Mempersiapkan Online Marketing Untuk Bisnis

26 Agu 2023
Mempersiapkan Online Marketing Untuk Bisnis campaign-unlimited

Cara memulai bisnis online memang dapat dipelajari oleh siapa saja, termasuk kamu tentunya. Siapapun juga bisa sukses dengan memulai bisnis online asal menggunakan panduan yang tepat. Memang tidak mudah mempersiapkan online marketing untuk sebuah bisnis.

Tetapi tentu saja hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Berikut ini ada tujuh langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai dan juga belajar bisnis online secara gratis:

Mempersiapkan Online Marketing dengan Menemukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Produk merupakan komponen yang sifatnya vital dalam sebuah bisnis online. Dengan mengadakan produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar, tentunya kamu masih mempunyai potensi agar bisa memenangkan pasar.

Saat ini jika yang produk yang kamu sediakan ternyata tidak dibutuhkan pasar, maka kemungkinan besar akan mengalami kegagalan. Dalam sebuah penelitian dari CBS Insight, 42 persen perusahaan rintisan mengalami bangkrut karena mengalami kegagalan dalam mengidentifikasi kebutuhan pasar.

Yang menyebabkan kegagalan adalah karena produk yang mereka tawarkan tidak berhasil dalam menyelesaikan masalah calon konsumen. Yang perlu diingat adalah dengan membeli produkmu, hal pertama yang harus ada dalam pikiran konsumen adalah masalah yang mereka hadapi bisa terselesaikan.

Sehingga, jika akan memulai bisnis online, apapun itu, yang harus pertama kali dipikirkan adalah apakah produk tersebut dibutuhkan pasar. Dan apakah produk tersebut dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi konsumen.

mempersiapkan online marketing

Langkah-Langkah Pemasaran Online

Setelah memilih satu permasalahan yang mempunyai potensi bisnis, sudah saatnya untuk memulai fokus riset yang ada pada bidang tersebut.

Riset pasar dilakukan karena merupakan cara terbaik agar bisa menemukan suatu ide bisnis online. Kamu nantinya akan membutuhkan data yang bersifat obyektif yang bertujuan sebagai fondasi dari bisnis online yang kuat. Dengan riset pasar yang dilakukan ini, kamu nantinya akan bisa mendapatkan data tersebut. Sehingga kamu bisa mengambil keputusan yang didasari pada data obyektif, bukan hanya sekedar asumsi maupun opini.

Menganalisa Kompetitor

“Keep your friends close and your enemies closer”

Adalah sebuah pepatah yang cocok untuk diaplikasikan ketika akan memulai sebuah bisnis online. Agar bisa mengalahkan kompetitor, kamu juga harus mempelajari kompetitor terlebih dahulu. Mulai dari kelebihan mereka, cara mereka mendekati konsumen, hingga apa yang menjadi kekurangan mereka.

Dengan informasi tersebut, kamu juga bisa membuat produk yang nantinya bisa bersaing dengan kompetitor. Berikut ini merupakan cara untuk melakukan analisa pada persaingan dengan kompetitor yang lain:

Mempersiapkan Online Marketing dengan Kelompokkan Kompetitor

Kamu bisa mengelompokkan competitor ke dalam tiga kategori yang berbeda, yaitu kompetitor utama, competitor sekunder, kompetitor tersier. Dengan melakukan hal tersebut bisa membantumu fokus. Dan priotitas utamamu selanjutnya adalah memenangkan persaingan dengan bisnis online yang berada di kategori competitor utama.

Mengujungi Website Kompetitior

Selanjutnya, kamu bisa memulai untuk fokus pada beberapa kompetitor yang sudah dipilih, utamakan pada kompetitor utama. Kamu dapat mengujungi website mereka dan perhatikan secara detail setiap poinnya.

Mempersiapkan Online Marketing dengan Mengujungi Media Sosial Kompetitor

Selain menganalisa web resmi, kamu juga harus mulai menganalisis media sosial milik kompetitor tersebut.

Mencari review dan mengidentifikasi market positioning competitor

Setelah melakukan analisa dari website dan media sosial, kamu juga harus melakukan checking pada review pelanggan mereka. Bisa dimulai dari review produk, kamu nantinya akan mendapatkan informasi penting yang berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan kompetitor dari mata pelanggan.

Hasil dari analisis nantinya akan bisa disimpulkan market positioning competitor. Market positioning disini merupakan citra atau image dari sebuah produk yang ada di persepsi pelanggan masing-masing.

mempersiapkan online marketing

Mulailah Mencari Model Bisnis

Riset yang dilakukan, tentunya tidak berhenti pada target pelanggan atau produk yang nantinya akan kamu jual. Kemudian, yang harus dilakukan adalah menentukan model bisnis mana yang paling menguntungkan.

Karena, meskipun kamu menjual produk yang sama, tentunya cara menjual yang dilakukan bisa berbeda-beda. Apapun pilihan model bisnis online nantinya, tetap saja kamu harus mempersiapkan hal teknis agar dapat menjalankan bisnis online.

Mempersiapkan Online Marketing dengan Mentukan Target Pasar

Sebenarnya, dengan melakukan riset pasar dan juga analisis competitor yang sudah dilakukan adalah hal mendasar untuk melakukan langkah berikutnya. Yaitu menentukan target pasar. Target pasar merupakan sekelompok orang yang mempunyai karakteristik yang sama dan sangat memungkinkan untuk membeli produk yang dibuat.

Apalagi, setiap produk juga sebenarnya mempunyai pasarnya masing-masing. Dengan menentukan target pasar yang jauh lebih spesifik, Kamu bisa mengembangkan produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Tidak hanya itu, kamu nantinya juga akan jauh lebih mudah dalam menyusun strategi marketing yang akan dijalankan.

mempersiapkan online marketing

Menentukan Produk Yang Bisa Dijual Secara Online

Dalam menentukan produk apa saja yang bisa dijual secara online, bisa kamu temukan jawabannya berdasarkan data dari hasil riset pasar, analisis kompetitor dan target pasar. Sehingga kamu juga harus memastikan produk yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan target pasar.

Beberapa contoh produk fisik atau digital yang bisa dijual secara online adalah handphone, furniture, snack, alat kesehatan, oleh-oleh, ebook, atau software.

Sedangkan untuk jasa yang bisa kamu pasarkan secara online adalah pemesanan tiket, booking hotel, pengiriman barang, atau layanan online marketing. Yang perlu diperhatikan adalah apapun pilihannya, baik produk maupun jasa yang kamu tawarkan harus mempunyai unique selling points (UPS) agar bisa bersaing dengan para competitor.

mempersiapkan online marketing

Membuat Website Resmi

Jika memutuskan untuk memulai bisnis online, belum afdol jika kamu belum membuat sebuah website. Alasan pasti kamu harus membuat website untuk bisnis online adalah karena pelanggan yang menginginkan. Dari survey yang dilakukan oleh Verisign, terdapat 56 persen orang yang tidak percaya pada bisnis online yang tidak mempunyai website resmi.

Ketika pelanggan tidak percaya dengan bisnis onlinemu, maka mereka akan mencari alternative lain. Kamu juga harus tahu, jika banyak competitor di luar sana yang sangat berpotensi untuk merebut pelangganmu.

Sehingga, jika tidak ingin pelanggan lari ke competitor, kamu harus bisa meyakinkan mereka jika bisnis online yang kamu jalankan adalah benar dan bukan tipuan belaka. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mempunyai website yang resmi.

Dengan membuat sebuah website resmi, kamu akan mempunyai domain sendiri. Secara sederhananya, domain merupakan sebuah alamat website yang unik dan akan tidak mungkin dapat ada dua domain yang sama persis.

Sehingga, kamu dapat dengan mudah akan mengarahkan konsumen agar bisa mengunjungi website resmi yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam membuat sebuah website bisnis online juga tidak mudah. Kamu tidak diharuskan untuk paham dan juga menguasai programming atau coding dalam membuat website. Karena bisa dengan memanfaatkan wordpress untuk membuat sebuah website bisnis online.

Jika kamu mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan lupa untuk subscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013