Mengenal Google Ads Sebagai Pengganti Google AdWords
Blog Tips Keren Mengenal Google Ads Sebagai Pengganti Google AdWords

Mengenal Google Ads Sebagai Pengganti Google AdWords

Untuk menunjang aktivitas pemasaran yang sedang dijalankan, tersedia berbagai macam platform yang dapat dipilih seorang marketer. Tujuan penggunaannya juga cukup beragam. Mulai dari untuk meningkatkan traffic, hingga meningkatkan penjualan. Dan salah satu tools yang banyak digunakan untuk mendukung kegiatan pemasaran online adalah Google Ads. Sebagai tools yang sangat powerful, masih banyak orang yang belum mengenal Google Ads. 

Oleh karena itu pada artikel kali ini, kami akan berbagi pada Sahabat IDwebhost semuanya untuk mengenal Google Ads lebih jauh. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengenal Google Ads.

Dulu, Google Ads dikenal sebagai Google Adwords. Dengan Google Ads, para marketer akan dapat menggunakan tools marketing dalam ekosistem Google. Dengan begitu, mereka dapat menjangkau audience di Google Search, YouTube, Maps, dan bahkan Play Store. 

Fitur dasar Adwords masih bisa ditemui di Google Ads. Namun memang ada perubahan pada interface dan penambahan fitur. Salah satu fitur baru yang akan ada di Google Ads tetapi tidak ada di AdWords yaitu fitur advertising untuk bisnis kecil dan menengah. Fitur ini adalah Campaign Manager 360.

Dengan Campaign Manager 360, pebisnis skala kecil dan menengah dapat membuat pay per click ads dengan lebih mudah. Dengan cara menggabungkan inovasi dan teknologi iklan digital Google, Anda bisa membuat iklan hanya dalam beberapa menit dan melihat hasilnya langsung.  

Misalnya Anda menerima telepon dari calon pelanggan jika telah mendapatkan leads di situs Anda, atau bahkan membawa customer langsung ke toko Anda. Jadi, tujuan dari Campaign Manager 360 sendiri adalah membantu pebisnis fokus pada profit daripada proses.

DoubleClick for Publisher + DoubleClick Ad Exchange sama dengan Google Ad Manager
IDwebhost

Manfaat Menggunakan Google Ads

Google Ads Membantu Mencapai Goal Iklan Anda 

Menurut Google, 90% pengusaha mempunyai tujuan tertentu dalam memasang iklan online. Beberapa di antaranya yaitu agar customer bisa menelpon mereka, mengunjungi toko mereka, dan melakukan transaksi. 

Saat Anda menggunakan Google Smart Campaign, Google akan menanyakan apakah goal Anda telah tercapai atau belum. Dengan begitu, Google bisa membantu Anda untuk mengatur ads Anda supaya ads Anda dapat menjadi lebih efektif serta membantu Anda mencapai goal iklan Anda.

Membantu Meningkatkan Conversion Rate 

Untuk mengukur kesuksesan sebuah ads, conversion rate merupakan salah satu faktor yang penting. Supaya conversion rate Anda tetap baik, Anda tentu perlu lebih berhati-hati dalam mengatur audience Anda. Misalnya, menampilkan iklan make up ke customer laki-laki tentu tidak akan menghasilkan konversi yang baik jika dibandingkan dengan menampilkan iklan tersebut kepada customer perempuan.

Google mengatakan bahwa dengan Google Smart Campaign, Anda bisa menampilkan iklan secara tertarget. Ini tentunya akan membantu Anda untuk mencapai tujuan goal Anda memasang iklan. Mereka melakukan optimasi penargetan dengan memakai algoritma machine learning atau mesin pembelajar miliknya lalu akan menganalisa behavior (perilaku), lokasi, device, dan kriteria lainnya untuk menampilkan iklan ke customer yang tepat.

Membuat Bisnis Anda Lebih Menonjol

Anda pasti sudah mengetahui tentang teori yang mengatakan bahwa image atau gambar akan membantu produk dan jasa Anda untuk lebih menonjol dibanding kompetitor. Jika Anda memakai visual yang menarik, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan lebih banyak audience.

Karena alasan ini, Mereka mengeluarkan fitur Image Picker. Dimana Anda tinggal memilih tiga gambar yang dapat Anda upload sendiri atau pilih dari dia untuk visual iklan Anda. Mereka nantinya akan membantu Anda untuk mengatur kombinasi text dan gambar untuk mengoptimasi iklan Anda.

Google Marketing Platform

manfaat google ads
IDwebhost

Google Marketing Platform adalah gabungan dari DoubleClick dan Google Analytics 360 Suite. Google berharap dengan integrasi ini, para digital marketer dapat membuat strategi, membeli, mengukur, dan mengoptimasi media digital serta customer experience di satu platform yang sama.

Mereka mengatakan bahwa keputusan untuk menggabungkan DoubleClick dan Analytics 360 terjadi setelah mereka melihat bahwa banyak orang yang merasa bahwa pemakaian teknologi ads dan analytics dapat mendatangkan hasil yang lebih maksimal. Dengan kedua teknologi tersebut, bisnis dapat mengenal dan mengerti customer mereka lebih dekat sehingga bisa mendapatkan hasil bisnis lebih baik.

Google Marketing Platform dibuat untuk membantu para marketer mencapai goalsnya. Beberapa tahun ini ada banyak channel, format, dan data yang dapat Anda manfaatkan di strategi digital marketing Anda. Customer sekarang sudah lebih mengerti tentang berbagai strategi marketing sebuah bisnis dan bagaimana bisnis-bisnis tersebut memakai data customer untuk mengatur strategi marketingnya.

Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk megintegrasikan G.Analytics 360 Suite dan Double Click pada Digital Marketing. Tujuannya adalah supaya marketer bisa merencanakan, membeli, mengukur, dan mengoptimasi digital media serta customer experience (pengalaman customer) di satu platform. Selain itu, mereka juga ingin membantu Anda untuk menjaga privacy customer Anda dan memberi customer kontrol atas data mereka.

Tools Google Marketing Platform 

Di bawah Google Marketing Platform ada beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimasi digital marketing Anda, yaitu Search Ads 360, Display & Video 360, Surveys 360, Analytics 360, Data Studio, Optimize 360, dan Tag Manager 360. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan menggabungkan teknologi ads dan analytics, bisnis bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Berikut ini adalah tools-tools yang ada di Google Marketing Platform 

Baca juga : Alasan Menggunakan Google Analytics

Search Ads 360

Setelah merilis Google Marketing Platform, Google juga melakukan perubahan pada produk advertisingnya. Search Ads 360 merupakan nama baru dari DoubleClick Search. Search Ads 360 berfungsi untuk membantu Anda merencanakan, membeli, dan mengukur campaign Anda di Google atau search engine lainnya.

Display & Video 360

Display & Video 360 merupakan gabungan dari fitur-fitur pada produk display advertising mereka sebelumnya yaitu DoubleClick Bid Manager, Campaign Manager, Studio dan Audience Center. Dengan Display & Video 360, Anda dapat mengeksekusi iklan campaign Anda dari awal sampai akhir di tempat yang sama.

Dengan begitu, Google berharap bahwa Anda dapat bekerja lebih efisien. Untuk saat ini, Campaign Manager serta produk-produk DoubleClick tidak akan langsung menghilang. Mereka akan melakukan transisi ke Display & Video 360 secara bertahap sampai semua fitur yang mereka inginkan dapat dipakai.

Google Ad Manager 

Saat ini sudah banyak content creator yang memonetisasi kontennya. Dengan kehadiran multiple screen pada smartphone dan perangkat lainnya, cara seseorang mengakses konten juga tentu sudah berubah. Selain itu, permintaan pengiklan yang semakin banyak, content creator perlu untuk mengelola bisnis mereka dengan lebih simple dan efisien.

Karena itulah mereka memutuskan untuk menggabungkan 2 produk yaitu DoubleClick for Publisher dan DoubleClick Ad Exchange menjadi satu platform yang bernama Ad Manager.Dengan adanya Ad Manager, Anda akan mendapatkan platform advertising lengkap yang akan membantu Anda untuk mendapatkan dan meningkatkan revenue, apapun strategi penjualan Anda.

Google AdWords akan menjadi Google Ads
IDwebhost

Google Analytics

Google Analytics adalah tools Google yang akan membantu Anda memantaru trafik website dengan mudah. Tak hanya trafik, Anda juga bisa dengan mudah mengetahui data performa website. 

Google Data Studio 

Dengan menggunakan Google Data Studio, Anda bisa membuat visualisasi data yang bagus, sekaligus gampang dimengerti. Tools yang satu ini akan memberikan akses database ke layanan marketing populer. 

Google Optimize

Google Optimize adalah tools analitik dari Google yang berfungsi untuk melakukan berbagai uji coba sebelum Anda meluncurkan sebuah website. Hasil ujicoba tersebut dapat dijadikan pedoman untuk merancang website lebih optimal lagi. 

Google Surveys

Google Surveys memberikan Anda cara cepat dan hemat untuk mendapatkan insight tentang apa yang diinginkan audiens Anda. Insight yang terkumpul dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat keputusan-keputusan bisnis. 

Penutup

 

DoubleClick dan Google Analytics 360 Suite sama dengan Google Marketing Platform
IDwebhost

 

Google berharap dengan adanya berbagai perubahan ini, dapat membantu penggunanya dalam hal mengiklankan bisnisnya dengan mudah. Dengan semua fitur yang tersedia di platformtersebut, Google juga ingin bisnis-bisnis itu bisa mencapai tujuan marketing tanpa menyalahgunakan data pelanggannya sehingga privacy customer tetap terjaga dan bisnis tetap dipercaya.

Mau punya website aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi ayo beli domain dan berlangganan hosting murah cuma di IDwebhost. Dapatkan promo menarik hanya untuk Sahabat IDwebhost!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.