Mengapa Domain Penting Untuk Blogger, Influencer, dan Selebgram?

10 Okt 2019
Mengapa Domain Penting Untuk Blogger, Influencer, dan Selebgram? campaign-unlimited

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, dunia bisnis sangat banyak mengalami perkembangan. Salah satu hal yang paling menonjol kini adalah bermunculannya berbagai jenis profesi baru yang tidak terpikiran sebelumnya. Beberapa pekerjaan baru tersebut, diantaranya cukup digemari oleh masyarakat dan kalangan anak muda .Misalnya seperti blogger, influencer hingga selebgram. Jenis – jenis pekerjaan ini sangat disukai karena bersifat bebas, fleksibel dan tanpa resiko dari penyedia lapangan kerja.

Namun sayangnya masih cukup banyak dari para pelaku jenis pekerjaan tersebut yang belum paham jika domain merupakan salah satu bagian penting untuk mendongkrak dan membantu meningkatkan branding mereka.  Juga tak ketinggalan kredibilitas di dunia maya. Ada beberapa alasan mengapa Anda, terutama yang berprofesi sebagai blogger, influencer dan selebgram harus menggunakan domain yang tepat.

Dan di artikel ini Kami akan membeberkan beberapa alasan penting mengapa menggunakan domain penting bagi para blogger, influencer hingga selebgram. Namun sebelum membahas hal tersebut lebih jauh, akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu tentang apa itu domain.

Apa Itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat deretan angka-angka IP Address.

Tujuan memiliki domain adalah agar website atau aplikasi onlinenya bisa dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain. Saat ini terdapat beberapa level domain yang umum diketahui, yaitu Top Level Domain atau TLD, Second Level Domain (SLD), dan Third Level Domain. Berikut penjelasannya.

1. Top Level Domain

Adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com  atau commercial, .net atau network, .org atau dotorganization, .edu atau doteducation, .gov atau dotgoverment, .mil atau dotmilitary, .info atau dotinfo, dan lain lain. Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) serta Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD)

Adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainaku.com, maka domainaku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain

Adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainsaya.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainsaya, yaitu mail.domainaku.com atau Contact.domainaku.com.

 Nah setelah memahami dasar dari apa itu domain, sekarang tanpa perlu basa – basi lagi akan kami jelaskan tentang pentingnya domain bagi anda para blogger, influencer dan selebgram.

BACA JUGA: Cara Memilih Domain Yang Sesuai Pilihan Anda

Mengapa domain penting untuk blogger, influencer, dan selebgram?

1. Domain Penting Untuk Personal Branding

Alasan pertama mengapa domain penting untuk anda yang berprofesi sebagai blogger, influencer dan selebgram adalah untuk personal branding. Tidak bisa dipungkiri jika personal branding adalah hal yang penting di media sosial. Branding di sini bukan diartikan untuk menipu publik dengan berbagai postingan yang terencana, namun untuk menunjukkan sisi terbaik yang bisa dinilai dengan bijak sesuai harapan kita.

Banyak orang diluar sana yang berhasil karena menciptakan citra diri dan reputasi yang baik di media sosial. Orang yang terinspirasi kemudian menjadikannya sebagai sosok panutan. Walaupun begitu, ternyata media sosial dan jagad dunia maya juga penilaian banyak orang untuk menjadi tolak ukur kemampuan dan social intelligence yang digunakan oleh para perekrut pekerjaan untuk memilih calon karyawan terbaiknya.

Jadi penting untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik. Dengan menggunakan dan memiliki domain nama pribadi, reputasi anda di internet bisa dengan mudah dicari dan juga dianggap baik karena benar – benar well prepared untuk menjaga reputasi anda di internet. Anda juga dianggap akan berdedikasi dan juga menginspirasi karena memiliki domain. Bahkan. Anda bisa menjadikan website sebagai bagian dari portofolio online anda.

2. Menjaga Keamanan Brand Anda

Hal ini sangat penting. Karena ketika seseorang menjadi blogger, influencer ataupun selebgram banyak yang lupa untuk menjaga reputasi di mana saja. Karena banyak orang jahat diluar sana bisa menggunakan kepopuleran anda untuk mengambil semua domain dan juga brand nama anda agar dimiliki dan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi mereka. Atau bisa juga dijual kembali dengan harga tinggi, dan mengambil profit sebesar – besarnya memanfaatkannya untuk kepentingan mereka.

Yang lebih berbahaya lagi adalah jika hal ini disalahgunakan. Oleh karena itu penting sekali untuk memiliki domain terutama untuk brand kita yang sudah dikenal agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab pada tempat yang tidak semestinya.

3. Domain Penting Untuk Meningkatkan Kepercayaan

Apabila seseorang sudah memiliki website pribadi, secara tidak langsung kredibilitasnya akan semakin meningkat. Kepercayaan klien akan semakin tinggi terhadap brand yang melakukan kerja sama. Sudah banyak blogger yang kemudian mengenal ini, karena banyaknya persyaratan endorsement dari berbagai perusahaan besar untuk membuat kerjasama dengan blogger yang sudah memiliki domain sendiri. Salah satu alasannya “kepercayaan dan kredibilitas” tersebut.

Selain itu apabila anda adalah seorang blogger, influencer atau selebgram juga reputasi serta citra anda akan semakin meningkat. Tidak hanya di media social saja tapi di ranah jagad internet secara keseluruhan.

4. Peluang Anda Akan Semakin Bertambah dan terbuka lebar

Jika seorang blogger, influencer dan selebgram memiliki domain tentu akan memperluas jangkauannya. Tak hanya itu, memiliki domain dan membangun website, dapat membuka peluang anda untuk menjalin kerjasama dengan bisnis lain.

Reputasi sebuah website akan menjadi faktor penilai bagi calon klien anda. Mereka pasti akan terlebih dahulu mencari di search engine tentang klien yang mau mereka ajak kerjasama. Website anda merupakan penggambaran menyeluruh tentang  diri anda dan detailnya. Jadi penting sekali untuk memiliki domain supaya bisa menambah peluang anda.

Beberapa poin diatas adalah alasan mengapa jika Sahabat IDwebhost seorang blogger, influencer ataupun selebgram harus memiliki domain untuk memiliki idenditas di dunia maya.