Mengenal 3 Jenis Website yang Perlu Anda Ketahui
Blog Tips Keren

Mengenal 3 Jenis Website yang Perlu Anda Ketahui

3 jenis website yang perlu diketahui

Website adalah sebuah halaman yang menyajikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang diletakkan di dalam sebuah server/hosting di mana untuk mengaksesnya diperlukan jaringan internet. Website sering juga disebut sebagai web, site, situs, atau situs web. Sebuah website agar bisa diakses di internet diperlukan 2 komponen yang harus ada yaitu Domain dan Hosting.

Sebuah website diidentifikasikan dengan nama domain dan dipublikasikan pada setidaknya sebuah web server. Sebuah website bisa diakses melalui jaringan IP publik, seperti Internet, atau jaringan lokal (LAN), dengan menggunakan Uniform Resource Locator (URL) sebagai alamat referensinya.

Sebagaimana yang Anda ketahui, bentuk website sangat beraneka ragam. Keragaman website tidak terlepas dari bentuk atau jenis perusahaan serta tujuan pemilik membangun websitenya. Dapat dibenarkan jika setiap harinya website baru bermunculan karena memang internet merupakan pasar yang sangat potensial untuk saat ini dan kedepannya. Dilihat dari jenisnya, website dapat dibagi menjadi tiga jenis.

Jenis-Jenis Website

1. Website Company Profile

Website Company Profile adalah sebuah website yang berisi tentang informasi dari sebuah perusahaan. Anda harus memiliki sebuah Website Company Profile apabila ingin perusahaan Anda dapat berkembang di tengah gelombang internet.

Dengan memiliki sebuah Website Company Profile Anda dapat memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai perusahaan Anda kepada pihak lain yang membutuhkan, baik itu pelanggan/klien, prospek (calon pelanggan), maupun partner dari perusahaan Anda.

Menurut hasil riset Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2014 pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 88,1 juta. Jadi apabila saat ini Anda belum memiliki Company Profile, kemungkinan besar Anda telah melewatkan banyak sekali segmen pasar baru yang penting dalam pertumbuhan bisnis.

Website jenis ini pada dasarnya tidak memiliki fungsi khusus. Website company profil umumnya berisi informasi-informasi perusahaan untuk memperkenalkannya ke publik. Biasanya web seperti ini bersifat statis atau memiliki kesamaan dengan proposal.

Website Company Profile

2. Blog

Blog sebenarnya berasal dari kata Weblog yang merupakan gabungan dari dua kata Web dan Log. Kata web yang dimaksud di sini adalah halaman web dan log yang berarti catatan. Jadi, Blog adalah sebuah website yang berisi mengenai catatan, tulisan, artikel, maupun informasi bermanfaat lainnya yang selalu diperbarui secara teratur.

Di dalam dunia internet marketing, Blog adalah salah satu cara Anda mendatangkan prospek atau calon pelanggan. Melalui Blog Anda bisa menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan atau relevan dengan produk yang Anda miliki baik barang maupun jasa. Dengan menulis di dalam sebuah Blog Anda juga bisa membangun branding perusahaan maupun personal Anda.

3. Website Toko Online

Website Toko Online atau disebut juga e-Commerce adalah sebuah website untuk menawarkan barang yang dijual secara online, di mana proses penjualan dan pembelian (transaksi) dilakukan secara online. Walaupun tidak menutup kemungkinan proses pembayaran juga bisa dilakukan secara offline yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash on Delivery) yaitu pembayaran dilakukan bersamaan saat barang telah diterima oleh pembeli.

Di dalam sebuah Website Toko Online terdapat gambar/foto dari produk-produk yang dijual sedemikian rupa sehingga terlihat menarik, sama seperti sebuah etalase yang sering Anda jumpai pada toko offline. Biasanya sebuah Website Toko Online juga menyediakan layanan Customer Service sebagai tempat untuk bertanya-tanya seputar produk seperti halnya seorang pramuniaga pada toko offline.

Itulah ketiga jenis website yang perlu Anda ketahui. Seperti yang disampaikan di awal bahwa website dapat berjalan bergantung dari dua hal yaitu domain dan hosting. Jika Anda sedang mencari penyedia hosting dan domain yang handal untuk website Anda, maka bisa menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia web hosting dan domain yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

1 Comment

  • balkonhotel

    artikel nya sangat membantu, apa perbedaan website dengan blog…

Comments are closed.