Inilah Yang Dibutuhkan Saat Memulai Bisnis Menjadi Dropshipper
Blog Tips Keren Inilah Yang Dibutuhkan Saat Memulai Bisnis Menjadi Dropshipper

Inilah Yang Dibutuhkan Saat Memulai Bisnis Menjadi Dropshipper

Jika dibedah secara teknis, dropshipping merupakan sebuah proses sebuah pengiriman barang yang dilakukan secara langsung kepada customer. Yang berasal dari pemasok atau supplier yang menjadi pihak ketiga atau biasa dikenal dengan vendor. Proses tersebut dilakukan tanpa perantara yang lain contohnya untuk menyimpan barang dilokasi milik Anda. Sederhananya, menjadi dropshipper memang lebih mirip dengan bisnis reseller yang selama ini sudah sering didengar. Bedanya, pada bisnis dropshipper pihak yang menjual memang tidak melakukan kegiatan untuk menstok barang. Dan penjual juga tidak terlibat dalam proses pengiriman barang ke yang memesan. Dalam kata lain, penjual memang meneruskan yang berasal dari pihak pembeli ke pihak yang menjadi supplier-nya. Sehingga nantinya, supplier yang nantinya akan mengirimkan barang kepada pembeli atas nama penjual.

menjadi dropshipper

Perkenalan Menjadi Dropshipper

Jika pada akhirnya Anda menjadi seorang dropshipper, maka Anda tidak perlu lagi untuk memerlukan modal yang cukup besar. Menjadi dropshipper memang hanya memerlukan modal kuota internet yang cukup, koneksi dan juga relasi dengan supplier. Selain itu Anda juga membutuhkan media yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan barang di internet.  Jika Anda memilih membuka usaha dengan sistem dropshipper, maka Anda tidak perlu membeli atau sekedar membayar dengan harga yang sama agar bisa mendapatkan barang yang dijajakan. Keuntungan lain adalah Anda tidak perlu untuk menyetok barang agar bisa diperjualbelikan kepada pembeli. Namun, Anda juga harus tetap memposting berbagai konten agar penjualan Anda lancar. Ada begitu banyak online store yang telah mendukung dropshipping seperti Shopee, Tokopedia dan lain sebagainya. Tidak hanya menggunakan market place, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial lainnya seperti blog ataupun website yang Anda miliki.

Manfaat atau Keuntungan Menjadi Dropshipper

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh dari bisnis dropship yang Anda jalani. Berikut ini merupakan manfaat yang bisa Anda peroleh.

1. Modal Kecil

Sebagai seorang dropshipper, Anda tidak perlu untuk investasi atau mencari modal yang banyak. Modal yang besar biasanya diperuntukkan oleh reseller atau bisa jadi penjual yang nantinya akan melakukan sebuah bisnis dengan cara tradisional. Dengan memilih untuk melakukan dropshipping, Anda tidak lagi perlu membeli produknya terlebih dahulu kecuali customer memang sudah melakukan transaksi pembelian terlebih dahulu. Nantinya, Anda hanya menerukan uang yang telah Anda terima dari pembeli dan langsung bisa mengambil keuntungan yang Anda dapatkan. Modal Anda juga menjadi lebih sedikit karena tidak perlu memikirkan biaya sewa ataupun membeli tempat penyimpanan untuk memuat barang dan produk yang nantinya akan Anda jual.

2. Menjadi Dropshipper Sangat Mudah Dijalankan

Memilih dropshipiing merupakan salah satu jalan bisnis yang sangat mudah untuk dijalankan. Walaupun Anda hanya melaksanankannya sendiri. Walaupun demikian, Anda tidak lagi diribetkan dengan produk dan juga pembeli secara langsung. Menjalankan sebuah bisnis pada era saat ini memang membuat semua hal menjadi lebih mudah. Bahkan Anda juga membuat sebuah konten berdasarkan penjelasan yang Anda dapat dari supplier. Anda tidak lagi perlu untuk mengurus bagian inventarisasi, pengelolaan gudang, pengemasan dan juga pengiriman barang.

3. Lokasi dan Waktu Berjualan Yang Fleksibel

Tentang lokasi dan waktu merupakan hal yang sudah dipastikan sangat flexible. Anda yang nantinya bisa mengatur sendiri kapan Anda akan memulai untuk membukan online store dan sampai pada pukul berapa Anda akan memulai dan juga menutup transaksi. Sebagai dropshipper nantinya Anda langsung bisa menjalankan usaha tersebut dimana saja didukung dengan koneksi internet yang bisa memadai.

4. Berbagai Pilihan Produk Yang Sangat Bervariasi

Menjadi dropshipper memang tidak terlalu melelahkan seperti pebisnis lainnya yang melakukan transaksi secara fiisik. Tetapi, hal ini akan dikembalikan ke Anda yang bisa langsung mengatur waktu dan sampai mana pada kegiatan Anda untuk meladeni seorang pelanggan atau customer.

menjadi dropshipper

Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Dropshipper

1. Pilihlah Supplier Yang Tepat

Dalam memilih supplier yang baik, dapat Anda lihat dari berbagai komponen. Contohnya adalah kecepatan respon yang diberikan kepada pelanggan, jarak dari toko dengan lokasi tempat Anda tinggal dan juga rekam jejak dari penjual tersebut. Anda tidak bisa mengambil patokan yang berasal dari harga murah yang mereka tawarkan. Tetapi harus juga memperhatikan poin-poin tersebut agar bisnis dropshipper Anda bisa menjadi sustainable dalam waktu yang lama.

2. Jadilah Penjual Yang Spesialis

Suatu kemudahan dalam menjalakan sebuah bisnis dengan sistem dropshipping adalah membuat para pelaku yang menjalankan menjadi gelap mata. Hasilnya akan berpengaruh pada niche atau kategori produk yang nantinya akan dijual mejadi tidak fokus dan malah melebar kemana-mana. Hal tersebut tentu tidak boleh terjadi kepada pada dropshipper pemula apalagi akan membuat susah diri sendiri agar bisa masuk ke dalam persaingan bisnis dengan para kompetitor.

menjadi dropshipper

3. Hindari Berjualan Produk yang Musiman

Menjadi dropshipper yang menjual produk musiman sangat sah. Namun, metode tersebut akan menjadi kurang menguntungkan untuk para pemain dropship dalam jangka waktu yang lama, karena hanya mengincar profit atau keuntungan yang stabil sebagai bentuk penghasilan sampingan.

4. Selalu Mengutamakan Produk yang Tidak Mudah Rusak

Walaupun berstatus sebagai penjual,, dropshipper juga nantinya akan berurusan dengan produk return atau pengembalian barang yang sudah dibeli. Agar Anda tidak terlalu repot dan juga menyita waktu yang banyak, maka Anda bisa memilih untuk menjual produk yang tidak mudah rusak. Hal tersebut juga bisa Anda lakukan sebagai langkah dalam sebuah antisipasi jika supplier tidak menerima pengembalian barang.

5. Selalu Perlakukan Customer Seperti Raja

Memang bukan menjadi sebuah rahasia jika dari pihak penjual perlakuan yang dilakukan terhadap customer menjadi tolak ukur dalam keberlangsungan sebuah bisnis perusahaan. Demikian halnya degan dropship, walaupun secara teori sifatnya hanya dijalankan satu orang dan juga masih membantu untuk menjualkan produk orang lain, tetapi Anda juga harus ramah dan berusaha untuk tetap menghargai apa yang disampaikan oleh calon customer Anda.

menjadi dropshipper

Kesimpulan

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam menjadi dropshipper adalah berkaitan dengan fleksibilitas pengelolaan karena memang tidak harus berpatokan pada jam kantor dan dapat juga dikelola dari dalam rumah meskipun hanya bermodal smartphone saja. Tentunya dengan menempuh metode dropshipping, Anda akan terbebas dari biaya sewa toko dan juga modal awal untuk melakukan pembayaran pada stok produk. Dan juga sebuah resiko kerusakan yang bisa saja terjadi karena menyimpan produk yang tidak laku dijual dipasaran.

Namun, Anda tetap bisa menawarkan produk kepada calon pelanggan Anda, walaupun produk tersebut belum ada di tangan Anda. Baru kemudian setelah dealing, dan pembeli juga sudah melakukan konfirmasi pembayaran maka Anda bisa meneruskan orderan tersebut kepada pihak supplier. Menjadi dropshipper memang dapat ditekuni oleh semua orang. Asalkan mempunyai niat dan juga kemauan yang besar. Namun, terlepas dari kesemua itu, kadar kesuksesan masing-masing ditentukan oleh usaha dan juga doa.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.