Memilih Hosting Untuk Memaksimalkan Website Toko Online

Memilih Hosting Untuk Memaksimalkan Website Toko Online campaign-unlimited

Perkembangan teknologi mendorong banyak perubahan di segala bidang kehidupan manusia. Tak terkecuali pada kehidupan sosial dan ekonomi. Jika dulu untuk melakukan aktivitas jual beli seseorang harus pergi ke pasar untuk utnuk bertemu pedagang, di masa kini aktivitas perdagangan berpindah tempat hanya sebatas di dalam kamar.

Ya, transaksi di dunia maya kini menjadi kegiatan yang di gandrungi masayarakat. Praktis dan hemat waktu. Dan seakan tak mau kehilangan peluang menggaet pelanggan, banyak pelaku bisnis tradisional berlomba-lomba membangun website toko online untuk memasarkan produknya. Pemilihan web hosting toko online menjadi penting untuk sebuah website E-commerce

Situs toko online adalah jendela bisnismu. Di sana kamu memajang produk-produk dan calon konsumen akan mengamati apakah mereka menemukan produk yang dicari. Hosting website toko online secara umum berbeda dengan website biasa. Hosting E-commerce mengakomodasi beberapa fungsi dalam operasional website.

Memilih Web Hosting Toko Online

Fitur Hosting

Memilih hosting terbaik adalah faktor penting saat ingin membuat website berjenis E-commerce. Pemilihan web hosting toko online yang tidak tepat akan membuat beberapa masalah yang sangat fatal.

Website yang lambat membuat pelanggan cepat meninggalkan situs

Hari ini, calon konsumen mengaharapkan mereka membuka situs toko online dalam waktu kurang dari dua detik. Situs yang lambat membuat pengunjung mendapat pengalaman kurang menyenangkan. Tak hanya itu, situs yang lambat menurunkan peringkat situs di Google Index.

Penyedia web hosting toko online yang yang baik akan memastikan bahwa mereka akan mampu menghandle volume lalu lintas pada sebuah website. Juga faktor lain termasuk performa, dan content delivery network.

Content Delivery Network adalah sekumpulan server yang menampung sumber daya website, seperti gambar, file media, dan bekerja bersama-sama untuk mengurangi waktu saa membuka website.

Konsumen Tak Akan Mau Mengakses Situs yang Tidak Aman

Setiap browser memiliki fiturnya masing-masing, terutama pada apek keamanannya. Misalnya Google Chrome, web browser paling populer ini dikenal sangat memperhatikan aspek keamanannya. Jika situsmu tidak terenskripsi HTTPS, Chrome akan mengidentikasi websitemu sebagai tidak Aman, Hal ini bisa menurunkan kepercayaan pengunjung terhadap produkmu.

Untuk menghindari hal ini, kamu harus memilih penyedia hosting yang memberikan fitur sertifikat SSL atau Secure Socket Layer. Bila websitemu tak memiliki fitur SSL, Chrome akan mengingatkan pengunjung bahwa mereka mengakses situs yang tidak aman saat membuka website toko onlinemu.

Selain aspek keamanan, sertifikat SSL memungkinkan untuk meningkatkan kecepatan saat membuka situs.

Pertimbangan Saat Memilih Web Hosting Toko Online

Budget hosting

Dalam memilih web hosting banyak faktor yang sebaiknya kamu pertimbangkan. Sangat penting untuk melakukan riset sebelum memutuskan memilih penyedia web hosting. Kamu bisa berganti hosting sebanyak mungkin, tetapi dalam melakukan migrasi akan banyak memakan waktu.

Pilihan terbaik adalah memilih penyedia hosting di mana kamu sudah sangat familiar dengannya dan yakin bisa tumbuh bersama. Karena itu yang harus dipertimbangkan adalah:

Mampu Menjaga Pertumbuhan traffic

Dari awal ketika membuat website toko online, kamu tentu mengharapkan kunjungan yang ramai ke websiteu, bukan? Oleh karena itu penting untuk memilih penyedia hosting yang kapabel untuk menjaga kestabilan website saat traffic sedang tinggi. Hosting berbasis cloud adalah pilihan terbaik bagi situs eCommerce karena kemampuannya menghandle traffic.

Dengan hosting berbasis Cloud, situsmu akan memiliki kemampuan yang tak terbatas. Dulu, kamu harus memiliki alamat IP yang terdedikasi untuk memiliki sertifikat SSL. Sekarang alamat IP dapat dibagi antar domain. Namun yang harus dipahami tidak semua penyedia hosting eCommerce menyediakan fitur ini.

Penyedia Web Hosting Toko Online Menyediakan Enkripsi Data

Keamanan adalah salah satu faktor penting dalam pemilihan hosting untuk website e-commerce. Masing-masing penyedia hosting menawarkan fitur keamanan sesuai paket yang mereka miliki. Aspek keamanan yang harus dimiliki penyedia hosting antara lain sertifikat SSL, Firewall, DDos Protection, spam filter, virus protection, dan domain name privacy.

Sebuah website toko online sangat penting untuk menjamin keamanan websitenya. Sebuah situs sangat rentan terhadap aktivitas hacking. Peretas bisa saja menanam virus yang akan mencuri data pengunjung situsmu. Dengan fitur keamanan yang baik, tentu bisa membuatmu tenang saat mejalankan website, bukan?

Kelengkapan dan Keamanan Payment Gateway

Era cashless saat ini membuat transaksi keuangan berbasis digital sangat jamak digunakan. Sejak awal kemunculannya transaksi digital sangat rentan oleh fraud. Tentu kita sering mendengar berita pembobolan ATM, e-money, dan kartu kredit belakangan ini. Pelaku fraud selalu mengintai untuk membobol celah keamanan payment gateway ini.

Oleh karena sangat penting untuk jeli memilih hosting yang memiliki sertifikasi PCI-DSS atau Payment ard Industry-Data Security Standard. Tujuan sertifikasi ini untuk menjamin keamanan dalam setiap transaksi yang menggunakan kartu kredit dan kartu debit.

Ini termasuk perlindungan data pelanggan situs ecommerce. Setiap website toko online wajub menyediakan fitur ini untuk menjamin keamanan transaksi nasabah.

Kapasitas Penyimpanan dan Bandwith

Situs toko online pada umumnya akan banyak sekali menampilkan gambar pada halamannya. Oleh karena itu dibutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Selain itu akan sangat banyak data lainnya yang akan tersimpan. Kapasitas penyimpanan yang kecil mengakibatkan situsmu akan terbuka dengan lambat.

Pilihlah penyedia web hosting terbaik yang memiliki database besar dan bandwith yang tak terbatas. Dengan database besar dan bandwith tak terbatas, kamu tak perlu khawatir tentang kecepatan loading pada situs.

Backup

Sebagai pengelola website toko online, sangat penting untuk melakukan backup situsmu secara berkala. Tidak melakukan backup secara berkala akan membuatmu kehilangan pelanggan, data, dan mungkin uangmu. Penyedia web hosting yang bagus akan selalu menyertakan fitur backup berkala pada setiap paket yang mereka tawarkan. Nantinya data pada websitemu akan disimpan di server yang berbeda. Kamu juga memiliki kemudahan akses bila suatu saat ingin merestore data.

Kriteria Untuk Memilih Hosting E-commerce

Salah memilih penyedia web hosting akan membuatmu kehilangan banyak uang, waktu, dan juga sakit kepala. Melakukan migrasi karena salah memilih hosting akan membuatmu frustrasi. Oleh karena itu, sejak awal kamu harus menetapkan:

Budget

Efisiensi menjadi kata kunci dalam budgeting pembuatan toko online. Untuk menekan cost, kamu bisa memilih hosting yang meyediakan paket all in one. All in one ini antara lain meliputi biaya pemuatan website, hosting bulanan, hingga pembuatan aplikasi mobile.

Pengalaman pengembangan website

Paket Hosting IDwebhost

Bagi sebagian orang, melakukan pengembangan dan optimasi website biasanya sangat memusingkan. Karena setiap orang tidak memiliki kemampuan yang sama dalam dunia teknologi informasi. Dan bila kamu tidak memiliki pengalaman dan keahlian dalam dunia IT, kamu bisa menyerahkan segala maintenance website pada penyedia hosting.

Support

Website toko onlinemu membutuhkan support yang bagus untuk pengembangan dan maintenance. Penyedia hosting terbaik selalu menyediakan layanan full support 24/7. Penyedia layanana hosting adalah partner bisnis anda. Sangat penting untuk membangun kepercayaan dan relasi jangka panjang.

Itulah tadi tips memilih web hosting terbaik untuk website toko online. IDwebhost menyediakan layanan pembuatan website toko online sekaligus menyediakan berbagai piihan paket hosting terbaik dan termurah. Buktikan sendiri.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019