8 Tips Untuk Memulai Usaha Dengan Mudah

11 Jun 2019
8 Tips Untuk Memulai Usaha Dengan Mudah campaign-unlimited

Merintis usaha memang tidaklah semudah apa yang ada dalam pikiran anda. Banyak hal-hal yang harus dipersiapkan nantinya. Mulai dari memikirkan jenis usaha apa yang akan dirintis sampai dengan memikirkan cara pemasarannya. Apabila Anda kurang mempunyai pengetahuan, tidak mempunyai tips untuk memulai usaha dan kurang serius dalam memulai usaha tersebut.

Maka dapat dipastikan bahwa usaha Anda tidak akan berkembang bahkan bisa beresiko mengalami kerugian. Bagi Anda yang sudah berniat untuk mulai membuka usaha, alangkah baiknya anda simak terlebih dahulu beberapa tips memulainya pada penjelasan di bawah ini ya!

8 Tips Memulai Usaha dengan Mudah

Sebagian calon pengusaha, memakai jasa konsultasi bisnis dan berharap bisa mendapatkan strategi serta perencanaan matang sebelum merintis sebuah usaha bukanlah hal yang salah. Namun, Anda tidak perlu repot untuk menggunakan jasa tersebut, karena kami akan membahas delapan tips untuk memulai usaha, sebagai berikut :

1. Tentukan jenis usaha anda

Anda ingin membuka usaha/bisnis apa? Pertanyaan tersebut mungkin muncul dalam benak Anda. Ini dikarenakan menjadi hal yang penting bagi calon pengusaha untuk menentukan jenis usaha serta bagaimana cara membaca peluang yang mempunyai prospek cerah.

Alangkah baiknya, jenis usaha yang akan anda bangun disesuaikan dengan keahlian dan minat Anda. Akan menjadi sia-sia jika Anda menjalankan usaha yang tidak Anda sukai. Usaha yang dijalankan setengah hati atau sekedar ingin ikut-ikutan akan memunculkan rasa menyerah atau tidak semangat di tengah jalan. Dan hal tersebut justru akan membuat merugikan anda baik dari keuangan dan waktu yang terbuang percuma.

membangun usaha dengan baik dan benar
IDwebhost

Baca Juga : Tips Keren Memulai Bisnis Web Hosting

2. Lakukan survei

Tips memulai usaha selanjutnya yaitu melakukan survei di lapangan. Mengapa melakukan survei? supaya Anda mengetahui seberapa besar peluang usaha anda tersebut. Apakah usahanya mempunyai potensi keberhasilan yang tinggi ataukah tidak. Lalu apa sih yang harus disurvei?

  • Jumlah persaingan
    Survei di lapangan untuk memantau jumlah persaingan usaha sejenis yang akan bermanfaat supaya Anda bisa mencari informasi mengenai kualitas dan ciri khas dari produk pesaing, bagaimana prosedur pelayanan serta berapakah harga yang mereka tawarkan. Dengan demikian, Anda bisa mempunyai strategi persaingan dengan para pesaing yang sejenis.
  • Lokasi strategis
    Survei lokasi adalah salah satu yang perlu dilakukan. Tujuannya untuk mengetahui dilokasi manakah yang sekiranya mempunyai potensi bagus untuk mengembangkan bisnis Anda.
  • Perilaku konsumen
    Sebaiknya pilih jenis usaha yang banyak dibutuhkan orang dan tinggi daya belinya dari konsumen. Oleh karena itu, survei tentang konsumen juga merupakan hal yang perlu dilakukan. Sebagus apapun Anda menjalankan usaha, jika konsumen memiliki daya beli rendah atau kurang diminati konsumen maka tetap akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.
Tips Memulai Usaha dengan Mudah
IDwebhost

3. Persiapkan modal

Merintis usaha dari nol, itu bukan berarti memulai usaha tanpa modal lho. Saat anda berbisnis di dunia maya pun, Anda tetap membutuhkan modal setidaknya berupa gadget dan terkoneksi internet. Oleh karena itulah, hitunglah dengan baik berapa modal untuk memulai bisnis Anda?

Pada umumnya, bisnis yang bermodal besar ataupun bermodal kecil sama saja peraturannya, maka jangan habiskan seluruh modal Anda untuk kebutuhan bisnis yang akan dimulai. Sisihkanlah modal anda minimal 40% untuk cadangan.

Dana cadangan akan berguna untuk mengantisipasi jika terjadi masalah pada usaha Anda. Mengapa? Sebab setiap usaha pasti memiliki resiko kesalahan dan kegagalan. Tips memulai usaha lainnya yaitu sangat dianjurkan untuk memiliki modal sendiri, bukan modal dari pinjaman.

Dengan demikian Anda bisa mengendalikan keuangannya. Bayangkan jika meminjam modal dari bank. Usaha Anda belum tentu meraih keuntungan besar namun setiap bulan anda harus mengangsur pinjaman plus bunganya yang tidak sedikit dan itu akan sangat merugikan anda.

4. Perencanaan maksimal

Meskipun usaha yang akan Anda mulai hanya membutuhkan modal kecil tetapi bukan berarti perencanaannya yang asal-asalan. Dengan Perencanaan yang matang untuk memulai usaha akan meminimalisir kesalahan dan kegagalan.

Perlu anda ketahui bahwa kebanyakan pelaku usaha yang mengalami resiko kegagalan merupakan akibat dari perencanaan yang tidak matang.

Lalu Bagaimana tips untuk memulai usaha dengan perencanaan yang matang? Perencanaan usaha itu mencakup seperti penentuan misi, visi, tujuan, strategi bisnis, kebijakan, prosedur dan aturan serta anggaran untuk menjalankan usaha. Pada intinya, suatu perencanaan usaha itu penting supaya usaha anda mampu mendapatkan hasil yang sesuai target.

5. Keunikan produk

Persaingan saat menjalankan usaha merupakan hal yang umum terjadi. Sebab itulah, produk Anda juga sebaiknya harus mempunyai daya tarik yang unik menarik sehingga berbeda dan tidak seperti para pesaing. Definisikanlah mengenai keunikan produk Anda pada konsumen.

6. Kelola keuangan dengan baik

Pernahkah anda melihat pedagang yang usahanya telah tersebar beberapa cabang? Mungkin saja Anda berfikir membutuhkan modal besar untuk menambah cabang usaha. Namun umumnya pengusaha tersebut dikarenakan usahanya memang mempunyai masa depan yang bagus, sebab mempunyai manajemen keuangan yang baik serta bisa menjaring konsumen lebih banyak.

Tips memulai usaha dalam pengelolaan keuangan yaitu dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Meskipun Anda mempunyai modal besar tetapi jika pengelolaan keuangan buruk, maka hal tersebut tetap akan membahayakan masa depan bisnis Anda.

mulai bisnis anda dengan 8 tips berikut ini
IDwebhost

7. Lakukan promosi

Sebagus apapun jenis produk anda tidak lantas menjadikan konsumen banyak berdatangan untuk membelinya. Maka tips memulai usaha selanjutnya adalah melakukan promosi supaya calon konsumen lebih mengenal dengan produk Anda. Cara promosinya pun sangat beragam diantaranya seperti dari mulut ke mulut, brosur, iklan di media ataupun dengan promosi melalui beragam media sosial.

Supaya minat calon customer semakin besar, Anda bisa memberikan berbagai diskon, menyediakan kupon atau voucher, ataupun bentuk promosi beli 3 gratis 1. Untuk mengembangkan usaha, memang sangat membutuhkan strategi pemasaran handal supaya mampu bersaing dengan para pengusaha lain yang menawarkan jenis produk yang sejenis.

8. Bangun jaringan

Networking atau membangun jaringan dengan pihak lainnya supaya saling menguntungkan, itu akan menjadi tips memulai usaha selanjutnya. Networking mempunyai peranan penting terhadap kelangsungan usaha. Berusahalah untuk membangun jaringan bersama para pengusaha yang produknya sejenis dengan produk Anda.

Membangun jaringan tidak membuat pesaing anda semakin bertambah. Namun sebaliknya, mereka bisa membantu Anda untuk menyebarkan promosi. Dengan networking, Anda juga bisa berbagi pengalaman bahkan bertanya serta semakin belajar mengenai usaha Anda. Belajarlah pada pengusaha yang sudah berpengalaman sehingga akan menambah wawasan bisnis Anda.

Memang bukan hal mudah untuk memulai usaha. Membutuhkan pengorbanan waktu dan biaya supaya usaha bisa terus berkembang sesuai keinginan. Kunci keberhasilan memulai usaha yaitu kuat mental dan pantang menyerah terutama ketika anda sedang mengalami masa-masa sulit saat menjalankan usaha.

Kesimpulan

Itulah 8 tips untuk memulai usaha dengan mudah. Membangun usaha perlu kesabaran, ketelitian dan semangat pantang menyerah. Persiapkan segalanya mengenai jenis usaha yang akan anda bangun. Pastikan semuanya telah siap lalu mulailah.

IDwebhost selain membagikan berbagai konten artikel edukatif yang menarik juga pengembangan website serta bisnis terkini. Tentu itu semua untuk membantu bisnis anda. Selain itu, kami juga menyediakan paket domain dan hosting murah yang telah dipercaya oleh banyak orang. Semoga artikel diatas dapat membantu anda ya!