Cara Mudah Mengatasi 502 Bad Gateway

16 Jun 2019
Cara Mudah Mengatasi 502 Bad Gateway campaign-unlimited

Saat Anda sedang browsing, Anda mungkin pernah mengalami error seperti error establishing a database connection atau HTTP Error 500. Salah satu jenis error situs yang paling sering terjadi adalah HTTP 502 Bad Gateway Error. Ini tidak hanya terjadi pada situs WordPress, terkadang juga terjadi di Gmail, Twitter, dan Cloudflare. Di artikel kali ini, IDwebhost akan membahas HTTP 502 Bad Gateway yang terjadi di situs WordPress Anda serta solusi untuk mengatasinya.

Pengertian 502 Bad Gateway Error

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah situs, browser Anda akan mengirim request atau permintaan ke web server. Kemudian web server akan menerima dan memproses permintaan tersebut. Lalu, web server akan mengirim kembali resource yang diminta bersamaan dengan sebuah header HTTP dan HTTP status code.

Biasanya, HTTP status code tidak terlihat kecuali jika ada sesuatu yang salah. HTTP status code berfungsi sebagai notifikasi jika ada sesuatu yang salah. Angka yang terlihat adalah kode yang dapat membantu Anda untuk mencari solusinya.

Salah satu jenis error code yang paling kerap dilihat yaitu 500 status error codes (500, 501, 502, 503, 504, dsb). Setiap angka itu memiliki arti yang berbeda-beda. Kode-kode tersebut mengindikasikan bahwa request Anda telah ditermina, tetapi server tidak menginjinkan request untuk diproses. 502 Bad Gateway merupakan error yang mengindikasikan bahwa server yang berfungsi sebagai gateway atau proxy, menerima response yang invalid (tidak sesuai) dari inbound server.

Perngertian 502 Bad Gateway Error
IDwebhost

Variasi 502 Bad Gateway Error

Dengan banyaknya software browser, web server, dan operating system (OS) di luar sana, 502 bad gateway error dapat muncul dengan beberapa tampilan yang berbeda. Mereka semua mempunyai arti yang sama. Berikut ini beberapa variasi 502 bad gateway error yang mungkin muncul :

  • 502 Bad Gateway
  • HTTP Error 502 – Bad Gateway
  • 502 Proxy Error
  • Error 502
  • HTTP 502
  • 502 Service Temporarily Overloaded
  • 502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request.
  • 502 Server Error
  • Layar putih
  • dan lainnya

Ada juga situs yang mempunyai tampilan mereka sendiri untuk menampilkan 502 Bad Gateway error.

Pengaruh 502 Bad Gateway untuk SEO

Berbeda dengan error 502, yang dipakai untuk maintenance mode pada WordPress dan memberitahukan Google untuk mengecek situs kembali di lain waktu, error 502 berpengaruh buruk ke SEO jika tidak cepat diatasi.

Jika situs Anda mengalami downtime selama 10 menit dan situs Anda di-crawl secara konsisten, crawler biasanya akan meng-crawl halaman itu dari cache halaman tersebut. Tetapi jika downtime situs Anda lama misalnya 6 jam lebih, maka Google mungkin akan melihat error 502 yang perlu untuk diperhatikan. Ini dapat mempengaruhi ranking situs Anda di Google. Jika Anda khawatir tentang itu, kami akan membahas beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Error

Error 502 bad gateway biasanya merupakan masalah network atau server. Tetapi bisa juga itu menjadi client-side issue. Jadi kita akan membahas berbagai cara mengatasi 502 bad gateway error dari sisi server maupun client. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi error 502.

Coba reload halaman situs dan hapus cache browser Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika Anda mendapatkan pesan 502 bad gateway error yaitu coba menunggu minimal satu menit lalu reload atau refresh halaman situs Anda. Ada kemungkinan error 502 muncul dikarenakan servernya overloaded dan situs akan aktif kembali.

Pengaruh 502 Bad Gateway untuk SEO
IDwebhost

Saat Anda menunggu, Anda juga dapat mencoba membuka situs di browser lain untuk melihat apakah masalah ada pada situs atau bukan. Selain itu, Anda juga dapat mengecek di downforeveryoneofjustme.com.

Situs ini akan memberi tahukan Anda jika situs Anda down atau masalah ada pada sisi client. Jika Anda sudah mereload halaman situs dan masih terlihat error itu, Anda juga dapat melakukan cara lain yang mudah yaitu dengan menghapus cache browser.

Masalah pada DNS

502 bad gateway error juga dapat terjadi karena adanya isu pada DNS, misalnya domain tidak meresolve IP yang sesuai. Jika Anda baru saja melakukan memigrasi situs WordPress Anda ke hosting baru, Anda perlu menunggu paling tidak 24 jam untuk memastikan bahwa migrasi berjalan dengan lancar. Ini tergantung pada value TTL dari DNS Anda.

Anda juga dapat mencoba menghapus cache local DNS Anda. Cara kerjanya mirip dengan cache pada browser. Pada windows, Anda hanya perlu untuk membuka command prompt dan masukkan kode berikut ini : ipconfig / flushdns. Jika berhasil, Anda akan mendapatkan pesan “successfully flushed the DNS resolver cache”.

Bagi pengguna Mac, Anda dapat memasukkan kode berikut ini ke terminal Mac Anda : dscacheutil – flushcache. Namun, Anda tidak melihat pesan apapun setelahnya.

Terakhir, Anda bisa mengubah server DNS Anda untuk sementara. Secara default, server DNS akan otomatis dipilih oleh provider internet Anda. Tetapi Anda dapat mengubah server DNSnya ke server DNS publik untuk sementara waktu.

Cek dengan hosting website Anda

Salah satu alasan utama mengapa kita mendapatkan pesan 502 bad gateway error yaitu karena adanya isu dengan hosting website. Terkadang, query, script, atau request akan memakan waktu lebih lama, oleh sebab itu request dibatalkan oleh server.

Kebanyakan hosting terutama jenis shared hosting mengimplementasikan “kill script”. Yang dimaksud dengan kill script yaitu mereka akan menghentikan request sementara waktu sehingga request ini tidak akan memengaruhi user hosting lainnya.

Matikan CDN untuk sementara waktu

Error 502 juga dapat terjadi karena adanya masalah pada CDN. Jika Anda memakai provider CDN pihak ketiga, salah satu caranya adalah dengan mematikan CDN Anda untuk sementara waktu. Anda dapat login ke situs Anda melalui SFTP lalu mengganti nama folder plugin ke cdn-enable_old. Ini untuk mematikan koneksi CDN sementara waktu.

Selain itu 502 bad gateway error juga dapat terjadi jika provider menyediakan perlindungan dari DDoS dan layanan proxy seperti Cloudflare, karena mereka mempunyai firewall extra di dalamnya. Error 502 memang sering muncul pada layanan Cloudflare gratis. Tetapi, karena Cloudflare merupakan layanan proxy yang full, tidaklah mudah untuk mematikannya.

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Error
IDwebhost

Cek plugin dan theme situs WordPress Anda

Pada kebanyakan kasus, alasan terjadinya penghentian scripts dan queries oleh server yaitu karena bad code di situs WordPress Anda. Ini dapat muncul dari plugin atau theme pihak ketiga. Selain itu, ada juga loh beberapa kasus dimana terdapat kesalahan konfigurasi plugin caching yang pada akhirnya menyebabkan 502 bad gateway error.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini yaitu dengan menon-aktifkan plugin Anda. Tenang, Anda tidak akan kehilangan data anda hanya dengan menon-aktifkan plugin. Jika Anda masih dapat mengakses admin Anda, cara yang cepat yaitu dengan menuju ke pilihan plugin lalu pilih Deactivate dari menu bulk actions.

Ini akan langsung menon-aktifkan semua plugin yang ada di situs Anda. Jika ini menyelesaikan masalah tersebut, Anda hanya tinggal mencari pada list plugin Anda yang mana menjadi menyebabkan masalah tersebut. Coba aktifkan plugin Anda satu per satu lalu reload situs Anda setelah setiap aktivasi.

Saat pesan 502 bad gateway error muncul, berarti Anda sudah menemukan sebuah plugin yang menyebabkan error 502. Selanjutnya, anda bisa meminta bantuan dari developer plugin untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jika Anda tidak dapat mengakses admin Anda, Anda dapat masuk ke FTP Anda lalu mengganti nama folder plugin Anda menjadi plugins_old. Setelah itu coba anda cek kembali websitenya. Jika ini bekerja, berarti Anda tinggal hanya mengetes masing-masing plugin. Kemudian kembalikan folder plugin Anda ke nama “plugins”. Setelah itu ganti nama tiap-tiap untuk melihat plugin mana yang bermasalah.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi 502 bad gateway error di website WordPress Anda. Biasanya ini bukan karena dari sisi klien, melainkan karena host Anda. Selain itu, Plugin dan tema pihak ketiga dengan bad code atau query yang tidak optimal juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Jika Anda masih mempunyai pertanyaan atau ingin berbagi cara mengatasi 502 bad gateway error yang mungkin belum dicantumkan di artikel ini, Silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini ya!