Cara Memperbaiki File htaccess Pada WordPress Secara Mudah
Blog Tips Keren

Cara Memperbaiki File htaccess Pada WordPress Secara Mudah

Cara memperbaiki file .htaccess sering dicari oleh banyak orang, terutama jika anda mengalami masalah yang signifikan pada saat melakukan perubahan pada WordPress yang anda miliki. Hal tersebut dalam beberapa kasus mungkin tak bisa terhindarkan. Namun, anda bisa melakukan sesuatu untuk mengatasi hal tersebut sejak dini. Alhasil, anda pun akan bisa mendapatkan lebih banyak kemudahan dan keuntungan itu sendiri. Pada dasarnya, file tersebut tak bisa lepas atau terhindar dari masalah. Dalam beberapa kasus, akan terjadi sebuah problem yang mungkin akan anda hadapi. Di sinilah anda harus tahu bagaimana penanganan signifikan yang harus anda terapkan di dalamnya. Sebelum memulainya lebih jauh, pastikan anda sudah memenuhi persyaratan yang ada.

Perlu anda ketahui bahwa secara default, cara memperbaiki file .htaccess sangatlah mudah untuk diterapkan. Pada dasarnya metode yang satu ini akan memudahkan anda untuk bisa mengakses file yang satu ini dengan tepat dan baik. Jadi anda bisa mencoba untuk melakukannya dari sekarang. Dalam hal ini anda bisa juga menggunakan aplikasi berbasis web yang ada didalamnya, contohnya saja adalah server Apache. Dengan memanfaatkan semua itu, anda akan bisa menggunakannya untuk konfigurasi server dengan mudah. Contoh dari penggunaan .htaccess ini adalah bagaimana website tersebut akan bisa melakukan redirect dari yang bukan www ke www, dan juga sebaliknya. Semuanya itu akan bisa berlangsung dengan mudah dan signifikan.

 

Cara Memperbaiki File .htaccess
idwebhost

Cara Memperbaiki File .Htaccess Dengan Membuat File Default

Panduan yang pertama dalam cara memperbaiki file .htaccess adalah bagaimana supaya anda memunculkan terlebih dahulu file yang terhidden tersebut. Biasanya cara ini akan mudah dilakukan dengan mengaktifkan fitur yang bernama show hidden files yang ada didalamnya. Kemudian, instalasi yang ada di WordPress juga ada beberapa yang memiliki knedala dimana semua harus dibuat secara manual, dan anda tidak akan memiliki file .htaccess yang ada didalamnya. Untuk membuat semua itu, maka anda membutuhkan yang namanya File Manager atau FTP Client yang ada didalamnya. Dengan menggunakan tutorial yang satu ini, anda akan bisa memahami bagaimana cara membuat file htaccess tersebut hanya dengan bermodalkan file manager saja.

Pertama, tahapan yang harus dilakukan adalah login terlebih dahulu ke cPanel yang anda miliki. Selanjutnya, anda hanya tinggal memilih menu File Manager yang ada didalamnya. Dari sini anda akan bisa melihat apabila WordPress telah terinstall pada direktori utama, maka anda hanya tinggal memilih public_html yang tersedia, kemudian pilihlah +File. Jadi nanti akan langsung tersedia nama file .htaccess dan anda hanya tinggal memencet tombol Create New File. Setelah semua selesai maka anda hanya tinggal memasukan baris kode yang ada sebagai berikut:

# BEGIN WordPress

RewriteRule ^index\.php$ – [L]

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

RewriteRule . /index.php [L]

# END WordPress

 

Cara Memperbaiki File .htaccess
idwebhost

 

Apabila sudah anda lakukan dengan benar dan tepat, maka penerapan selanjutnya adalah dengan memilih tombol Save Changes untuk melakukan penyimpanan yang anda perlukan secara signifikan. Jika semua sudah anda lakukan dengan benar, maka selamat karena anda telah sukses membuat file .htaccess itu sendiri. Sekarang anda bisa mengakses website anda secara normal dan signifikan. Dalam hal ini memang sangat banyak keuntungan yang ada didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi karena semua itu akan bisa bebas dan mudah anda terapkan dengan cara yang anda inginkan itu sendiri.

Keuntungan Menggunakan File .htacess

Selain ulasan tentang cara memperbaiki file .htaccess, anda juga harus tahu bahwa pada penerapannya memang akan sangat mudah memanfaatkan file yang satu ini. Anda pun akan bisa memanfaatkan semuanya itu dengan metode yang signifikan dan tepat. Di tahapan akhir nanti, tentu saja akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda peroleh didalamnya. Dari sinilah anda akan benar-benar bisa menerapkan bagaimana cara melakukan semua yang anda butuhkan. Dalam hal konfigurasi website, terutama untuk bagian Control Panel atau File Manager yang ada di WordPress, memang tidak bisa dilakukan hanya dengan cara biasa saja. Ada beberapa penerapan cara yang harus anda terapkan supaya nantinya membawa hasil yang lebih baik dan maksimal. Dalam kasus ini, anda bisa mencoba untuk menggunakan file .htaccess yang akan menjembatani anda dalam melakukan semuanya dengan tepat dan baik.

Cara memperbaiki file .htaccess pada dasarnya memang akan sangat mudah dan tepat untuk diterapkan selama anda bisa memahami cara penggunaanya yang signifikan dan tepat. Di sisi lain, hal tersebut juga akan amat sangat penting guna memudahkan anda untuk melakukan konfigurasi maksimal yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Memang pada dasarnya membuat sebuah website itu mudah, tapi bagaimana cara pengelolaannya itu adalah cerita yang lain lagi. Apabila anda mampu menerapkan metode yang tepat, sudah pasti website tersebut akan bisa memberikan dampak yang signifikan bagi anda. Dengan kata lain ini adalah sebuah solusi yang sebaiknya anda siapkan guna mendapatkan manfaat yang sangat penting tersebut.

Baca Juga: Percepat Blog Anda Menggunakan Gambar Progressive JPEG

Terkait mengenai cara memperbaiki file .htaccess yang tepat, anda bisa mencoba untuk menerapkan semuanya dengan mudah. Dalam hal ini, cobalah untuk memanfaatkan file tersebut guna mendatangkan kemudahan dan semua keuntungan yang anda mau. Dengan cara yang benar pula, anda akan bisa membuat konfigurasi ini berjalan sempurna dan berimbas positif pada website yang anda miliki.Tentunya ini akan membuat mereka mampu beroperasi lagi dengan baik dan sempurna.

 

Cara Memperbaiki File .htaccess
idwebhost

Kesimpulan

Ada banyak cara memperbaiki file .htaccess. Tapi satu hal yang bisa menjadi poin utama di sini adalah munculkan terlebih dahulu file tersebut dengan menggunakan hidden access. Dari sini file yang mungkin ter-hidden tersebut akan bisa tampak atau muncul lagi dengan sendirinya. Hal inilah yang akan bisa membawakan kepada anda manfaat yang lebih signifikan dan besar banyaknya lagi. Saat anda membuat sebuah file yang tepat dan mampu memaksimalkan fungsinya yang signifikan itu, anda akan bisa mendapatkan semuanya dengan tepat dan baik. Dari sinilah berbagai kesalahan konfigurasi juga harus mampu anda mimimalisir dengan baik. Anda pastinya ingin agar hal tersebut bisa segera teratasi bukan? Jika anda memang ingin melakukannya, maka sekaranglah momen yang tepat bagi anda menerapkan hal tersebut.

Pada dasarnya cara memperbaiki file .htaccess adalah sebuah konsep utama yang penting dan juga tepat dalam rangka memaksimalkan fungsi yang ada didalamnya guna mengelola website yang anda miliki supaya bisa berjalan dengan tepat dan baik.  Anda juga bisa menyematkan code yang disebutkan di atas supaya nantinya mampu memberikan andil yang signifikan bagi perubahan konfigurasi yang anda lakukan. Dari sinilah akan lebih banyak manfaat dan keuntungan yang bisa anda cepat peroleh didalamnya dengan mudah dan pasti. Semuanya itu akan mendatangkan manfaat yang lebih dahsyat dan banyak.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.