Simak 6 Cara Mengatasi Phising Scam Yang Wajib Diketahui
Blog Tips Keren Simak 6 Cara Mengatasi Phising Scam Yang Wajib Diketahui

Simak 6 Cara Mengatasi Phising Scam Yang Wajib Diketahui

Mengetahui cara mengatasi phising scam adalah hal yang harus diketahui oleh para pebisnis online. Dalam hal bisnis online, pishing scam sangatlah berbahaya. Phising scam adalah metode penipuan untuk mendapatkan detail informasi akun tertentu melalui cara yang tidak sah.  Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Phising juga bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil dengan mengambil alih akun korban dengan maksud tertentu.Taget utama biasanya adalah orang yang memiliki bisnis online karena datanya sangat mudah dicuri. Para pelaku Phising biasanya akan menggunakan email, yang kemudian akan mengarah ke halaman palsu untuk menjebak korban.

Seiring mudahnya melakukan pencurian sata, pelaku phising juga memanfaatkan sosial media yang kini sudah banyak sekali orang menggunakannya. Secara tidak sadar, pengguna sosial media akan masuk ke halaman jebakan yang mengarah pada halaman palsu. Anda yang memiliki bisnis online sebaiknya agar lebih berhati-hati dalam mengelola website.

Yang menjadi sasaran pelaku phising biasanya adalah mereka yang lebih sering berinteraksi menggunakan internet. Para pelaku phising akan memanipulasi beberapa hal yang membuat halaman itu seolah halaman aslinya. Hal ini bisa terjadi kalau komputer atau laptop Anda terkena virus.

Baik di Indonesia maupun di luar negeri, ada banyak kasus phising yang sering dilakukan. Hal itu bisa dilakukan melalui informasi Anda seperti akses akun Anda, email, social media, bahkan akun bank Anda. Tak heran jika banyak orang yang harus berhati-hati dalam memberikan data.

mengatasi phising

Bagaimana cara pelaku phising mencuri data Anda ?

Untuk mengantisipasi terjadinya pencurian data, Anda harus tahu bagaimana para pelaku phising mencuri data-data Anda.  Anda pastinya juga terheran-heran ketika tiba-tiba kartu kredit Anda terkuras habis , saldo di e-commerce mendadak hilang dan rekening yang tiba-tiba kosong. Hal ini membuktikan kalau cara kerja pelaku phising sangatlah cepat.

Lalu bagaimana cara para pelaku mencuri akun Anda?

1. Pelaku phising akan menginginkan  username dan password Anda. Di sini Anda seolah tidak sadar untuk memberikannya .

2. Kemudian pelaku akan mengirimkan email link login website menggunakan website tiruan yang menyerupai aslinya agar Anda login dengan akun Anda.

3. Dengan mudahnya Anda akan memasukan username dan password karena websitenya memang dibuat mirip.

4. Akhirnya pelalu phising mendapatkan mendapatkan data Anda dan hal ini bisa dilakukan sebagai tindak kejahatan. Begitulah mudahnya para pelaku “membobol” data Anda. Pastikan Anda bisa membedakan website asli dan website tiruan.

Seperti apa ciri-ciri email dan website palsu?

Bagi orang awam terkadang memang sulit membedakan hal ini. Terlabih untuk alamat email karena beberapa orang masih memilih nama untuk alamat email yang asal-asalan. Sebelum Anda terperangkap dalam phising, maka Anda harus mengenail seperti apa ciri-ciri alamat email dan website palsu.

Email yang dipakai tidak resmi.

Perusahaan besar selalu memakai akun resmi. Namun, jika Anda mendapati alamat email perusahaan besar yang tidak menggunakan alamat email rsmi, maka Anda harus berhati-hati. Jangan asal percaya. Sebaiknya cek dulu kebenarannya. Semua orang  sudah bisa membedakan mana alamat email resmi dan yang palsu.

Isi Email cenderung berisi ancaman.

Jika memang emainya asli, pasti di dalamnya tidak ada isi yang mencurigakan. Namun hal ini berbeda dengan email penipuan. Biasanya pelaku akan memanfaatkan rasa takut korban dengan mengancam akan menutup akun yang bersangkutan. Kalau sudah mendapatkan hal seperti ini maka Anda harus waspada.

mengatasi phising

Waspada terhadap lampiran pada email.

Ketika Anda sudah menerima alamat email yang mencurigakan, maka tingkatkan kewaspadaan Anda. Salah satu hal yang perlu Anda waspadai adalah adanya lampiran pada email. Para pelaku biasanya akan mengirimkan lampiran yang biasanya adalah virus. Sebaiknya hindari jangan sampai klik lampiran tersebut.

Alamat website yang tidak resmi.

Tidak hanya alamat email saja yang dibuat palsu, namun Anda juga harus waspada terhadap alamat website yang palsu. Para pelaku phising sudah merencanakan sedemikian rupa untuk melakukan penipuan maksimal. Agar tidak terjebak dengan taktiknya, sebaiknya jangan sembarangan klik lampiran yang ada di email jika memang benar-benar tergolong palsu.

Cara mudah mengatasi phising scam

Agar nantinya Anda tidak menjadi korban dan dapat mengatasi Phising Scam, ada beberapa cara untuk mengatasinya, khususnya bagi Anda yang memiliki bisnis online.

Selalu gunakan SSL.

SSL (Secure Socket Layer) merupakan lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Website yang sudah dilengkapi dengan SSL tentunya akan lebih aman dan terhindar dari phisng scam. Anda yang memiliki bisnis online sebaiknya tidak lupa untuk memberikan SSL pada website.

Selalu waspada dengan email masuk.

Sebagai pemilik bisnis online, Anda pasti akan menerima banyak email masuk. Usahakan agar memilah-milah mana email  yang penting agar tidak sembarangan mengeklik yang nantinya justru berakibat fatal. Email masuk mencurigakan biasanya akan mengarahkan Anda untuk login dengan username dan password, yang hasilnya ternyata adalah phising.

Berhati-hatilah tehadap pop-up.

Pop-up merupakan jendela iklan yang biasanya muncul secara tiba-tiba ketika Anda membuka halaman website. Beberapa pop-up biasanya akan meminta Anda login dengan akun dan password Anda. Hal terebut biasanya jangan ditanggapi karena merupakan salah satu modus para pelaku phising.

mengatasi phising

Instal ekstensi keamanan pada browser.

Keamanan website sangatlah penting khususnya buat Anda yang punya bisnis online. Nantinya Anda akan lebih sering melakukan transaksi sehingga keamanan website perlu dimaksimalkan. Dalam hal ini Anda perlu menginstal ekstensi seperti Netcraft Extention yang berfungsi untuk mengindentifikasi website yang terlihat mencurigakan.

Pilih jasa layanan hosting yang terpercaya.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi tentunya membuat banyak orang ingin memiliki website sendiri untuk keperluan bisnisnya, baik personal maupun bisnis perusahaan. Agar website lebih aman, jangan lupa untuk memilih jasa layanan hosting yang terpercaya, salah satunya bisa Anda dapatkan di IDwebhost yang menyediakan beberapa pilihan paket hosting yang murah dan berkualitas.

Rajinlah dalam mengupdate software dan aplikasi.

Memiliki website pribadi bukan berarti Anda tidak memperhatikan keamnannya. Agar terhindar dari phising, Anda harus rajin dalam menginstal software dan aplikasi. Jangan sampai menunda update jika sudah ada pemberitahuan untuk update karena para pelaku phising tak pernah lengah. Semakin Anda jarang update maka para pelaku phising akan sangat mudah membobol website Anda.

Demikian cara paling mudah dalam mengatasi phising scam. Semoga bermanfaat.