseorang yang meninggalkan komentar pada website dengan menggunakan email dan kebetulan website tersebut di mendukung gravatar, maka akan ditampilkan foto profil Anda sebagai alamat identifikasi dari seorang pengguna internet. Berikut ini merupakan manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan gravatar:

  1. Anda cukup mempunyai satu akun yang bisa Anda gunakan untuk semua website aktif yang Anda gunakan.
  2. Dapat dipakai dalam membangun sebuah personal branding karena sangat mudah dikenal nantinya.
  3. Sangat dapat membantu pengguna internet dalam mengidentifikasi dan juga mengganti maupun memperbarui foto gravatar Anda dari sebuah website.
  4. Sangat bisa digunakan untuk bisa meningkatkan traffic website.

Yang paling pasti, gravatar akan memberikan informasi mengenai identitas diri Anda. Sehingga hal ini akan sangat berguna untuk mengidentifikasi Anda pada sebuah blog atau website atau forum tertentu. Sehingga hal ini nantinya akan dapat menghemat akses dan waktu Anda daripada mengupload berulang kali foto Anda pada avatar dan membangun profil Anda kembali.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.