Mempelajari Tentang Bandwidth Test
Blog Tips Keren Mempelajari Tentang Bandwidth Test

Mempelajari Tentang Bandwidth Test

Tentang Bandwidth

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.

Bandwidth Test

Bandwidth test adalah program yang mengirimkan satu atau lebih file dengan ukuran yang diketahui melalui jaringan ke komputer yang jauh (misalnya komputer Anda sendiri). Kemudian mereka akan mengukur waktu yang dibutuhkan agar file berhasil diunduh di tempat tujuan, dan dengan demikian memperoleh angka teoritis untuk kecepatan data antara dua atau lebih titik, biasanya dalam kilobit per detik (Kbps) atau megabit per detik (Mbps). Hasil bandwidth test sangat bervariasi dan terkadang menghasilkan angka yang tidak masuk akal atau tidak mungkin. Untuk itu, biasanya dianjurkan untuk melakukan tiga atau lebih bandwidth test pada interval yang berbeda untuk mendapatkan perkiraan bandwith yang masuk akal. Faktor-faktor yang memengaruhi hasil tes meliputi:

– Lalu lintas internet (kecepatan umumnya menurun saat volume meningkat)
– Penundaan propagasi tidak bervariasi (dapat mengembang atau menurun secara artifisial)
– Kebisingan pada jalur data (memiliki efek yang sangat merugikan)
– Ukuran berkas yang digunakan untuk pengujian
– Jumlah file yang digunakan untuk pengujian
– Beban permintaan pada server uji saat dilakukan pengujian
– Aktivitas geomagnetik dan / atau badai petir

Manfaat utama yang terkait dengan bandwidth test adalah dapat menentukan kekuatan jaringan atau koneksi internet. Ini juga memberi perkiraan stabilitas jaringan atau koneksi internet.

Bandwidth

Cara Melakukan Bandwidth Test

Untuk mengukur bandwidth atau kecepatan internet actual (upload dan download), ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya:
1. Untuk mengukur atau mengetest kecepatan bandwidth koneksi internet, Anda bisa menggunakan Bandwidth Place di http://www.bandwidthplace.com. Caranya cukup mudah, Anda bisa membuka situsnya kemudian klik tombol Start Test, maka proses pengukuran pun dimulai. Jika proses pengukuran sudah selesai, maka akan terlihat score kecepatan download dan score kecepatan uploadnya.
2. Kecepatan internet atau transfer rate secara actual juga bisa kita dapatkan ketika sedang mendownload suatu file. Saat Anda mendownload suatu file maka data transfernya akanterlihat dan berjalan sesuai download yang dilakukan.
3. Anda juga bisa mengukur bandwidth dengan menggunakan software bandwidth monitor. Misalnya Bandwidth Meter Pro. Dengan software ini kita bisa memonitor dan me-record network traffic untuk Internet, LAN dan WAN. Versi trialnya bisa Anda coba selama 15 hari. Jika Anda ingin menggunakan yang gratis maka Anda bisa menggunakan software Networx.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari tentang bandwidth test. Saat Anda menggunakan web hosting yang tepat maka Anda akan diberikan bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Selain menawarkan ukuran bandwidth yang beragam, banyak fitur menarik lainnya yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.