Mempelajari Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
Blog Tips Keren

Mempelajari Fungsi Menu Dashboard pada WordPress

Fungsi Menu Dashboard pada WordPress
WordPress atau yang lebih populer di singkat WP merupakan CMS ( Content Management System) yang berlisensikan Open Source. WordPress merupakan platform yang banyak digunakan untuk membuat Website. WordPress saat ini merupakan platform yang paling banyak digunakan di seluruh dunia karena berbagai fitur menarik dan kemudahannya.
Pada setiap WordPress terdapat sebuah dashboard. Dashboard adalah halaman yang pertama setelah kita berhasil login. Halaman ini biasanya berisi shortcut dimana kita bisa melihat versi wordpress, theme yang digunakan, jumlah postingan, dll (info umum penggunaan CMS). Dashboard ini memiliki menu yang beragam dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa menu dashboard dan fungsinya yang penting saat Anda menggunakan WordPress.

1. Menu Posts

Menu ini berfungsi untuk membuat konten tulisan/ artikel. Pada menu ini juga Anda bisa membuat berbagai pengelompokan tulisan berupa kategori dan tags. Kategori dan tags dalam wordpress berisi kumpulan-kumpulan artikel yang bertema dan dalam kelompok yang sama, misalnya kategori hiburan. Semua artikel yang berkaitan dengan dunia hiburan bisa dikelompokkan dengan category hiburan. Untuk Tags sendiri biasanya berfungsi untuk mengelompokkan tulisan berdasarkan kata-kata kunci (keywords) yang terdapat pada artikel tersebut.

2. Menu Media

Media adalah menu untuk menambahkan gambar, video, atau file pada blog. Pada menu media juga terdapat beberapa submenu seperti library dan add new. Library merupakan link yang akan membuka halaman Media Library. Pada halaman ini, kita dapat melihat, mencari, dan mengelola semua file media yang pernah diupload ke WordPress blog. Sedangkan Add New adalah link yang akan membuka halaman Upload New Media dimana Anda dapat menggunakan uploader built-in untuk mentransfer file media dari komputer ke direktori media di WordPress.

3. Menu Pages

Menu ini memungkinkan Anda untuk membuat hanya satu halaman postingan. Pages tidak bisa dibagi per category atau tags seperti menu Posts. Pages merupakan tampilan satu halaman, dan biasanya dijadikan menu-menu di tampilan frontend (halaman depan) website. Biasanya para blogger  menggunakan fitur ini untuk menambahkan halaman di situs mereka seperti About Me atau Contact Me.

menu pages

4. Menu Comment

Salah satu indikator blog yang Anda kelola diminati pengguna internet adalah dengan banyaknya komentar yang dikirimkan oleh pembaca. Untuk mengelola komentar pembaca, klik menu Comments. Untuk komentar yang masuk bisa ditanggapi dengan 6 opsi yaitu Pending, Approved, Spam, Trash, Reply, dan Edit.

5. Menu Appearaence

Menu ini mengatur semua tampilan halaman depan website Anda. Mulai dari mengganti tema, memasang header, logo, hingga membuat susunan menu-menu website. Mengatur background website, dan bahkan mengubah struktur coding themes yang sedang Anda gunakan tanpa melalui cPanel hosting.

6. Menu Plugins

Menu ini berfungsi untuk menambahkan plugins atau script pendukung kemampuan wordpress. WordPress sangat fleksibel sebagai CMS opensource. WordPress didukung developer yang sangat banyak untuk membantu mengembangkan website yang sedang Anda buat. Plugin punya fungsi yang beragam, dan biasanya hal-hal yang dilakukan plugin tidak bisa dilakukan oleh packaging CMS wordpress yang ada. Plugin juga bisa berarti ‘penambahan’.
Itulah beberapa fungsi menu dashboard wordpress. Masih banyak fungsi menu lainnya yang dapat Anda pelajari. Menjalankan website dengan menggunakan wordpress tentu perlu didukung dengan hosting yang tepat. Idwebhost adalah salah satu penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Fitur yang ditawarkan oleh Idwebhost diantaranya harga yang terjangkau, customer care 24/7, jaminan uptime 99,9%, hingga server yang handal dan stabil. Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan website Anda menggunakan Idwebhost.