7 Trik Mempercepat Loading Website

17 Des 2022
7 Trik Mempercepat Loading Website campaign-unlimited

Seperti yang kalian semua tahu di beberapa artikel sebelumnya tentang loading website, bahwa kecepatan loading adalah salah satu hal terpenting. Tapi apa saja sebenarnya trik mempercepat loading website? Dan kenapa jadi penting dan hampir selalu dibicarakan. Apalagi ketika menyangkut soal SEO dan hal-hal yang berhubungan?

Kenapa Sih Kecepatan Loading Website Itu Penting?

Apakah ada di antara kamu yang masih bertanya, kenapa mempercepat loading website itu penting? Sekarang bayangkan saja, hal yang paling sederhana. Kamu sedang mengakses sebuah website dan ketika mengakses website tersebut kamu mendapati laman yang loadingnya lama.

Apa yang kamu rasakan? Kamu pasti akan BT lalu keluar langsung dari website tersebut kan? Atau bahkan kamu akan mengingat website itu dan tidak akan mengunjunginya lagi. Nah, jika itu terjadi, lalu apa efeknya pada kamu sebagai pemilik website? Satu hal yang perlu dan wajib kamu tahu adalah lambatnya loading website itu sangat berpengaruh pada tingkat traffic website yang kamu miliki. Lalu dari traffic yang menurun itu pastinya juga akan berpengaruh pada konversi penjualan di website tersebut.

Loading yang sangat lama bisa membuat para pengunjung websitemu pergi. Bahkan ada salah satu riset yang dilakukan oleh Kissmetrics yang mengatakan bahwa; rata-rata loading time yang dibutuhkan ketika pertama kali mengakses website itu harus 3 detik saja! Bayangkan!

Jika loading websitemu lebih dari 3 detik maka apa yang akan terjadi? Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahkan dalam jangka waktu panjang, website yang lambat itu juga akan berefek pada peringkat websitemu di mesin pencari. As you know, Google tidak akan memprioritaskan sebuat web yang loadingnya lama.

Lalu apa saja sebenarnya cara mempercepat loading website?

7 Cara Efektif Mempercepat Loading Website

Ada banyak sekali cara untuk mempercepat loading website. Jika kamu mencari di mesin pencari, mungkin kamu bisa menemukan lebih dari 100 cara untuk mempercepat loading website. Tapi paling tidak ada 7 cara yang paling efektif dan bisa membuat loading websitemu menjadi lebih cepat.

Tapi sebelum membahas apa saja triknya, kamu perlu mendapatkan data seberapa cepat websitemu bekerja. Kamu bisa mendapatkan data tersebut dari GTMetrix, Pingdom, atau Google Page Speed. Selain itu ketiga situs yang membantu mendapatkan data kecepatan website itu juga bisa memberikan masukan mengenai bagian mana yang mesti kamu perbaiki agar kecepatan loading websitemu meningkat.

Tapi sebelumnya, ketahui dulu apa yang membuat loading website sangat lambat. Salah satu alasan yang paling sering terjadi adalah layanan webhosting terbaik yang kamu pakai tidak cukup memadai untuk membuat loading websitemu lebih cepat. Salah satu layanan yang memiliki paket WordPress Hosting yang kami rekomendasikan adalah https://idwebhost.com.

Masalah lain adalah kamu tidak terlalu memperhatikan cache pada WordPressmu. Lalu soal ukuran gambar yang benar-benar tidak bisa disepelekan. Gambar tidak boleh terlalu berat agar tidak membebani websitemu. Bahkan soal plugin, ada banyak plugin yang justru bisa memperlambat loading websitemu.

Itu tadi beberapa masalah yang kira-kira menjadi biang kerok dari lambannya loading website yang kamu punya. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mempercepat loading website? Berikut daftarnya;

1. Aktifkan Caching WordPressmu

Satu hal yang paling mendasar dan harus kamu lakukan pertama kali untuk mempercepat loading website adalah memakai plugin caching di websitemu. Kamu bisa menggunakan beberapa plugin, seperti misalnya; WP Super Cache, W3 Total Cache, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, plugin caching ini bekerja dengan membuat file html statis. Sehingga ketika kamu mengakses kembali file html tersebut, ia bisa diakses lebih cepat karena tidak perlu memuat sebuah script dinamis yang justru membenani server. Selain hal tersebut, plugin tipe ini juga memiliki fungsi me-minify file HTML, CSS, dan juga caching browser. Sekedar pengetahuan, minify HTML dan CSS ini sering disarankan ketika kamu menganalisis kecepatan loading websitemu menggunakan Page Speed.

loading website
Mempercepat-Loading-Website-03

2. Kompres Gambar di Websitemu

Bagi sebagian orang, gambar adalah hal yang sepele dan tidak perlu diperhatikan. Artinya, biarlah gambar berukuran besar, yang penting bagus untuk website. Padahal gambar yang ukurannya terlalu besar justru bisa memperlambat kecepatan loading websitemu sampai 80%.

Karena hal itulah, kamu wajib melakukan optimasi untuk gambar yang terupload di websitemu untuk mempercepat loading website. Intinya, kamu tetap mendapatkan gambar dengan ukuran kecil tapi resolusi yang terbaik. Ada banyak cara untuk melakukannya. Salah satunya dengan memakai plugin optimasi gambar seperti misalnya WP-Smush.

Biasanya setelah melakukan hal tersebut, akan ada beberapa gambar yang masih bisa kamu perkecil lagi. Kamu bisa mendapatkan data ini dari GTMetrix. Caranya untuk memperkecil gambar itu lagi adalah dengan menggunakan Photoshop dan aplikasi sejenis. Karena plugin sudah tidak mampu memperkecil gambar-gambar itu lagi.

3. Update Selalu WordPressmu

Seperti yang kamu tahu, WordPress adalah sebuah platform open source yang terus berkembang dan selalu disempurnakan. Karena itulah kamu harus selalu melakukan update versi terbaru dari WordPress. Update tersebut bertujuan untuk memperbarui fitur yang ada pada WordPress dan memperbaiki bug yang terdapat di versi sebelumnya.

Apalagi soal kecepatan. Semakin tidak update WordPressmu, maka akan semakin lambat pula kecepatan loading websitemu. Belum lagi ancaman virus, malware dan hacker yang selalu mengintai jika WordPressmu tidak diupdate. Maka Update adalah hal yang juga sangat penting untuk kamu lakukan.

cloud server
Mempercepat-Loading-Website-04

4. Hapus Plugin yang Tidak Berguna

Plugin itu memiliki fungsi untuk membantu kinerja websitemu. Tapi, kamu juga harus memastikan kalau kamu hanya memakai plugin yang dibutuhkan. Jangan sampai memasang terlalu banyak plugin. Karena hal tersebut bisa memperlambat websitemu.

Logikanya, semakin banyak kamu memasang plugin, maka semakin banyak juga sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan websitemu. Hal tersebut pastinya akan sangat mempengaruhi performa dari websitemus endiri. Karena itulah, pergunakan plugin secukupnya. Uninstall segera plugin yang tidak terpakai.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Web Browser Terbaik Yang Nyaman Digunakan

5. Pakailah CDN

CDN atau Content Delivery Network adalah aplikasi yang bisa membantu websitemu terkases dengan lebih cepat dari lokasi manapun. Pada umumnya, lokasi server memang mempengaruhi kecepatan akses sebuah website. Tapi dengan menggunakan CDN, kamu bisa membuat websitemu bisa diakses dari mana pun dengan kecepatan yang sama.

Jaringan CDN sendiri ada di seluruh dunia dan juga menyimpan file statis pada website. Ketika pengunjung mengunjungi websitemu dari lokasi manapun, ia akan mendapatkan informasi dari CDN terdekat sehingga website jadi lebih cepat di akses.

Content Delivery Network
Mempercepat-Loading-Website-05

6. Pilih Tema yang Tepat

Tema yang tepat artinya adalah tema yang ringan, asli, dan cepat. Ketika kamu memilih sebuah tema untuk WordPressmu, jangan hanya mempertimbangkannya dari tampilan websitemu saja. Sebaiknya kamu juga memilih tema yang ringan sehingga ketika diakses tidak memperberat loading websitemu.

Jangan sampai tema yang terlalu berat malah membuat kecepatan websitemu menurun. Gunakan juga tema yang mendukung SEO. Tujuannya jelas untuk membuat mesin pencari suka pada websitemu dan kemudian bisa mendapatkan peringkat yang baik di Google.

7. Lakukan Optimasi Database

Dengan berbagai macam aktifitas yang terjadi di websitemua, tentunya akan menambah beban kerja dan database pada WordPress milikmu. Selain itu tentu semakin banyak komentar SPAM dan tags yang tidak bisa dipakai dan revisi yang terlalu banyak dan membuat database menjadi lebih berat.

Hal itu membuat website jadi lebih lemot lagi. Nah, untuk membersihkan database dan melakukan optimasi database, kamu bisa memakai plugin WP-Optimize yang ada di WordPress. Install saja dan kamu bisa mengontrol websitemu.

Itu tadi 7 trik mempercepat loading website yang paling efektif. Trik-tirk tersebut bisa kamu pakai untuk websitemu. 7 trik mempercepat loading website itu adalah cara yang paling mudah untuk dipergunakan. Dengan menggunakan 7 trik itu, loading websitemu pasti jadi lebih cepat. Semoga bermanfaat!

 

Penulis
Member since 2 Jul 2013