Tips Website Muncul di Halaman 1 Google
Blog Tips Keren Tips Website Muncul di Halaman 1 Google

Tips Website Muncul di Halaman 1 Google

Mengetahui cara menampilkan website di halaman pertama google memang keinginan semua orang. Terlebih jika Anda memiliki bisnis online yang mengharuskan Anda menempatkan website pada halaman utama.  Semakin sering website berada pada halaman utama, maka akan semakin banyak orang yang berkunjung ke website yang Anda kelola. Halaman utama google merupakan tampilan yang akan muncul pertama kali ketika seseorang memasukkan kata kunci di google. Ini bisa Anda manfaatkan terutama jika Anda memiliki bisnis online yang ingin dikembangkan.

Cara menampilkan website di halaman pertama google  sangat  penting bagi pemilik bisnis online. Website yang muncul di halaman utama google akan lebih banyak dikunjungi. Dalam hal ini google tidak hanya asal menempatkan website Anda pada halaman utama. Khususnya bagi Anda pemilik bisnis online tentu sangat menginginkan website berada pada halaman utama google bukan? Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah pengoptimalan SEO. SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan sehingga sangat memungkinkan website Anda berada pada peringkat paling atas.

Bagaimana trik agar website muncul di halaman utama google?

Akan tetapi, pengoptimalan SEO saja tidak cukup karena Anda harus melakukan beberapa trik agar website bisa berada di halaman utama google. Hal ini karena 75% pengguna internet hanya memperhatikan hasil pencarian google pada halaman utama google, selanjutnya harus ada pengoptimalan dari pemilik website. Lalu bagaimana caranya?

Berikut trik paling mudah agar website muncul di halaman utama google

1.Melakukan cek kecepatan website

Kecepatan website sangat penting untuk  menunjang website Anda berada pada halaman utama google. Jika ingin menginginkan website berada pada halaman utama google, maka yang harus Anda lakukan adalah memaksimalkan kecepatan website.

2.Memasang SSL

Cara membuat website di halaman pertama google sangatlah mudah, salah satunya Anda harus melakukan pemasangan SSL. SSL sangat penting untuk keamanan website. Bahkan sejak tahun 2014, google telah menetapkan penggunaan SSL certificate sebagai salah satu indikator ranking website. Website yang memiliki SSL terbukti lebin banya dkunjungi karena lebih aman terlindungi sehingga pengunjung lebih aman saat berkunjung di website Anda.

3.Menentukan keyword yang tepat

Google akan dengan mudah menyaring website dan menempatkan pada halaman utama google ketika menemukan keyword yang tepat. Dalam hal ini memilih keyword yang sesuai dengan bisnis yang Anda  kembangkan sangatlah penting agar pencarian melalui keyword bisa tepat sasaran dan akan menuju langsung ke website yang Anda kelola. Pastikan keyword yang Anda buat berkaitan dengan produk yang Anda jual.

Menampilkan website

4.Membuat konten yang berkualitas

Sebagai pembuat konten, pastikan Anda juga memposisikan sebagai pembaca. Pembaca tentunya akan menyukai konten yang berkualitas dan informatif. Dalam hal ini konten yang Anda buat harus sesuai dengan search intent sasaran pembaca. Konten tersebut juga harus memberikan jawaban yang diinginkan pembaca. Selain itu pastikan artikel yang Anda buat informatif dan memiliki struktur yang baik sehingga lebih mudah dipahami pengunjung.

5.Manfaatkan internal link

Internal link merupakan tautan yang menghubungkan dua halaman dalam suatu website. Tapi yang harus diperhatikan adalah, link yang dimasukkan harus ada kaitannya dengan konten yang Anda buat. Hal ini juga bermanfaat agar link yang Anda tautkan juga bisa menempati halaman utama google. Tak hanya itu saja, menautkan link juga memudahkan pengunjung mendapatkan artikel yang relevan.

6.Memilih ukuran gambar yang tepat

Adanya gambar tentunya akan membuat konten semakin bagus untuk dikunjungi. Namun di sini Anda perlu mengoptimalkan gambar yang sesuai dengan ukuran. Gambar yang tidak sesuai ukuran biasanya akan menyebabkan kendala pada website seperti mempengaruhi kecepatan website. Pastikan gambar yang ditampilkan sudah dioptimasi sebesar 70-80% dari ukuran aslinya sehingga hal ini juga dengan mudah akan membantu menyeleksi gambar yang Anda buat.

7.Mengintegrasikan website dengan Google Analytic

Mendapatkan peringkat utama pada halaman utama Google kurang lengkap jika tidak melibatkan yang namanya Google Analytic. Google Analytics juga memfasilitasi Anda untuk mengamati traffic website. Asal-usul, demografi, aktivitas, dan waktu yang pengunjung habiskan di dalam website dapat Anda ketahui dengan tool ini. Mungkin informasi tersebut memang tidak mempengaruhi ranking website secara langsung. Namun dengan mengandalkan Google Analytic Anda dapat menggunakannya untuk mengevaluasi konten dan user experience pada website yang Anda kelola.

8.Pastikan jika website Anda Mobile-Friendly

Berdasarkan survey yang telah dilakukan pada bulan Agustus 2019 menunjukkan bahwa 51% traffic website di dunia berasal dari perangkat mobile. Hal ini bisa diartikan bahwa website Anda harus Mobile-Friendly di mana aktifitas browsing melalui perangkat mobile semakin meningkat. Tak hanya itu saja, Google telah menetapkan kecepatan loading pada perangkat mobile sebagai salah satu faktor ranking website. Tapi untungnya, CMS seperti WordPress memudahkan  Anda untuk membuat website lebih mobile friendly.

9.Memanfaatkan Google Search Console

Tak hanya terintegrasi dengan Google Analytic, Google search console juga akan membantu Anda mengetahui performa website di pencarian Google karena sduah dilengkapi dengan beberapa tools seperti halaman paling populer di situs Anda, masalah keamanan website, ada atau tidaknya broken link dan masih banyak fitur lainnya yang akan membantu menempatkan website Anda berada pada halaman utama google.

10.Memperbaiki broken link

Memperbaiki broken link sangat penting agar pengunjung tidak kecewa dengan link yang sudah dibuka. Biasanya link akan hilang karena telah dihapus. Apabila hal tersebut terjadi, pembaca konten Anda tidak dapat menemukan halaman yang dimaksud ketika meng-klik link-nya. Dalam skala besar, ini akan mempengaruhi user experience situs Anda dan berdampak negatif terhadap rankingnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda harus sering melakukan pengecekan terhadap tautan yang sudah Anda buat sebelumnya. Untuk memudahkan pengecekan tersebut maka Anda perlu menggunakan Google Search Console.

Cara membuat website di halaman pertama google tentu tidak sulit bukan? Anda bisa menggunakan cara-cara yang sudah dibuat seperti di atas. Hal paling mudah yang harus Anda lalukan agar website muncul di halaman pertama  Google adalah dengan melakukan optimalisasi kecepatan akses website, optimalisasi mobile dan memperhatikan konten. Dengan kombinasi ketiga hal tersebut, maka dapat dipastikan website Anda bisa berada di halaman pertama utama Google.

Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.