Wordpress Gratis, Apa Keuntungannya Bagi Pengembang ?
Blog Tips Keren

WordPress Gratis, Apa Keuntungannya Bagi Pengembang ?

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan pengguna WordPress adalah, “Mengapa WordPress gratis?” Tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan ini, tetapi, dalam artikel ini, kami akan mencoba memberikan penjelasan singkat tentang mengapa WordPress benar-benar gratis dan kemungkinan biaya yang lebih murah dalam membuat situs WordPress.

WordPress adalah bagian luar biasa dari perangkat lunak manajemen konten yang memberdayakan lebih dari 19 juta situs web di internet. Faktanya, banyak situs web terlaris dibangun di kerangka WordPress. Jika itu sepopuler seperti kelihatannya, mengapa itu gratis? WordPress gratis karena bersifat open source. Perangkat lunak sumber terbuka mengacu pada perangkat lunak apa pun yang memungkinkan Anda untuk menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan ulang dengan cara apa pun yang Anda suka. Anda mendapatkan perangkat lunak untuk membangun situs website Anda tanpa jaminan dan tidak ada opsi untuk dukungan pelanggan.

Namun, perancang WordPress menciptakan sebuah komunitas di mana orang dapat bertemu dan berbicara tentang pengalaman mereka dengan WordPress bersama dengan tantangan apa pun yang mereka hadapi. Kedepannya diharapkan pengguna WordPress lainnya memiliki solusi untuk masalah yang dihadapi oleh pengguna lain.

Meskipun WordPress bebas untuk digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan sesuai keinginan Anda, ada beberapa fungsi tertentu yang mengharuskan anda untuk membayarnya. Kami akan membahas ini ketika kita melangkah lebih jauh ke dalam artikel ini.

Bagaimana Orang-orang di Balik WordPress Menghasilkan Uang?

 

wordpress mudah
idwebhost

 

Pendiri WordPress, Matt Mullenweg, memiliki perusahaan bernama Automattic yang menyediakan solusi WordPress hosting di WordPress.com. Ini adalah ide platform hosting gratis untuk blogger baru untuk mencoba keahlian mereka di WordPress dan blogging. WordPress.com menyediakan fitur terbatas, tetapi Anda dapat membayar atau meningkatkan akun Anda agar memiliki akses ke lebih banyak fitur dan fungsi. Ini adalah salah satu cara orang-orang di balik WordPress menghasilkan uang mereka. Ada juga beberapa pengembang independen yang telah membangun bisnis yang sukses di WordPress dengan membuat plugin dan fitur komersial yang membantu pengguna WordPress meningkatkan fungsionalitas situs web mereka. Sejumlah besar dari mereka juga menyediakan hosting. Ada banyak orang yang menggunakan plugin dan tema komersial ini meskipun mereka tidak diharuskan melakukannya. WordPress memiliki lebih dari 4000 tema gratis dan lebih dari 45.000 plugin gratis untuk dipilih. Namun, tidak perlu dikatakan lagi bahwa ada banyak perbedaan antara tema gratis dan tema premium.

Apakah Ada Biaya Untuk Menggunakan WordPress?

 

wordpress gratis
idwebhost

Untuk menjawabnya, penting untuk menunjukkan cara umum menggunakan WordPress Gratis ini

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat memulai situs web Anda dengan menggunakan platform hosting gratis dari WordPress.com. Ini disebut hosting WordPress yang dikelola. Hosting WordPress yang dikelola menawarkan fitur yang sangat terbatas, dan Anda mungkin tidak dapat memonetisasi blog Anda. Namun, jika Anda ingin lebih banyak fitur seperti kemampuan untuk menggunakan tema atau plugin khusus, monetisasi, dan sebagainya, Anda harus meningkatkan ke paket premium. Tergantung pada apa yang Anda inginkan, Anda mungkin menghabiskan sebanyak US $ 300 per tahun. Namun, jika Anda lebih suka menggunakan platform seperti itu dan tidak membayar sepeser pun, maka Anda benar-benar dapat bekerja dengan paket gratis yang tersedia di WordPress.com.

Cara lain yang dapat Anda gunakan WordPress adalah dengan hosting di server Anda sendiri, atau server yang Anda sewa. Ini disebut WordPress yang dihosting sendiri. WordPress yang dihosting sendiri melibatkan pembayaran untuk ruang server tempat file WordPress Anda akan dihosting. Ini adalah contoh lain dari biaya potensial yang terlibat dalam menjalankan situs WordPress. Untuk mempunyai sendiri situs WordPress, Anda harus mengunjungi situs perangkat lunak WordPress resmi, WordPress.org, di mana Anda akan dapat mengunduh perangkat lunak WordPress. Anda kemudian harus mengunggahnya ke server Anda, menginstalnya, dan melakukan kustomisasi untuk mendapatkan fitur yang Anda butuhkan atau inginkan.

Selanjutnya…

Ini sebagian besar merupakan proses yang sederhana, namun, Anda mungkin perlu melibatkan layanan pakar WordPress jika Anda menginginkan pekerjaan yang profesional. Dan, tentu saja, Anda harus membayar untuk itu. Selain itu, Anda mungkin perlu menginstal beberapa plugin khusus dan tema khusus, daripada yang gratis yang tersedia di repositori WordPress. Semua hal ini juga akan melibatkan pembuatan beberapa bentuk pembayaran. Tema khusus yang khas harganya sekitar US $ 50 dan paket yang dihosting sendiri dapat menghabiskan biaya sekitar US $ 100 per tahun, jika Anda menggunakan penyedia web hosting seperti http://www.openhost.co.nz (host WordPress yang disarankan), di Selandia Baru. Jadi, biaya Anda akan mencapai US $ 100 atau lebih untuk hosting tahunan dan kemudian US $ 50 untuk tema premium. Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak lagi jika Anda ingin menggunakan beberapa plugin premium atau membayar desainer situs web profesional untuk membuat situs web Anda.

Baca Juga : Penting ! Ini Dia Yang Dimaksud Dengan Blog !

Mengapa Orang Membeli Tema Atau Plugin Premium?

 

wordpress untuk semua
idwebhost

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada sejumlah besar tema dan plugin WordPress untuk diunduh dan digunakan secara gratis, tersedia di WordPress.org. Namun, untuk mendapatkan desain eksklusif dan tampilan profesional, sebagian besar pemilik situs web akan memilih alternatif premium.

Alasan lain mengapa banyak pengguna memilihtema dan plugin premium karena dilengkapi dengan dukungan tambahan. Pencipta tema dan plugin gratis tidak berkewajiban untuk memberikan dukungan teknis atau pembaruan untuk perangkat lunak mereka. Dalam banyak kasus, banyak perangkat lunak ini disatukan hanya sebagai hobi atau proyek pribadi. Perangkat lunak premium di sisi lain tidak hanya menawarkan pembaruan reguler, tetapi juga menyediakan dukungan reguler, dan kadang-kadang gratis untuk pelanggan mereka. Ini adalah bisnis mereka dan mereka harus memastikan bahwa pelanggan mereka mendapatkan fungsionalitas penuh yang mereka bayar.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, tidak ada keraguan bahwa WordPress adalah perangkat lunak bebas yang mengesankan, yang memungkinkan siapa pun untuk membangun segala jenis situs web dari blog yang berhubungan dengan hobi sederhana, hingga solusi e-commerce yang rumit. Meskipun ada argumen mengenai sifatnya yang bebas, mengingat Anda pasti harus membayar setidaknya sejumlah uang untuk menikmati semua yang ditawarkan, penting untuk diingat bahwa gratis lebih dari sekadar ide biaya dalam istilah moneter murni. WordPress beroperasi di bawah lisensi opensource yang berarti bahwa hampir setiap orang dapat melakukan apa yang mereka inginkan dengannya. Bagaimana bisa lebih bebas?

Semoga artikel ini menjawab beberapa pertanyaan Anda tentang sifat gratis WordPress dan biaya potensial yang terlibat dalam menjalankan situs WordPress. Di penghujung hari, tidak ada tangkapan. Jika Anda bersedia puas dengan fitur-fitur dasar, maka nikmatilah versi gratis di WordPress.com. Namun, jika Anda menginginkan lebih banyak, maka bayarlah sebanyak yang Anda mau.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.