Cara Mengaktifkan Google AMP dan Facebok Instant Articles Di WordPress

9 Agu 2019
Cara Mengaktifkan Google AMP dan Facebok Instant Articles Di WordPress campaign-unlimited

Banyak para blogger yang mencari cara bagaimana untuk bisa menaikkan trafik pengunjung pada blog mereka dan supaya halaman web mereka berada di peringkat teratas. Karena jika trafik mereka turun maka turun juga penghasilan mereka. Kami ada berita bagus untuk mengatasinya permasalahan itu, yaitu dengan memakai produk Google AMP dan Facebook Instan. Keduanya berfungsi untuk menaikkan /meningkatkan dengan cepat trafik pengunjung ke blog anda. Dan pemakaiannya juga mudah, nanti akan kami jelaskan, lebih baik sekarang anda mengenal terlebih dahulu pengertian 2 fitur tersebut.

Mengenal Google AMP (Accelerated Mobile Pages)

AMP merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Pages. AMP yaitu proyek baru dari Google yang dirancang untuk dapat meningkatkan kecepatan pemuatan web dan pengalaman pengguna melalui seluler. Anda mungkin pernah melihatnya di pencarian google dari perangkat selulermu.

AMP merupakan framework yang open source atau gratis yang merupakan cara alternative untuk menyampaikan konten kepada para pengguna. Ia berfungsi untuk mempercepat waktu loading yang dengan itu akan mengurangi berbagai fungsi kompleks pada javascript dan html yang memberatkan, anda dapat membaca pengaturan teknis untuk AMP pada website resmi mereka.

Produk ini menyajikan content dengan menggunakan server mereka, bukan server dari web anda. Sehingga akan mempercepat loading situs. Untuk menggunakan AMP, web akan diubah menjadi web yang memiliki standard google AMP, yang menyisakan hanya hal hal penting pada web tersebut, dan membuang yang tidak diperlukan.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Trafik Dengan Cepat

Mengenal Facebook Instant Articles

Mirip dengan Google AMP, Facebook Instant Articles juga merupakan cara alternative untuk menampilkan konten website dimuat dengan kecepatan fantastis kepada para pengunjung. Akan tetapi, proyek Instant Articles mempunyai beberapa perbedaan besar dari Google AMP. Facebook Instant Articles memungkinkan user Facebook untuk membaca seluruh artikel anda langsung dari aplikasi mobile Facebook, tanpa harus mengklik lalu menuju situs anda. Artikel yang dimuat seketika saat pengguna mengekliknya, jadi mereka tidak perlu menunggu sampai dimuat seluruhnya.

Tidak seperti Google AMP, Facebook Instant Articles bersifat proprietary atau bukan open source. Itu berarti bahwa situs lainnya seperti Twitter dapat secara otomatis memakai Google AMP, berbeda dengan Facebook yang harus menyetujui mitra untuk dapat menerbitkan Instan Articles ke Facebook. Untuk sementara waktu, Facebook Instant Articles ada  versi beta dan hanya tersedia untuk penerbit tertentu, namun mereka baru saja membuka fitur ini untuk siapa saja yang berprofesi sebagai editor atau administrator halaman Facebook.

Setelah mendaftar, anda dapat menambahkan Instant Articles secara manual dari halaman Facebook anda atau seacara otomatis melalui salah satu mitra penerbitan pada Facebook. Saat ini, mitra Instant Articles milik Facebook termasuk juga WordPress, Medium, RebelMouse, ShareThis, Sovrn, Tempest, Adove Analytics, Parsely, Chartbeast, Nielsen, dan SimpleReach. Saat anda menerbitkan Instant Articles di Facebook, anda juga bisa memilih untuk mengaktifkan periklanan. Anda juga bisa secara langsung menjual iklan dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Apa Saja Manfaatnya?

Untuk kedua teknologi baru ini, dapat membantu dalam meningkatkan jumlah pembaca pada konten blog sendiri. Halaman yang sesuai dengan AMP akan muncul terlebih dahulu di hasil pencarian mobile. Itu berarti bahwa meskipun konten  berada di posisi teratas, kemungkinan anda akan melihat penurunan lalu lintas dari penelusuran seluler karena laman AMP akan muncul terlebih dahulu.

Tetapi jika anda menyiapkan AMP untuk situsmu, anda dapat melihat peningkatan lalu lintas penelusuran seluler. Kecepatan loading yang meningkat juga dapat menguntungkan situsnya. Waktu pemuatan yang lambat dapat meningkatkan bouncenya, terutama di ponsel. Satu penelitian menemukan bahwa situs yang dimuat hanya 1 detik lebih cepat akan terlihat peningkatan konversi sebesar 27%.

Facebook mengatakan bahwa mengaktifkan Instant Articles untuk dapat menampilkan kontennya pada aplikasi seluler, dapat meningkatkan jumlah pembaca sebesar 20%, dan membuat mereka 70% cenderung tidak meninggalkan konten. Instant Articles juga dibagikan lebih sering sebesar 30% daripada rata-rata artikel web seluler. Meskipun anda kehilangan kendali dan manfaat supaya pembaca mengunjungi situs web anda sendiri dan tetap dapat memperoleh pendapatan iklan dari konten tersebut.

Langkah-langkah Pemasangan Google AMP dan Facebook Instant Articles di WordPress (WP)

Langkah 1 : Instal plugin PageFrog

PageFrog adalah plugin WordPress open source atau gratis yang akan memandumu melalui pemasangan Google AMP dan Facebook Instant Articles. Anda bisa memulai dengan mengunduh plugin dan menginstalnya ke situs WPmu di Plugins > Add New.

Langkah 2 : Setup Instant Articles Facebook

Setelah mengaktifkan plugin, anda akan diarahkan ke opsi atau pilihan menu Mobile Format baru. Silahkan anda klik tombol hijau yang bertuliskan “Begin Setup” untuk Facebook Instant Articles. Selanjutnya scroll kebawah sampai di langkah ke lima lalu salin URL umpan unikmu atau feed URL (yang akan dibutuhkan nanti) :

Di tab browser yang berbeda, bukalah InstantArticles.FB.com lalu tekan tombol biru bertuliskan “Sign up” :

mudah Mengaktifkan Google AMP
IDwebhost

Pilihlah laman Facebook yang ingin anda publikasikan, cek lisensi dan persyaratan, lalu tekan tombol yang bertuliskan “Access Instant Articles Tools”.

Facebok Instant Articles
IDwebhost

Selanjutnya tekanlah tombol Continue. Buka ke halaman Facebookmu lalu tekan link Publishing Tools di menu atas. Di bagian kiri menu, klik Production dibawah menu Instant Articles section. Selanjutnya Tekan tombol “Set Up” yang berada di kanan atas. Scroll ke bawah pada bagian Tools lalu klik Production RSS Feed. Tempelkan atau paste URL umpan yang tadi telah didapatkan di Langkah 1 ke dalam kotak atau kolom, dan klik Simpan :

cara mengaktifkan Facebok Instant Articles
IDwebhost

Sekarang jika anda membuka lagi ke Publishing Tools > Instant Articles, anda harus melihat daftar postingan terbaru dari umpan RSSmu. Anda harus memiliki setidaknya minimal 10 artikel untuk mengirimkan supaya ditinjau dan disetujui penerbit.

Langkah 3 : Setup Google AMP

Kembali ke dashboard WordPressmu, kemudian klik pada pilihan menu Mobile Formats. Lalu klik tombol hijau “Begin” untuk Google AMP. Ikuti langkah-langkah di popup bernomor pada gambar dibawah ini untuk menginstal plugin AMP yang terpisah :

mudah mengaktifkan Facebok Instant Articles
IDwebhost

Langkah 4 : Sesuaikan styling-mu

Bukalah menu Mobile Formats > Styling untuk mengatur style AMPmu sehingga sesuai dengan website anda :

Facebok Instant Articles di WP
IDwebhost

Sayangnya, anda hanya bisa mengubah style atau gaya Facebook Instant Articles dari Facebook, tidak dari WordPress. Selanjutnya Tekan tombol tab Instant Articles untuk menerima instruksi cara untuk mempublish artikelnya :

manfaat Facebok Instant Articles
IDwebhost

Langkah 5 : Lihat lalu-lintas website-mu bertumbuh

Tekan Mobile Formats > Pilih perangkat lunak Analisa yang anda inginkan untuk diaplikasikan. Sekarang anda dapat melacak Instant Articles dan AMP-mu serta melihat bagaimana pengaruhnya terhadap lalu lintas website-mu!

Kesimpulan

Meskipun tidak semua teknologi baru layak dipraktekkan, Google AMP dan Facebook Instant Articles dapat memberi dampak langsung pada lalu lintas dan pengunjung anda, jadi hal ini patut untuk dicoba karena anda menggunakan platform WordPress, yang mudah untuk diatur dengan menggunakan plugin PageFrog.

Itulah penjelasan singkat dari IDwebhost yang semoga dapat membantu blog anda menjadi di peringkat teratas pada halaman hasil pencarian. Kami sebagai penyedia layanan hosting juga menyediakan berbagai jasa seperti jasa VPS hosting, jasa dedicated hosting, jasa pembuatan website dan lain sebagainya. Yuk cek kami di laman IDwebhost!