Mempersiapkan Online Marketing Untuk Bisnis
Blog Tips Keren Mempersiapkan Online Marketing Untuk Bisnis

Mempersiapkan Online Marketing Untuk Bisnis

Cara memulai bisnis online memang dapat dipelajari oleh siapa saja, termasuk Anda tentunya. Siapapun juga bisa sukses dengan memulai bisnis online asal menggunakan panduan yang tepat. Memang tidak mudah mempersiapkan online marketing untuk sebuah bisnis. Tetapi tentu saja hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Berikut ini ada tujuh langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai dan juga belajar bisnis online secara gratis:

Mempersiapkan Online Marketing dengan Menemukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Produk merupakan komponen yang sifatnya vital dalam sebuah bisnis online. Dengan mengadakan produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar, tentunya Anda masih mempunyai potensi agar bisa memenangkan pasar. Saat ini jika yang produk yang Anda sediakan ternyata tidak dibutuhkan pasar, maka kemungkinan besar akan mengalami kegagalan. Dalam sebuah penelitian dari CBS Insight, 42 persen perusahaan rintisan mengalami bangkrut karena mengalami kegagalan dalam mengidentifikasi kebutuhan pasar. Yang menyebabkan kegagalan adalah karena produk yang mereka tawarkan tidak berhasil dalam menyelesaikan masalah calon konsumen. Yang perlu Anda ingat adalah dengan membeli produk Anda, hal pertama yang harus ada dalam pikiran konsumen adalah masalah yang mereka hadapi bisa terselesaikan. Sehingga, jika akan memulai bisnis online, apapun itu, yang harus pertama kali Anda fikirkan adalah apakah produk tersebut dibutuhkan pasar. Dan apakah produk tersebut dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi konsumen.

mempersiapkan online marketing

Mempersiapkan Online Marketing dengan Mulai Melakukan Riset Pasar

Setelah Anda memilih satu permasalahan yang mempunyai potensi bisnis, sudah saatnya untuk memulai fokus riset yang ada pada bidang tersebut. Riset pasar dilakukan karena merupakan cara terbaik agar bisa menemukan suatu ide bisnis online. Anda juga nantinya akan membutuhkan data yang bersifat obyektif yang bertujuan sebagai fondasi dari bisnis online yang kuat. Dengan riset pasar yang Anda lakukan ini, Anda nantinya akan bisa mendapatkan data tersebut. Sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang didasari pada data obyektif, bukan hanya sekedar asumsi maupun opini.

Menganalisa Kompetitor

“Keep your friends close and your enemies closer”

Adalah sebuah pepatah yang cocok untuk diaplikasikan ketika Anda akan memulai sebuah bisnis online. Agar bisa mengalahkan competitor, Anda juga harus mempelajari competitor Anda terlebih dahulu. Mulai dari kelebihan mereka, cara mereka mendekati konsumen, hingga apa yang menjadi kekurangan mereka. Dengan informasi tersebut, Anda juga bisa membuat produk yang nantinya bisa bersaing dengan competitor. Berikut ini merupakan cara untuk melakukan analisa pada persaingan dengan competitor yang lain:

  1. Mempersiapkan Online Marketing dengan Kelompokkan Kompetitor

Anda dapat mengelompokkan competitor ke dalam tiga kategori yang berbeda, yaitu kompetitor utama, competitor sekunder, kompetitor tersier. Dengan melakukan hal tersebut bisa membantu Anda fokus. Dan priotitas utama Anda selanjutnya adalah memenangkan persaingan dengan bisnis online yang berada di kategori competitor utama.

  1. Mengujungi Website Kompetitior

Selanjutnya, Anda bisa memulai untuk fokus pada beberapa competitor yang sudah Anda pilih, utamakan pada competitor utama Anda. Anda dapat mengujungi website mereka dan perhatikan secara detail setiap poinnya.

  1. Mempersiapkan Online Marketing dengan Mengujungi Media Sosial Kompetitor

Selain menganalisa web resmi, Anda juga harus mulai menganalisis media sosial milik competitor tersebut.

  1. Mencari review dan mengidentifikasi market positioning competitor

Setelah melakukan analisa dari website dan media sosial, Anda juga harus melakukan checking pada review pelanggan mereka. Bisa dimulai dari review produk, Anda nantinya akan mendapatkan informasi penting yang berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan competitor dari mata pelanggan. Hasil dari analisis nantinya akan bisa disimpulkan market positioning competitor Anda. Market positioning disini merupakan citra atau image dari sebuah produk yang ada di persepsi pelanggan masing-masing.

mempersiapkan online marketing

Mulailah Mencari Model Bisnis

Riset yang Anda lakukan, tentunya tidak berhenti pada target pelanggan atau produk yang nantinya akan Anda jual. Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah menentukan model bisnis mana yang paling menguntungkan. Karena, meskipun Anda menjual produk yang sama, tentunya cara menjual yang dilakukan bisa berbeda-beda. Apapun pilihan model bisnis online Anda nantinya, tetap saja Anda harus mempersiapkan hal teknis agar dapat menjalankan bisnis online.

Mempersiapkan Online Marketing dengan Mentukan Target Pasar

Sebenarnya, dengan melakukan riset pasar dan juga analisis competitor yang sudah Anda lakukan adalah hal mendasar untuk melakukan langkah berikutnya. Yaitu menentukan target pasar. Target pasar merupakan sekelompok orang yang mempunyai karakteristik yang sama dan sangat memungkinkan untuk membeli produk yang Anda buat. Apalagi, setiap produk juga sebenarnya mempunyai pasarnya masing-masing. Dengan menentukan target pasar yang jauh lebih spesifik, Anda dapat mengembangkan produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Tidak hanya itu, Anda nantinya juga akan jauh lebih mudah dalam menyusun strategi marketing yang akan Anda jalankan.

mempersiapkan online marketing

Menentukan Produk Yang Bisa Dijual Secara Online

Dalam menentukan produk apa saja yang bisa dijual secara online, bisa Anda temukan jawabannya berdasarkan data dari hasil riset pasar, analisis kompetitor dan target pasar Anda. Sehingga Anda juga harus memastikan produk yang Anda buat sudah sesuai dengan kebutuhan target pasar. Beberapa contoh produk fisik atau digital yang bisa Anda jual secara online adalah Handphone, furniture, snack, alat kesehatan, oleh-oleh, ebook, atau software. Sedangkan untuk jasa yang bisa Anda pasarkan secara online adalah Pemesanan tiket, booking hotel, pengiriman barang, atau layanan online marketing. Yang perlu Anda perhatikan adalah apapun pilihannya, baik produk maupun jasa yang Anda tawarkan harus mempunyai unique selling points (UPS) agar bisa bersaing dengan para competitor.

mempersiapkan online marketing

Membuat Website Resmi

Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis online belum afdol jika Anda belum membuat sebuah website. Alasan pasti Anda harus membuat website untuk bisnis online Anda adalah karena pelanggan Anda yang menginginkan. Dari survey yang dilakukan oleh Verisign, terdapat 56 persen orang yang tidak percaya pada bisnis online yang tidak mempunyai website resmi. Ketika pelanggan tidak percaya dengan bisnis online Anda, maka mereka akan mencari alternative lain. Anda juga harus tahu jika banyak competitor di luar sana yang sangat berpotensi untuk merebut pelanggan Anda. Sehingga, jika Anda tidak ingin pelanggan lari ke competitor, Anda harus bisa meyakinkan mereka jika bisnis online yang Anda jalankan adalah benar dan bukan tipuan belaka. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mempunyai website yang resmi.

Dengan membuat sebuah website resmi, Anda akan mempunyai domain sendiri. Secara sederhananya, domain merupakan sebuah alamat website yang unik dan akan tidak mungkin dapat ada dua domain yang sama persis. Sehingga, Anda dapat dengan mudah akan mengarahkan konsumen Anda agar bisa megunjungi website resmi yang sudah Anda buat sebelumnya. Dalam membuat sebuah website bisnis online juga tidak mudah. Anda tidak diharuskan untuk paham dan juga menguasai programming atau coding dalam membuat website. Karena bisa dengan memanfaatkan wordpress untuk membuat sebuah website bisnis online.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.