Cara Menentukan Warna Untuk Website
Blog Tips Keren

Cara Menentukan Warna Untuk Website

Menentukan warna untuk website bukanlah hal yang sulit dilakukan. Terlebih lagi jika anda memang ingin membuat tampilan yang bagus dan terbaik bagi website anda. Dengan adanya tampilan website yang bagus, sudah pasti akan lebih banyak keuntungan yang bisa anda peroleh di dalamnya. Hal inilah yang akan mampu memberikan kepada anda keuntungan yang lebih jelas dan banyak kapan saja anda mau. Warna adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi pikiran siapa saja yang melihatnya. Oleh karena itu, tampilan visual pada website anda harus dipertimbangkan dengan matang. Karena tanpa sadar warna adalah sesuatu yang bisa memberikan sugesti dan juga kenyamanan bagi siapa saja yang melihatnya. Hal ini pastinya adalah sesuatu yang perlu anda pertimbangkan untuk mendapatkan lebih banyak manfaat pastinya.

Menentukan Warna Untuk Website Sangatlah Penting

 

Cara Menentukan Warna Untuk Website
idwebhost

 

Menentukan warna untuk website adalah sesuatu yang spesifik, jadi supaya bisa memberikan dampak yang efektif, ada beberapa hal yang harus anda pahami terlebih dahulu. Anda sebaiknya paham dengan teori pencampuran warna sehingga bisa memberikan kepada anda lebih banyak manfaat yang signifikan. Dengan pemilihan warna yang tepat, maka hal itu akan mampu memberikan lebih banyak keuntungaan yang dahsyat. Yang tak kalah pentingnya adalam pewarnaan tersebut, anda harus paham bahwa warna itu sendiri dibagi atas warna primer, warna sekunder, warna tersier, warna netral, dan lain sebagainya.

Warna Primer

Menentukan warna untuk website bisa dari opsi yang satu ini terlebih dahulu. Untuk jenis warna yang satu ini tidak ada pencampuran dengan warna lainnya karena sifatnya adalah mampu berdiri sendiri atau independen. Jadi anda akan melihat bahwa ini sebagai pilihan warna yang murni. Anda akan benar-benar bisa mendapatkan warna yang tepat dan sesuai kebutuhan anda. Disini anda bisa memilih warna kuning, biru, merah dan lain sebagainya dengan mudahnya. Tentu saja ini akan memberikan lebih banyak manfaat dan dampak yang signifikan didalamnya.

Warna Sekunder

Menentukan warna untuk website juga bisa dilakukan dengan penentuan untuk jenis warna tertentu didalamnya, yakni warna sekunder. Disini anda akan menemukan dua warna primer dengan proporsi yang sama dicampurkan menjadi satu. Hal ini akan menghaslkanw arna tambahan lainnya, yaitu warna oranye, hijau dan ungu. Warna ini juga memberikan manfaat jika mampu diterapkan ke website yang anda miliki.

Warna Tersier

Untuk opsi menentukan warna untuk website yang lainnya adalah warna tersier. Ini adalah campuran dari satu warna primer dan satu warna sekunder. Nantinya akan dihaasilkan warna baru yang lebih tajam, contohnya adalah warna merah.

Warna Netral

Nah untuk pemilihan warna yang satu ini pastinya sudah taka sing lagi bagi anda. Disini warna netral adalah warna yang benar-benar polos. Ini adalah warna yang umum digunakan karena mampu memberikan kepada anda kenyamanan pada saat menggunakan warna tersebut. Hal ini jelas dikarenakan warna tersebut bersifat netral. Contoh dari penggunaan warna tersebut adalah putih, hitam, cokela, krem, abu-abu dan lain sebagainya. Dengan adanya pemilihan warna tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang nantinya bisa anda dapatkan di dalamnya. Ini akan memberikan kepada anda dampak kenyamanan yang signifikan dan anda perlukan didalamnya.

Teknik Pencampuran Warna Untuk Website

 

Cara Menentukan Warna Untuk Website
idwebhost

 

Menentukan warna untuk website juga bisa anda lakukan dengan menggunakan metode pencampuran warna. Dengan metode tersebut, sudah pasti hal ini akan memberikan varian yang lebih banyak tentang warna apa saja yang sebaiknya anda pilih untuk web yang anda miliki tersebut. Anda bisa membuat suatu warna lebih terang atau lebih gelap sesuai dengan yang anda inginkan. Pada dasarnya pencampuran warna akan mampu memberikan kesan yang lebih bagus pula jika anda mampu melakukannya dengan baik. Dalam hal ini ada dua warna yang paling umum digunakan, yaitu warna Tint atau warna yang merupakan campuran dasar antara warna putih yang memiliki kesan lembut dan feminine didalamnya.

Untuk penerapan warna tint ini sangat cocok bagi anda yang ingin membuat website khusus bayi dan anak-anak. Disini anda akan mampu mendapatkan warna yang lebih ceria dan menarik. Ini adalah pilihan yang cocok bagi anda yang bergerak di bidang kecantikan dan juga sejumlah produk bayi yang menarik. Dari sini akan lebih banyak keuntungan dan manfaat hebat yang akan mampu anda dapatkan didalamnya.

Baca Juga: Panduan Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Google Ranking

Teknik pencampuran warna lainnya yang bisa anda gunakan adalah shade. Disini anda akan menggunakan pencampuran warna dengan yang dasarnya berwarna hitam. Jenis pilihan warna yang satu ini juga sangat populer dan banyak digunakan. Karena itu, tidak ada salahnya jika anda memilih jenis yang satu ini sekarang juga. Karena akan lebih banyak manfaat yang bisa anda dapatkan didalamnya dari sekarang. Yang tak kalah pentingnya adalah teknik pencampuran warna tersebut akan mampu memberikan kepada anda lebih banyak keberuntungan yang menarik lainnya. Dalam pilihan shade ini, anda bisa memadukan warna yang gelap dengan warna yang lebih terang pastinya. Jenis warna yang satu ini memiliki kesan yang elegan dan memberikan anda banyak manfaat.

Pilihan Temperatur Warna

 

Cara Menentukan Warna Untuk Website
idwebhost

 

Untuk menentukan warna untuk website juga bisa anda tentukan dengan memilih temperature warna seperti apa yang anda inginkan. Ini juga terkait dengan psikologi dari pemilihan warna itu sendiri. Ada warna yang memiliki temperature tersendiri dalam hal memberi sugesti dan menentukan suasana hati seseorang. Misalnya bisa anda lihat pada warna merah. Disini anda akan melihat bahwa warna merah memiliki kesan panas dan memiliki kesan tensi yaang sedang membara. Jadi jika anda ingin menggunakan warna yang satu ini, maka gunakan saja pada beberapa fitur atau widget yang tampil secara otomatis di website anda. Misalnya adalah tombol pop up, call to action, dan lain sebagainya. Dengan adanya pemilihan temperatur yang tepat tersebut, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang bisa anda capai didalamnya nanti. Beberapa pilihan warna tersebut antara lain adalah warna merah, warna oranye dan lain sebagainya.

Warna merah adalah simbol dari perngatan, petunjuk, kewaspadaan dan juga ketidak stabilan. Adanya pilihan warna yang tepat akan mampu memberikan dampak signifikan bagi anda yang memiliki website tertentu. Jadi jangan sampai salah dalam menentukan warna yang tepat bagi web yang anda miliki tersebut. Hal ini pastinya akan memberikan kepada anda keuntungan yang lebih jelas dan banyak.

Lawan dari warna yang emosional ini adalah warna dingin. Disini anda bisa memilih jenis warna yang dingin contohnya warna hijau, biru, ungu dan lain sebagainya. Kesan yang ada di dalamnya sudah pasti adalah lebih menenangkan dan mampu memberikan kepada anda ketentraman yang dibutuhkan. Pastikan anda mengkombinasikannya dengan pilihan warna yang mampu memberikan kesan yang tenang dan professional dengan mudah didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.