Inilah 7 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog Anda
Blog Tips Keren Inilah 7 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog Anda

Inilah 7 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog Anda

Membangun blog yang ringan dan cepat adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh para blogger. Karena dengan blog yang cepat dapat meningkatkan ranking di search engine. Selain itu, mempercepat loading blog dapat memberikan pengalaman menyenangkan kepada para pengunjung. Namun, akhir-akhir ini para blogger tidak lagi memperhatikan kecepatan loading blognya.

Secara masif mereka malahan meletakkan iklan-iklan yang terlalu banyak dalam satu halaman sehingga membuat loading blognya menjadi lama dan membuat boros kuota para pengunjung. Untuk itu, sebaiknya para blogger memperhatikan faktor-faktor apa yang membuat loading halaman tersebut lambat. Banyak berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimasi loading blog menjadi cepat.

Bahkan pada tahun 2006 situs amazon melaporkan bahwa mereka dapat kehilangan $1,6 Milyar setiap tahunnya jika situs mereka melambat satu detik saja. Pada tahun 2010 google mengumumkan bahwa kecepatan loading blog merupakan salah satu sinyal yang digunakan untuk algoritmanya dalam merangking halaman web.

Sejak saat itulah, banyak sekali penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para blogger mengenai dampak dari kecepatan loading blog pada situs mereka. Salah satunya yaitu penelitian oleh Gomez, yang bertema “Why Web Performance Matters: Is Your Site Driving Customers Away?”. Ia mewawancarai 1.500 pelanggan tentang bagaimana efek kecepatan blog bagi pengalaman berbelanja mereka.

Hasilnya adalah :

  • Peningkatan loading web dari 2 hingga 10 detik akan meningkatkan rasio diabaikannya halaman sebesar 38%.
  • Lebih dari 75% pelanggan lebih memilih untuk meninggalkan web yang lambat, alih-alih menunggu sampai web termuat.

Itu sebabnya mengapa anda harus mempercepat loading blog anda agar pelanggan yang mengunjungi blog anda mendapatkan user experience yang lebih baik. Selain itu, dari lambatnya loading blog dapat memberikan efek negatif, seperti :

 

Inilah 7 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog Anda
IDwebhost

1. Mengurangi trafik

Dengan lambatnya loading blog, tentu akan membuat bosan pengunjung yang mengunjungi web anda. Karena, mereka merasa web yang mereka kunjungi terasa lama untuk dibuka.

2. Mengurangi Pendapatan

Seiring berkurangnya trafik karena loading blog yang lambat, tentu saja akan memberikan efek buruk bagi pendapatan anda. Dengan berkurangnya trafik maka otomatis akan mengurangi pendapatan/penghasilan anda dan tingkat konversi.

3. Berdampak buruk bagi SEO

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, google mengumumkan bahwa kecepatan loading web merupakan salah satu  sinyal yang dipakai untuk algoritmanya dalam merangking halaman blog. Dengan loading blog yang lama maka lambat laun situs anda akan tergusur dengan situs-situs yang mempunyai kualitas lebih baik. Jadi, sebaiknya untuk para blogger jangan menganggap remeh permasalah kecepatan loading blog pada situs anda.  Karena web yang lambat dapat mengurangi penghasilan anda.

Baca Juga : Tips Membuat Web Mobile Friendly

Lalu Bagaimana Cara Untuk Mempercepat Loading Blog?

Pertanyaan tersebut sering kali kami temui baik di forum ataupun grup facebook. Karena itulah, disini kami akan mencoba memberikan tips menarik bagi anda yang ingin mempercepat loading blog supaya mendapatkan user experience (UX) dan juga ranking tinggi pada google search engine. Di sini kami akan mencoba memberikan cara mempercepat loading blog untuk platform wordpress. Karena platform tersebut merupakan platform yang paling banyak dipakai oleh para blogger untuk platform blog mereka.

Cara Mudah Mempercepat Loading Blog

 

cara ampuh mempercepat loading website
IDwebhost

 

Seperti yang anda ketahui bahwa Google sangat gencar dalam memberikan informasi bahwa blog/situs yang cepat akan sangat mempengaruhi algoritma browser untuk memberikan ranking pada halaman situs. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan user akan memilih untuk mencari blog yang lebih cepat daripada blog yang lambat. Berdasarkan penelitian yang ada, penundaan 1 detik saja bisa menurunkan angka konversi hingga 7%. Kepuasan pelanggan juga akan berkurang sampai 16% dan pageviews sebesar 11%. Melihat besarnya dampak negatif yang akan diperoleh ketika blog lambat, tidak mengherankan jika para blogger melakukan berbagai cara untuk mempercepat akses situsnya. Berikut 7 caranya :

1. Mengetes Kecepatan

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengetes kecepatan blog Anda. Saat ini, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengetes kecepatan sebuah web. Tinggal Anda pilih mana yang paling mudah untuk dicoba.

2. Menggunakan teknik Minify

Minify adalah teknik yang bisa anda coba untuk meningkatkan performa blog. Dengan memakai teknik ini, maka penggunaan script seperti HTML, CSS atau Java Script bisa dioptimalkan sebaik mungkin tanpa mengurangi sedikitpun fungsional utamanya. Selain itu, kompres kode CSS, kode html, ataupun javascript juga sangat ampuh untuk mempercepat loading web. Karena semakin kecil ukuran sebuah file, maka akan semakin ringan pula blog dalam memuat konten di dalamnya.

3. Mengurangi pemakaian konten dengan plugin

Seperti yang anda ketahui bahwa ada beberapa konten dalam sebuah web yang memang membutuhkan plugin, seperti Ebook, SWF dan sebagainya. Untuk meningkatkan kecepatan blog, alangkah baiknya jika Anda menghindari penggunaan plugin yang berlebihan. Karena hal tersebut dapat mengurangi kecepatan halaman web. Banyak pemilik blog yang memakai banyak tema serta plugin untuk menambah fitur terbaru pada situsnya supaya terlihat menarik dan modern.

Namun, tahukah Anda ternyata, plugin yang menggantikan fungsionalitas tema dari fitur default dapat membuatnya menjadi kurang berfungsi. Oleh karena itulah, penggunaan plugin harus sebijaksana mungkin. Selain itu, Anda juga dapat memakai teknik Caching plugin untuk meningkatkan kecepatan situs. Sebab caching sudah terkenal sebagai salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengatur kinerja dan performa blog.

4. Mengurangi HTTP Request

Perlu diketahui bahwa pada sebuah blog, terdapat objek yang diakses melalui file HTML dari server seperti video, CSS, SWF, gambar dan lain sebagainya. Istilah yang digunakan untuk mengakses file adalah HTTP request. Agar loading halaman blog lebih cepat, maka cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah meringankan kerja server dengan cara mengurangi penggunaan HTTP request.

 

tips dan trik mempercepat loading blog
IDwebhost

5. Mengoptimasi Gambar

Banyak pemilik situs yang tidak menyadari bahwa gambar yang beresolusi tinggi mempunyai peranan yang cukup besar dalam menyebabkan masalah terhadap bandwidth. Cara untuk mengatasinya adalah mengecek setiap ukuran dari resolusi gambar dalam blog. Setelah mengecek, bukan berarti Anda hanya boleh memakai gambar yang tidak jelas atau berukuran kecil. Karena Anda bisa memakai teknik optimasi gambar di internet sehingga ukurannya dapat dikompres tanpa harus mengurangi kualitas gambarnya.

6. Mengaktifkan Gzip Compression

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu mengaktifkan Gzip Compression. Ketika ada user yang mengunjungi blog Anda, maka file atau resource dari server akan diminta. Resource yang besar akan membutuhkan waktu yang lama pada saat proses loading di client end. Tetapi jika anda mengaktifkan Gzip compression, maka ukuran dari resource akan diperkecil secara substansial.

7. Mengecilkan konten komentar yang panjang

Sekedar informasi, pagination yaitu teknik yang berfungsi untuk memperpendek atau membagi-bagikan konten yang tergolong lebih panjang. Konten yang pendek tersebut kemudian ditampilkan pada halaman terpisah satu persatu. Biasanya, Tekni ini dipakai untuk menampung banyaknya komentar dari pengunjung. Admin bisa dengan mudah mengaktifkan pagination pada situsnya. Caranya yaitu dengan menentukan berapa jumlah maksimum komentar pada setiap halaman di bagian pengaturan blog. Hal ini sangat efektif karena komentar yang sudah banyak pada satu halaman bisa menyebabkan blog melambat.

Selain beberapa cara di atas, hal penting yang harus anda lakukan agar blog Anda bisa diakses dengan cepat yaitu dengan menggunakan layanan penyedia hosting berbayar yang berkualitas dan terpercaya. Karena hosting terbaik tersebut pastinya akan menjamin kecepatan blog Anda. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.