Mengenal Lebih Dekat Android Oreo

12 Apr 2019
Mengenal Lebih Dekat Android Oreo campaign-unlimited

Para pengguna Android pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama makanan yang sering dipakai sebagai nama versi update sistem operasinya. Salah satu update yang terbaru yakni, Android Oreo menjadi topik ulasan IDwebhost kali ini. Sebelum Anda mengetahui apa saja kelebihan, kekurangan, dan tips trik dalam memanfaatkan kelebihan fiturnya, mari kita kenali lebih dulu perkembangan sistem operasi smartphone terpopuler satu ini!

Daftar Isi

  • Apa Itu Android ?
    • Sekilas Tentang 2 Pendiri Google
  • Kelebihan dan Kekurangan Android Oreo
    • Kelebihan
    • Kekurangan
  • Tips dan Trik Fitur Android Oreo
    • Autofill
    • Picture in Picture
    • Smart Text Selection
    • Wide Color Gamut
    • Channels
  • Terakhir

Apa itu Android?

IDwebhost

Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux. Sistem operasi tersebut dibuat untuk berbagai jenis perangkat yang mempunyai layar sentuh bergerak, seperti smartphone dan tablet. Sistem operasi Android ini awalnya dibuat oleh Android, Inc. Tetapi pada tahun 2005, Google memberi dukungan keuangan dan akhirnya google mengakuisisinya.  Lalu baru resmi dirilis di tahun 2007.

Sekilas Tentang 2 Pendiri Google : Larry Page dan Sergey Brin

2 Pendiri Google adalah Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya adalah mahasiswa Pascasarjana Doktoral (di luar negeri yang bergelar PhD) di Stanford University di California, Amerika Serikat.

Awalnya, dua orang sekawan ini mempunyai mimpi besar di masa itu untuk menciptakan sebuah mesin pencari dan alat indeks untuk semua website yang tersedia di seluruh dunia. Jadi, mereka mempunyai misi untuk Google yaitu dengan mengumpulkan segala informasi yang ada di seluruh dunia sehingga bisa diakses dan dimanfaatkan oleh semua orang di seluruh dunia. Ide tersebut memang terkesan gila di waktu itu tetapi sekarang anda lihat sendiri bagaimana Google tak lagi asing bagi siapapun.

Larry Page dan Sergey Brin ini diberi modal oleh investor dari Sun Microsystems dengan pendanaan awal sebesar US$ 100 ribu, itu berarti sekitar 13 Miliyar jika di-Rupiahkan. Pada awal-awal masa pengembangan teknologinya, Page dan Brin lebih berfokus kepada visi untuk menciptakan mesin pencari saja. Tetapi, seiring perkembangannya sampai sekarang sudah ada banyak sekali produk Google yang bisa kita pakai pakai dan manfaatkan, bahkan kebanyakan dapat kita manfaatkan secara gratis. Serta sekrang google sudah mengambil alih saham android.

Nah, itu sekilas tentang 2 pendiri Google. Kita lanjut yah, sebelum versi android Oreo, ada beberapa daftar update sistem operasinya.

Berikut beberapa daftar update sistem operasi android sebelum versi oreo

  • Android Cupcake 1.5 dirilis pada tanggal 30 April 2009
  • Android Donut 1.6 dirilis pada tanggal 15 September 2009
  • Android Eclair 2.0-2.1 dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009
  • Android Froyo 2.2 dirilis pada tanggal 10 Mei 2010
  • Android Gingerbread 2.3-2.3.7 dirilis pada tanggal 6 Desember 2010
  • Android Honeycomb 3.0-3.2.6 dirilis pada tanggal 22 Februari 2011
  • Android Ice Cream Sandwich 4.0 dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011
  • Android Jelly Bean 4.1-4.3.1 dirilis pada tanggal 9 Juli 2012
  • Android KitkKat 4.4 dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013
  • Android Lollipop 5.0-5.1 dirilis pada tanggal 25 Juni 2014
  • Android Marshmallow 6.0-6.0.1 dirilis pada tanggal 28 Mei 2015
  • Android Nougat 7.0-7.1.2 dirilis pada tanggal 23 Agustus 2016

Kelebihan dan Kekurangan Android Oreo

kelebihan dan kekurangan android oreo
IDwebhost

Kelebihan

Sistem Android yang satu ini diperkenalkan pada perubahannya yang paling mencolok, yaitu dari tampilannya. Walaupun tidak signifikan, sebenarnya perubahan tampilan ini dapat menjadikan perangkat Anda lebih “fresh”. Beberapa perubahan tersebut termasuk di Home Screen, Notification, App Drawer, Battery Menu, Setting Menu, dan lainnya.

Memang perubahannya tidak hanya pada tampilan tetapi yang paling mencolok pada tampilan saat pertama kali dipakai. Selain itu, Oreo juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik, cukup membantu pengguna untuk aktivitas sehari-harinya. Beberapa diantaranya memang benar-benar fitur yang baru. Sementara beberapa yang lainnya, sudah ada di versi sebelumnya cuma diperbaharui lebih baik. Dengan pembaharuan itu, kemampuan versi Oreo jelas menjadi lebih bagus dibanding versi Nougat.

Untuk mengetahui lebih banyak perubahan seperti apa saja dan bagaimana memanfaatkannya buat memaksimalkan performa perangkat Anda, ayo simak dahulu kekurangan dari versi oreo ini.

Kekurangan

Mengingat adanya kelebihan tentu ada pula kekurangan tersendiri dari Andorid Oreo ini, seperti versi Oreo saat ini masih mempunyai beberapa bug, juga tidak semua smartphone Android bisa mendapatkan upgrade ke Oreo. Saat ini Android Oreo mempunyai bug meskipun tidak begitu terasa mengganggu penggunanya.

Bug ini tidak membuat masalah yang serius, jadi jika ada pertanyaan apakah worth untuk pindah dari Nougat ke Android Oreo ? Jawabannya adalah IYA. Anda harus mencoba Android Oreo yang mempunyai fitur-fitur lebih keren dari versi Nougat, seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Baca Juga : Apa Itu DNS? 

Tips dan Trik Fitur Android Oreo

tips dan trik fitur android oreo
IDwebhost

Singkatnya, berikut ini adalah beberapa fitur-fitur menarik utama yang ada di Oreo!

Autofill

Anda pasti sudah tahu kan kalau mau masuk ke aplikasi tertentu memerlukan untuk mengisi kolom username dan password ?. Nah, dengan adanya fitur Autofill ini, Anda tidak usah repot-repot lagi mengisi bolak-balik seperti itu, sudah otomatis terisi kok. Lalu Aman tidak? Aman pastinya dari orang lain, ini dikarena terintegrasinya dengan akun Google milik Anda sendiri.

Picture in Picture

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menonton video dari aplikasi terkait sambil melakukan hal lainnya. Atau jika Anda sedang berada di jalan dan melihat peta di aplikasi Google Maps, Anda bisa juga sambil membalas chat teman yang mungkin pada waktu bersamaan menanyakan lokasi Anda.

Smart Text Selection

Fitur Oreo kali ini dapat membuat aktivitas copy-paste teks Anda menjadi lebih mudah dan cepat. Mengapa? Karena ada fitur on device machine learning yang dapat mendeteksi deretan teks penting tertentu seperti alamat, nomor telepon dan lainnya. Jadi Anda tidak harus lagi bersusah-susah memblok kata per kata yang mau anda salin. Bahkan dapat juga menyarankan langsung akses ke aplikasi buku kontak misalnya, pada saat melihat sederetan daftar nomor telepon.

Wide Color Gamut

Dengan teknologi ini, tampilan lebih tajam serta enak dipandang. Warna yang ditampilkan juga lebih bagus dan akurat. Tetapi tentunya, perangkat smartphone Anda harus sudah mendukung teknologi ini. Google melakukannya dengan cara native untuk para developer dalam menentukan cara untuk menampilkan aplikasi-aplikasi pengguna dalam mode Wide Color Gamut. Profil ini sudah termasuk aplikasi AdobeRGB, Pro Photo RGB, serta DCI-P3. Semua profil tersebut masuk dalam standar umum aplikasi pencitraan, editing, ataupun video profesional.

Channels

Fitur ini mampu mengelompokkan notifikasi dari berbagai aplikasi supaya dapat menjadi satu kategori tertentu yang disebut Channels. Fitur inipun untuk memudahkan para pengguna Android ketika ingin mengatur atau dapat juga untuk memblokir notifikasi dari kategori aplikasi tertentu yang dianggap mengganggu.

Terakhir

Itulah ulasan singkat tentang Android Oreo dari kami. Sebagai provider web hosting murah berkualitas, kami berkomitmen untuk membantu kesuksesan bisnis online Anda. Yuk subscribe email Kami untuk mendapat konten-konten menarik dan edukatif lainnya!