Cara Mendapatkan Supplier Terbaik untuk Bisnis Anda

9 Jun 2019
Cara Mendapatkan Supplier Terbaik untuk Bisnis Anda campaign-unlimited

Apapun jenis bisnis Anda, seorang supplier tidak bisa disepelekan karena bisa terjadi keterlambatan produksi karena bahan baku sehingga tidak terpenuhi. Oleh karena itu, banyak para pelaku bisnis yang menjalin kerjasama dengan para supplier terpercaya supaya bisa memenuhi pesanan kita. Ini tidak lain karena keberadaan seorang supplier sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda, sehingga tips untuk memilih supplier terbaik merupakan suatu kewajiban untuk diketahui.

Tips Memilih Supplier Terbaik

 

bisnis lancar dari supplier terpecaya
IDwebhost

 

Peran supplier menjadi sangat penting untuk bisnis Anda di bidang dropship, dimana Anda bertugas menjual kembali produk orang lain. Disini Anda harus memastikan stock barang agar selalu ada untuk di jual kembali.

Tidak hanya dropshipper, bisnis rokok, tekstil, dan sejenisnya pun membutuhkan jaringan supplier yang baik supaya produksi terus berjalan. Oleh karena itu, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan untuk mencari supplier dan menentukan mana yang bisa di ajak bekerja sama.  Berikut 8 faktor pentingnya :

 

Tips Memilih Supplier Terbaik
IDwebhost

1. Terdapat website

Pada umumnya sebuah website menandakan bahwa bisnis tersebut sudah mapan dan telah siap untuk diajak bekerja sama. Website adalah toko online mereka, portofolio supplier tersebut. Dengan adanya website, supplier bisa men-display semua produk yang ada sehingga akan memudahkan Anda sendiri untuk meriset.

Di website tersebut pasti supplier juga telah mencantumkan stock produk, penawaran harga dan segala informasi terkait produk. Oleh karena itu, website menandakan keseriusan dari supplier untuk menjalin kerja sama. Jadi awali dengan mencari websitenya terlebih dahulu, jika ada, Anda bisa menghubungi supplier.

2. Kualitas menjadi prioritas

Setelah Anda mendapatkan banyak informasi berbagai macam supplier dari online maupun offline, tips memilih supplier terbaik selanjutnya adalah Anda haruslah bisa memilah-milah. Kualitas akan menjadi ukuran dasar untuk memilih supplier terbaik Anda, entah itu mengenai bahan baku produksi atau untuk nantinya dijual lagi, karena pelanggan berhak mendapatkan produk yang terbaik dari Anda. Bahan baku yang buruk akan berdampak terhadap hasil produksi yang Anda akan jual, dan akan berdampak juga ke konsumen.

Yang pasti, anda janganlah mudah tergiur dengan penawaran harga yang murah, tetapi pastikan bahwa Produknya juga bagus. Usaha Anda nantinya diharapkan akan berlanjut terus dengan semakin banyaknya order, dan pelanggan anda akan melakukan order-order selanjutnya jika mereka puas dengan produk-produk yang Anda jual. Jadi sebenarnya pada pemilihan kualitas lah yang menjadi kunci berjalannya bisnis Anda.

3. Track Record Supplier

Ketika Anda sudah menemukan yang cocok, janganlah buru-buru untuk mengambil keputusan. Sebelum Anda menjalin kerjasama, pastikanlah track record supplier yang anda pilih tersebut baik dan tidak pernah ada keterlambatan atau kenaikan harga produk secara tiba-tiba. Hal ini menjadi sangat penting, karena Anda pasti tidak mau secara mendadak produksi terhambat hanya karena keterlambatan pasokan bahan baku.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan riset di berbagai komunitas yang telah menjalin bisnis sejenis dengan Anda. Atau anda bisa berkunjung ke marketplace dan forum-forum jual beli. Dengan ini Anda tidak akan tertipu oleh penampilan dan kesan pertama pada supplier. Anda bisa bertanya kepada orang-orang yang pernah melakukan transaksi dengan supplier tersebut.

4. Kapasitas Supplier

Tips memilih supplier terbaik yang lain yaitu mengenai kapasitas. Terkadang ada supplier yang mengaku dapat memenuhi semua bahan baku secara rutin seperti yang Anda minta. Namun setelah berjalan ternyata tidak sesuai ucapannya. Sebagai contoh mampu memasok cacing tanah 2 ton tiap 2 bulan namun suatu saat hanya bisa memasok 1 ton saja.

Ini dikarenakan peternaknya sendiri kewalahan memenuhi pesanan tersebut. Sebab itulah, penting bagi Anda untuk mengunjungi langsung tempat supplier tersebut dan memperkirakan akan kemampuan supplier tersebut dalam memenuhi semua pesanan Anda.

5. Meminta Sample Produk

Tips memilih supplier terbaik selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan terutama bagi Anda yang tidak mau tertipu dengan bahan KW atau tiruan ataupun tidak sesuai gambar. Jika Anda masih tidak yakin terhadap kualitas bahan baku yang di sediakan supplier, akan lebih baik jika anda meminta contoh produk tersebut dan anda pelajari sendiri kualitasnya.

 

bisnis berkembang jika supplier handal
IDwebhost

 

Sehingga Anda bisa yakin 100% dalam mengambil keputusan yang tepat. Jikalau bahan baku yang Anda pelajari bagus. Anda juga harus tetap melakukan mengenai quality control setiap bahan baku yang datang, anda jangan sampai lengah ya!.

6. Mempelajari kebijakan supplier dalam kebijakan pengembalian produk

Ketika Anda menjalankan kerjasama dengan seorang supplier yang terpercaya sekalipun, pasti akan ada satu kejadian, dimana barang yang Anda dapat tidak sesuai dengan pesanan, entah itu rusak selama dalam perjalanan, atau memang ada penurunan kualitas pada produknya.

Dan kejadian ini tentu memaksa Anda untuk melakukan pengembalian produk ke si pihak supplier. Oleh karena itu, Anda wajib untuk mempelajari syarat-syarat atau kebijakan pengembalian barang jika barang yang di dapat tidak sesuai dengan pesanan yang anda inginkan.

Hal ini untuk mencegah Anda supaya tidak mengalami banyak kerugian akibat dari bahan baku yang tidak bisa dipakai karena rusak, atau barang tidak bisa dijual kembali karena tidak layak jual.

7. Carilah yang fast respon

Kecepatan dalam menanggapi dan melayani pelanggan merupakan salah satu tips memilih supplier terbaik yang paling penting dan tidak bisa dianggap remeh. Ini bisa menjadi tolak ukur anda, seberapa serius seorang pelanggan bagi perusahaan atau supplier tersebut.

Oleh karena itu, pilihlah supplier yang bisa merespon dengan cepat. Hal ini untuk berjaga-jaga jika Anda mendapatkan keluhan dengan produk yang Anda dapat, jadi Anda jadi langsung dilayani dengan cepat dan baik Karena kecepatan Customer Service (CS) supplier juga akan berdampak terhadap kecepatan produksi pada bisnis Anda.

8. Perhatikan Konsistensi

Akan percuma kan, jika Anda mendapatkan produk yang bagus hari ini, namun di bulan-bulan berikutnya produk terjadi keterlambatan pengiriman, rusak dalam perjalanan, atau bisa tidak dikirim sama sekali. Oleh karena itu, tips memilih supplier terbaik yang terakhir ini untuk memastikan konsistensi supplier dengan mempertimbangkan jarak tempuh, sarana dan pra-sarana supplier.

Baca Juga : Mengenal eCommerce, Penjelasan Tentang Marketplace dan Toko Online

Kesimpulan

Memilih supplier yang berkualitas memang tidak terlalu sulit tetapi membutuhkan ketelitian yang tinggi. Namun dengan sedikit riset dari IDwebhost mengenai tips memilih supplier terbaik di atas, Anda bisa mendapatkan setidaknya satu supplier yang terbaik bagi bisnis Anda.