Inilah Panduan Cara Memunculkan File Hidden di cPanel
Blog Tips Keren

Inilah Panduan Cara Memunculkan File Hidden di cPanel

Cara memunculkan file hidden di cPanel memberikan panduaan kepada anda untuk bisa memunculkan file yang tersembunyi yang ada pada bagian Control Panel pada website anda. Nantinya file tersebut akan bisa anda pergunakan untuk bisa mengkonfigurasi website yang anda miliki. Anda akan melihat bahwa file .htaccess akan memberikan beragam fungsi yang signifikan anda perlukan. Dalam hal ini, salah satu fungsi yang bisa anda pilih adalah menyediakan kepada anda fitur berupa rewrite URL. Kemudian, anda juga akan lebih mudah dalam mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya. Dalam kondisi tertentu, anda pastinya ingin membuka file yang tersembunyi pada pengaturan website anda. Untuk bisa melakukan penerapan yang tepat, silahkan melakukannya dari sekarang.

Panduan Cara Memunculkan File Hidden Di cPanel

Cara memunculkan file hidden di cPanel untuk tahap awalnya adalah anda harus memiliki terlebih dahulu akses yang dibutuhkan untuk menuju ke Control Panel yang anda miliki di akun hosting anda. Kemudian, apabila anda sudah mendapatkan akses menuju cPanel tersebut, maka anda bisa masuk ke langkah selanjutnya. Pertama, yang anda perlukan adalah masuk ke File Manager terlebih dahulu. Jadi login saja terlebih dahulu di bagian File Manager. Kemudian yaang tinggal anda lakukan adalah memilih menu File Manager yang terdapat pada kolom Files. Dari sini anda akan bisa melakukan langkah yang anda butuhkan tersebut.

 

Cara Memunculkan File Hidden Di cPanel
idwebhost

 

Cara memunculkan file hidden di cPanel bisa anda terapkan dengan mudah apabila anda tau bagaimana cara menerapkannya dengan baik. Yang selanjutnya hrus anda lakukan adalah mengakses file .htaccess yang ada didalamnya. Anda bisa memperolehnya pada direktori file yang bernama public_html. Dari sini anda bisa menggunakan File Manager dan kemudian memilih menu edit yang ada didalamnya. Apabila anda tidak menemukan file .htaccess tersebut, maka anda bisa melakukan langkah lainnya, yakni dengan memilih menu Settings yang terdapat didalamnya, kemudian pilih Show Hidden Files untuk tahapan selanjutnya dalam memunculkan file yang tersembunyi tersebut.

Apabila meski sudah centang Show Hidden Files, tapi file .htaccess tidak muncul, anda masih punya cara alternaatif lainnya. Cara tersebut adalah dengan membuat sebuah file baru .htaccess yang bisa anda lakukan dengan menggunakan File Manager yang ada didalamnya. Dengan panduan tersebut, maka anda akan bisa menuju ke tahapan langkah selanjutnya, yakni dengan cara memilih +File. Kemudian, dari sini anda hanya tinggal membuat nama file baru .htaccess, kemudian diikuti dengan memilih tombol Create New File yang ada didalamnya.

Apa Fungsi Hidden File Dalam cPanel?

Selain informasi mengenai cara memunculkan file hidden di cPanel di atas, pastinya anda juga penasaran, sebetulnya apa yang membuat file hidden ini begitu penting untuk diterapkan? Pada faktanya anda akan melihat bahwa file yang tersembunyi tersebut bisa berperan signifikan dalam melindungi data anda dari pencurian data. Jadi dengan menyembunyikannya, maka anda pun akan bisa mendapatkan kemudahan untuk bisa memunculkannya kembali suatu hari nanti. Dalam hal ini, anda bisa mencoba menerapkan cara yang tepat dari fungsi lainnya yang ada didalamnya.

 

Cara Memunculkan File Hidden Di cPanel
idwebhost

 

Pada penerapan cara memunculkan file hidden di cPanel tersebut, anda akan bisa mendapatkan kemudahan dalam rangka memanfaatkan semua yang anda butuhkan didalamnya. Dari sini anda bisa melihat sendiri bahwa hidden file juga sangat penting apabila anda melihat bahwa file yang anda miliki akan menyediakan kepada anda ruang bagi hacker untuk mencuri data tersebut jika anda tidak menyembunyikannya. Jadi jangan pernah meremehkan hal ini. Anda juga bisa menerapkannya dari sekarang.

Pada cara memunculkan file hidden di cPanel tersebut anda juga akan dibimbing tentang bagaimana cara memunculkannya kembali. Cara kerjanya juga mungkin sudah cukup familiar bagi anda yang mana anda biasanya menggunakan file manager di PC kemudian melakukan hidden terhadap file tertentu yang menurut anda cukup riskan apabila dibiarkan begitu saja. Jadi dengan adanya penerapan cara yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Hal tersebut akan mendatangkan kepada anda keuntungan yang lebih dahsyat dan nyata.

Apa Saja File Yang Sebaiknya Di-Hidden

Pada dasarnya cara memunculkan file hidden di cPanel juga bisa berlaku sebaliknya. Dimana anda pun juga bisa memunculkan file yang di hidden, tapi di sisi lain anda juga bisa menyembunyikan file tersebut. Terkait mengenai apa saja file yang sebaiknya anda hidden tersebut, ada banyak opsi signifikan yang bisa anda pilih. Opsi tersebut adalah file yang penting berisikan data sistem dari website anda. Dengan menyembunyikan file tersebut, sudah pasti anda akan terhindar beberapa ancaman yang mungkin akan bisa mengutak atik sistem anda tersebut, baik itu karena robot atau lain sebagainya.

File selanjutnya yang sebaiknya anda sembunyikan adalah file yang beriskan data penting tentang konten yang ada di web anda. Dalam hal ini beberapa file sebaiknya anda proteksi untuk menghindarkan anda dari yang namanya pencurian data. Dalam hal ini, anda bisa melakukan berbagai macam cara. Anda bsia melakukan hidden dan memproteksinya. Atau anda juga punya opsi alternatif yaitu dengan memberikan perlindungan yang lebih berlipat ganda pada file yang anda miliki tersebut. Hal ini juga akan mampu mendatangkan kepada anda manfaat yang pasti lebih besar dan juga banyak didalamnya.

 

Cara Memunculkan File Hidden Di cPanel
idwebhost

 

Baca Juga: Blog Diterima Google Adsense? Ini Rahasianya!

Anda juga bisa memilih mengaktifkan menu Firewall untuk memberikan perlindungan tambahan. Cara alternatif lainnya adalah dengan menerapkan metode yang tepat untuk memunculkan file yang tersembunyi tersebut. Apabila anda bisa melakukannya dengan baik, maka hal tersebut akan bisa memberikan keuntungan tersendiri kepada anda. Sebagaimana yang diketahui bahwa metode ini pada dasarnya memang sangat amat berguna bagi anda. Jika anda paham tentunya bahwa penggunaanya akan sangat bermanfaat apabila anda mampu memastikannya dengan mudah dari sekarang.

Tips Mengamankan File Hidden

Ada kalanya file yang tersembunyi tersebut nantinya tidak rentan dari masalah. Dalam kasus tertentu, misal server tiba-tiba error atau crash, maka anda akan melihat bahwa file yang tersembunyi tersebut pun juga akan bisa memiliki potensi mengalami kerusakan yang signifikan didalamnya. Dengan adanya metode yang tepat dalam melindungi file anda, sudah pasti akan lebih banyak yang akan bisa anda dapatkan. Proteksi yang bisa anda dapatkan nantinya antara lain adalah bagaimana caranya agar file tersebut tidak hilang karena masalah yang signifikan. Pada dasarnya memang metode yang tepat akan mampu memberikan kepada anda dampak yang terbaik didalamnya.

Jika anda ingin mengamankan file ini dari crash, error atau semacamnya, maka sebaiknya anda melakukan backup. Kenapa? Karena pada saat anda melakukan backup, anda akan masih memiliki ketersediaan data yang error tersebut. Cara backup sudah pasti bisa anda terapkan dengan mudah melalui pemilihan plugin yang ada didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.