Mempelajari SSL Secara Lengkap

31 Jan 2018
Mempelajari SSL Secara Lengkap campaign-unlimited

Bagi Anda yang sering berselancar di internet mungkin tidak asing lagi dengan istilah SSL. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa hal mengenai SSL yang perlu Anda ketahui.

Pengertian SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman dan menggunakan teknologi SSL, mereka akan menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari. Pada website dengan SSL maka alamatnya akan berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.

Manfaat SSL

Situs atau website yang telah menggunakan SSL tentu akan memiliki dampak besar di dalamnya. Dampak tersebut tentu memberikan manfaat yang baik untuk website, diantaranya:

manfaat ssl

1. Untuk Mengenkripsi Informasi Sensitif

SSL dapat menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang Anda kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer lain sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada di antara Anda dan server dapat melihat nomor kartu kredit Anda, username dan password, serta informasi sensitif lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan SSL.

2. Untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Web browser memberikan isyarat secara visual, seperti ikon kunci atau bar yang berwarna hijau, untuk memastikan dan memberitahu kepada pengunjung web bahwa mereka berada pada koneksi yang telah diberi pengamanan. Ini berarti bahwa mereka akan lebih memercayai website Anda ketika mereka melihat isyarat ini dan akan lebih cenderung untuk membeli dari Anda.

3. Untuk Ranking SEO

Website yang menggunakan SSL akan mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google dari pada website yang tidak diproteksi dengan SSL. Hal ini karena Anda sudah dapat menunjukkan kredibilitas website dengan keamanan yang terbaik.

Jenis-Jenis SSL

SSL dapat dibagi berdasarkan tipe website yang Anda gunakan.Berikut adalah jenis-jenis SSL yang perlu Anda ketahui

1. Domain Validation

Domain validation SSL adalah jenis SSL yang paling mudah digunakan dan juga tidak terlalu mahal. Verifikasi yang dilakukan untuk registrasi jenis SSL ini hanya dengan email. SSL jenis ini dilisensikan pada domain Anda, sehingga website Anda memiliki sertifikat sendiri/Private SSL.

2. Business/ Organization Validation

SSL ini memerlukan dokumen berupa data organisasi atau persusahaan untuk verifikasinya. Business validation SSL ini biasa dipakai untuk website sebuah organisasi atau perusahaan.

3. Extended Validation

SSL jenis ini dapat diibaratkan sebagai SSL Premium karena memiliki nilai yang paling tinggi dibanding jenis SSL lainnya. Extended validation SSL memerlukan dokumen bisnis dan biaya lebih agar Anda dapat menggunakannya, namun Anda juga akan mendapatkan tingkat pengamanan lebih tinggi dan Green Bar pada address bar browser.

Demikianlah beberapa informasi mengenai SSL yang dapat Anda pelajari. Anda dapat mulai menggunakan SSL untuk website melalui penyedia SSL yang terpercaya seperti Idwebhost. Idwebhost merupakan penyedia hosting, domain dan SSL yang sudah berpengalaman di Indonesia. Fitur menarik SSL dari Idwebhost yang perlu Anda ketahui adalah enkripsi SHA-2 dan 2048-bit yang terkuat, cocok dengan semua browser utama, hingga perlindungan server yang tak terbatas. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan jaminan 30 hari uang kembali.

Penulis
Member since 2 Jul 2013